Negara Yordania: Profil, Sejarah, 15 Fakta Menarik

Profil Negara Yordania

Salah satu negara yang berada di kawasan Timur Tengah Benua Asia dan dekat dengan negara Arab Saudi yaitu Yordania. Negara Yordania atau Jordania mempunyai nama resmi yaitu Kerajaan Hasyimiyah Yordania juga mempunyai nama lain dalam bahasa arab yaitu Al – Mamlaka al – Urduniyyah al – Hashemiyya atau dapat diartikan sebagai sebuah kerajaan yang berada di tepi barat sungai Yordan. Yordania termasuk negara Monarki Konstitusional yang merupakan suatu sistem pemerintahan di mana kepala negara dipimpin oleh Raja dan kepala pemerintahan dikepalai oleh Perdana Menteri. Rakyat Yordania juga melaksanakan pemilihan umum legislatif setiap 4 tahun sekali untuk memilih anggota parlemen yang nantinya akan menjadi Dewan Perwakilan Rakyat Yordania atau Majlis al-Nuwaab.

Secara geografis, negara Yordania berbatasan dengan negara Arab Saudi di sebelah timur dan tenggara, negara Irak pada bagian timur laut, di sebelah utara dan tepi barat adalah negara Suriah dan Israel berada di sebelah barat dan juga berbagi kekuasaan atas Laut Mati. Negara Yordania memiliki ibu kota sekaligus sebagai pusat pemerintahan yaitu Kota Amman. Luas negara ini yaitu sekitar 89.342 km persegi dengan jumlah populasi sebanyak lebih dari 10 juta jiwa. Sebagian besar atau sekitar 98% penduduk merupakan keturunan Arab dan mayoritas beragama Islam terutama Islam Sunni serta sudah tentu menggunakan bahasa Arab untuk sehari – harinya.

Sejarah Negara Yordania

Zaman dahulu kala, Yordania merupakan pusatnya peradaban kuno. Hal ini didukung oleh letak geografis yang berada di kawasan bernama Bulan Sabit Subur yang terdiri atas Kanaan dan Babilonia. Secara perlahan, Yordania menjadi rumah bagi beberapa kerajaan kuno seperti Kerajaan Edom, Kerajaan Ammon, Kerajaan Moab dan juga Kerajaan Nabath (Petra). Kerajaan Edom berada di dataran bagian selatan dan tenggara dari Laut Mati serta berdekatan dengan Israel di bagian timur dan selatan. Kerajaan Moab berada di daerah pegunungan timur dan tengga dari Laut Mati. Sedangkan Kerajaan Nabath menguasai hampir separuh wilayah Yordania dan diperkirakan merupakan cikal bakal kaum Nabi Shaleh yaitu Tsamud yang mempunyai keahlian dalam hal memahat dan mengukir batu keras untuk diubah menjadi rumah hingga istana berukuran besar.

Seiring berjalannya waktu dan dikuasai oleh beberapa kerajaan yang berbeda – beda, sebagian dari wilayah Yordania berada di bawah kekuasaan negara tetangga seperti Mesir Kuno saat peperangan Hittit dan Babilonia. Selain itu, Yordania juga sempat dikuasai oleh kekaisaran kuno seperti Yunani, Romawi, Persia hingga Bizantium. Perebutan wilayah kekuasaan di Yordania terus berlanjut hingga pada abad ke 11, saat itu Yordania menjadi pusat terjadinya Perang Salib hingga berujung kekalahan Dinasti Ayyubiyah. Tidak hanya itu saja, Yordania juga diserang oleh Mongol yang dihalangi oleh Mamluk (budak belian kasta kesatria yang dimiliki oleh khalifah Islam). Hingga akhirnya menjadi negara merdeka pada tanggal 25 Mei 1946 setelah dijajah oleh Kerajaan Inggris.

Politik Negara Yordania

Di bidang politik negara Yordania telah menyetujui perdagangan bebas dengan Amerika Serikat yang sudah berlaku pada sejak bulan Desember 2001. Isi dari perjanjian tersebut yaitu menghapus segala macam pungutan untuk semua komoditas di antara kedua negara. Selain itu juga, Yordania telah menjadi negara maju atau terdepan di Uni Eropa sejak bulan Desember 2010 serta menjadi anggota perdagangan bebas Eropa – Timur Tengah.

