Letak Astronomis Arab Saudi Beserta Letak Geografis dan Batas- batasnya

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia yang luasnya mencapai jutaan kilometer persegi. Benua Asia dibagi menjadi beberapa wilayah regional, seperti Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Barat dan lain sebagainya. Nah, tiap- tiap wilayah regional tersebut memiliki negara yang paling unggul. Salah satu wilayah regional benua Asia adalah Timur Tengah. Di Timur Tengah negara yang laing terkenal salah satunya adalah Arab Saudi. Arab Saudi terkenal karena terdapat beberapa hal yang menjadikannya dikenal masyarakat, yaitu:

  • Merupakan negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia
  • Merupakan tempat kelahiran dan juga tempat besar bagi manusia yang paling dihormati dan dikenang di penjuru dunia yaitu nabi Muhammad saw.
  • Merupakan tempat lahirnya agama yang banyak dianut umat di dunia yakni Islam.

Itulah alasan mengapa Arab Sudi menjadi negara yang istimewa, bahkan setiap tahunnya negara ini dikunjungi jutaan umat Islam dari seluruh penjuru dunia untuk menunaikan ibadah haji. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai letak dari negara Arab Saudi ini secara astonomis dan geografis.

Letak Astronomis Arab Saudi

Pengertian letak astronomis sendiri adalah letak berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur. Negara Arab Saudi memiliki letak astronomis 15°LU – 32° LS dan 34° BT – 57° BT. Dengan letak astronomis demikian maka dapat dikatakan bahwa Arab Saudi dilalui oleh garis lintang 0° atau garis khatulistiwa karena terdapat lintang utara dan lintang selatan. Kemudian karena wilayah bujurnya hanya bujur timur maka Arab Saudi ini tidak dilalui oleh garis bujur 0° atau garis meridian. Dengan melihat letak garis lintang, kita juga bisa menebak iklim matahari Arab Saudi ini berupa Iklim Tropis dengan sebagian wilayahnya adalah iklim Sub Tropis.

Letak Geografis dan Batas- batas Negara

Selain letak astronomis, kemudian kita perlu juga mengetahui letak geografis negara ini. Negara Arab Saudi terletak di kawasan Asia Barat dengan bentuknya yang berupa semenanjung. Negara ini terkenal akan gurun pasirnya yang luas dan banyak. Adapun batas- batas dari negara Arab Saudi kebanyakan adalah berupa nejgara- negara tetangga, namun ada pula yang berbatasan langsung dengan alam. Adapun batas- batas tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Yordania, Irak dan Kuwait
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Oman dan Yaman
  • Sebelah timur berbatasan dengan Teluk Persia, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Qatar
  • Sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah

Nah itu dia batas- batas negara Arab Saudi. Apabila diperhatikan dengan seksama maka kebanyakan batas ini berupa negara tetangga, hanya dua yang merupakan batas alam dari negara ini yaitu Teluk Persian dan juga Laut Merah.

Bentang Alam Arab Saudi

Setelah mengetahui tentang letak astronomis dan geografis, maka tidak lengkap jika tidak membahas mengenai bentang alam. Bentang alam negara Arab Saudi kebanyakan berupa ekosistem gurun dan juga plato. Terjadang di gurun pasir daoat kita jumpai oase, yaitu mata air yang berada di tengah- tengah padang pasir. Tidak banyak tumbuhan yang bisa hidup di daerah ini. Kebanyak tumbuhan yang bisa hidup adalah sejenis palm, misalnya pohon kurma dan juga beberapa tanaman yang berudri seperti kaktus dan juga semak- semak. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Arab Saudi, semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Geografi Dasar
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!