Negara Arab Saudi: Karakteristik – Penduduk – Fakta Menarik

Kerajaan Arab Saudi atau biasa disebut juga sebagai negara Arab Saudi adalah sebuah negara yang berada di Asia Barat, mencangkup hampir keseluruhan wilayah di Semenanjung Arabia. Berdirinya negara Arab Saudi berawal dari bersatunya 4 wilayah yakni Hejaz, Arabia Timur (Al-Ahsa), Najd, dan Arabia Selatan oleh Ibnu Saud pada tahun 1932.

Negara Arab Saudi menganut sistem pemerintahan monarki absolut berdasarkan syari’ah islam. Bahkan negara ini juga mendapat julukan sebagai “Tanah Dua Masjid Suci”, yaitu Masjid Nabawi di Madinah dan Majidil Haram di Mekkah yang menjadi tempat paling suci bagi umat Islam di seluruh dunia.

Karakteristik Negara Arab Saudi

Negara Arab Saudi yang memiliki luas wilayah mencapai 2.240.000 km persegi ini dan beribu kota di Riyadh, berada di antara 15oLU – 32oLU serta berada di antara 34oBT – 57oBT. Tidak hanya itu saja, negara ini juga berbatasan dengan negara – negara lain seperti:

Titik terendah Arab Saudi yakni Teluk Persi dengan titik tertinggi berada di Jabal Sauda’ dengan ketinggian 3.133 meter di atas permukaan laut. Kondisi alam Arab Saudi yakni berupa dataran yang rata serta banyak memiliki kawasan berupa gurun pasir dengan gurun terkenal yaitu Rub al Khali atau dikenal juga dengan nama Daerah Kosong dan menjadi kawasan terbesar di dunia.

Di bagian barat daya Arab Saudi berupa kawasan pegunungan dengan rumput hijau. Meskipun begitu negara ini tidak memiliki sungai atau danau permanen, akan tetapi banyak terdapat wadi, tidak heran jika kawasan yang berada di sekitar wadi, basin dan oasis merupakan daerah yang subur dan bertanah aluvial.

Penduduk Negara Arab Saudi

Sudah sejak lama jika suku Quraisy terkenal sebagai keturunan bangsawan serta pemimpin bangsa Arab. Tidak hanya itu saja, suku Quraisy juga terkenal sebagai pendiri dan pemelihara bangunan Ka’bah dimulai dari Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail, bahkan Nabi Muhammad merupakan salah satu dari Bani Hasyim Qurays di Hijaz (suku di Arab Saudi).

Hampir sebagian besar masyarakat Arab Saudi berasal dari suku Arab, meskipun saat ini juga terdapat keturunan bangsa lainnya. Di daerah industri banyak dijumpai penduduk yang berasal dari negara lain yang bekerja sebagai ekspatiat atau kontraktor.

Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Arab Saudi

Sejak ditemukan minyak bumi pada tanggal 3 Maret 1938, negara Arab Saudi telah menjadi produsen dan pengekspor minyak bumi terbesar di dunia. Tidak hanya itu saja, Arab Saudi juga mengontrol cadangan gas alam terbesar keenam di dunia, oleh karena itu negara ini menjadi salah satu anggota Ekonomi Utama G-20.

Di bidang pertanian, Arab Saudi berusaha meningkatkan produktivitas hasil pertanian terpadu, beberapa hasil pertanian yakni kurma, daging dan susu dengan berbagai bentuk olahannya. Untuk mengatasi kesulitan sumber daya air, negara ini tidak hanya mengandalkan oasis saja namun juga melakukan pengolahan desalinasi air laut yang berada di Kota Jubail.

Banyaknya pengunjung dari berbagai negara di dunia juga menjadi sumber pendapatan terbesar negara Arab Saudi. Terutama saat perayaan musim haji di mana umat muslim dari seluruh dunia melakukan ibadah haji setiap tahunnya, bahkan beberapa tahun terakhir, jumlah wisatawan yang ingin melakukan ibadah umrah mengalami peningkatan terutama yang berasal dari Indonesia.

Fakta Menarik Arab Saudi

  1. Arab Saudi menjadi pemrakasa lahirnya OPEC atau Organization of the Petroleum Exporting Countries yang didirikan di Baghdad, Irak. Tidak hanya itu saja, Arab Saudi juga menjadi anggota yang ikut mendirikan OKI (Organisasi Kerja Islam) sebagai bentuk reaksi terhadap aksi pembakaran Masjid Al-Aqsha pada 21 Agustus 1969.
  2. Bandar Udara Internasional Raja Fahd menjadi salah satu bandara terbesar di Arab Saudi dengan luas mencapai 77.600 hektar. Bandara tersebut berada sekitar 20 km ke barat laut dari Kota Dammam yang dioprasikan oleh General Authority of Civil Aviation.
  3. Negara Arab Saudi mempunyai hari libur yang sangat sedikit yakni sekitar tiga jenis hari libur nasional. Hari libur tersebut yakni Hari raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, dan Hari Nasional Saudi Arabia.
  4. Ada aturan dalam memberikan nama anak di Arab Saudi, pertama nama anak tidak boleh bertentangan dengan keagamaan, tidak boleh memakai nama orang yang mempunyai royalti, dan tidak boleh menggunakan nama yang berasal dari kata non-arab atau non-islam.
  5. Besarnya GDB Arab Saudi yang berasal dari sektor minyak bumi yakni 45 persen atau sekitar US$335,3 milyar. Angka tersebut setara dengan jumlah GDB gabungan dari 4 negara yaitu Irak (US$222,8 milyar), Rwanda (US$6,8 milyar), Tonga (US$446 juta) dan Maroko (US$104,4 milyar).
  6. Tenaga kerja yang bekerja di Arab Saudi sebagian besar merupakan warga negara asing khususnya yang bekerja di bidang jasa dan perminyakan.
  7. Anggaran belanja negara Arab Saudi sebesar US$80,8 milyar di tahun 2014.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai negara Arab Saudi. Semoga bermanfaat.