Tidak hanya itu saja, Yordania juga menjadi negara Pro – Barat dan menjalin kerja sama antara Amerika Serikat dan Kerajaan Inggris serta menjadi sekutu utama (bukan anggota NATO) Amerika Serikat sejak tahun 1996. Yordania juga menjadi salah satu pendiri Liga Arab, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), anggota Perdagangan Dunia (WTO) dan masih banyak lagi.

Perekonomian Negara Yordania

Negara Yordania termasuk negara dengan tingkat ekonomi terendah di kawasa Timur Tengah. Berbeda dengan negara – negara di Timur Tengah lainnya, Yordania tidak memiliki sumber daya alam yang cukup untuk membangun perekonomian. Sehingga Yordania memperoleh pendapatan negara yang berasal dari sektor pariwisata, teknologi dan informasi, pupuk, pakaian, pengolahan minyak dan semen, sektor pertanian seperti stroberi, jeruk, zaitun, daging domba hingga susu.

Fakta – Fakta Unik Negara Yordania

  1. Terdapat saksi kekayaan Kerajaan Nabath berupa situs terbesar yaitu Kota Petra yang masuk ke dalam 7 Keajaiban Dunia Baru dan telah terdaftar di UNESCO. Nama Petra berasal dari bahasa Yunani yang artinya batu. Petra dikenal karena memiliki setidaknya 800 patung individu termasuk makam, bangunan, kuil, jalanan dan lain sebagainya.
  2. Untuk membangun seluruh bangunan yang terdapat di Kota Petra, batu – batu tersebut dilunakan menggunakan garam yang berasal dari Laut Mati.
  3. Dahulu Kota Petra memiliki persediaan air yang cukup untuk digunakan oleh penduduknya sebanyak 30.000 jiwa.
  4. Selain Petra, terdapat pula bekas peradaban lain seperti Hellenistik dan Romawi yang menyisakan reruntuhan kota – kota Dekapolis (Umm Qais, Amman, Jerash, Kapitolias, Pella, Rafana, Irbid dan situs Bizantium Umm ar-Rasas.
  5. Terdapat sisa kerajaan gurun seperti Qasr al Hallabat, Qasr Mshatta, Qasr Amra dan semunya sudah terdaftar sebagai situs warisan dunia.
  6. Sebagian besar wilayah yang berada di Yordania modern digolongkan sebagai negara dengan tingkat pembangunan manusia tinggi berdasarkan Laporan Pembangunan Manusia pada tahun 2010.
  7. Rakyat Yordania terdiri atas etnik Arab, Kirkasia dan Armenia.
  8. Terdapat makam Nabi Musa di Gunung Nebo
  9. Merupakan tempat Laut Mati berada.
  10. Terdapat sebuah situs pembabtisan di Sungai Yordan berdasarkan salah satu penemuan arkeologi bibel modern. Situs tersebut dipercaya sebagai tempat pembabtisan Yesus Kristus.
  11. Ibu Kota Yordania, Amman merupakan kota yang melintasi tujuh bukit atau Jabal. Sekarang ini kota Amman telah mencakup 19 bukit dan tidak memiliki sisi barat maupun sisi timur.
  12. Seluruh bangunan yang terdapat di Kota Amman berasal dari batu atau beton bertingkat, tidak memiliki ruang kosong dan rata – rata bentuk bangunan sama.
  13. Rakyat Yordania sangat mencintai rajanya. Tidak heran jika foto Raja akan mudah ditemukan di segala macam tempat.
  14. Bangsa Yordania sangat ramah dengan tamu, tidak haran mereka juga akan menyajikan segelas cangkir kopi untuk para turis dan orang asing.
  15. Yordania memiliki bunga nasional yang bernama Irish Hitam. Bunga ini termasuk bunga langka dan hanya tumbuh di Wadi Rum di musim semi.

Demikian penjelasan mengenai negara Yordania. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!