Karakteristik Laut Merah dan Fakta-faktanya

Laut atau samudera merupakan badan air terbesar di Bumi. Bentuk- bentuk permukaan Bumi terdiri atas perairan dan daratan. Bahkan, jumlah daratan dan perairan pun lebih banyak perairan dimana perairan ini mencapai 2/3 bagian dari Bumi. Dan badan air yang terbesar adalah laut atau samudera. Perbedaan air dengan samudera pada dasarnya adalah luasnya. Laut cenderung lebih sempit daripada samudera, meskipun keduanya memiliki air yang asin.

Meskipun apabila kita perhatikan samudera dan laut bergandengan dan menyatu, namun tetap saja ada batas- batas yang mengakhirinya. Beberapa samudera yang ada di Bumi antara lain adalah Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Samudera Arktik, Samudera Atlantik. Sementara ada pula beberapa laut yang sangat terkenal, seperti Laut Cina selatan, Laut Merah, Laut Hitam dan Laut Mati. Setelah beberapa waktu yang lalu kita membahas tentang Laut Cina Selatan, kali ini kita akan membahas mengenai Laut Merah. Laut yang terkenal akan sejarahnya yang melegenda.

Letak Laut Merah

laut merahLaut merah merupakan laut yang berada di wilayah jazirah Arab. Laut Merah merupakan lautan yang bentuknya tidak terlalu luas namun cukup panjang. Laut Merah atau Laut Teberau merupakan sebuah teluk yang berada di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan dua benua yaki Benua Asia dan Benua Afrika. Jalur laut di sebelah selatan melalui Babul Mandib dan Telk Aden, sementara di sebelah Utara terdapat Semenanjung Sinai dan juga Teruzan Suez.

Lebar laut ini terlebar adalah 300 km dan panjangnya mencapai 1.900 km, dengan titik terdalam mencapai 2.500 m.  Laut Merah memiliki nama yang unik yang dihubungkan dengan sejarahnya. Namun sebenarnya nama tersebut hanyalah penamaan saja sementara warna laut sendiri yang merah bisa dijelaskan secara ilmiah. Berikut ini merupakan karakteristik yang dimiliki oleh Laut Merah.

Karakteristik Laut Merah

Laut Merah adalah salah satu laut yang terkenal di dunia. Tentunya Laut Merah memiliki kriteria khusus yang mungkin tidak dimiliki oleh laut lain. Adapun kriteria yang dimiliki oleh Laut Merah antara lain sebagai berikut:

  • Bentuk lautnya cenderung memanjang dan kurang lebar

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh Laut Merah yakni dilihat dari bentuknya. Laut Merah ini merupakan laut yang bentuknya cenderung memanjang, dimana lebar laut ini hanya sekitar 300 km, sedangkan panjangnya mencapai 1.900 km. sehingga apabila dilihat dari angkasa laut ini akan terlihat menyempit.

  • Ditumbuhi oleh beberapa spesies karang

Laut Merah juga merupakan laut yang dihuni oleh beberapa spesies karang. Terkadang biota laut satu inilah yang membuat warna laut ini menjadi merah sehingga pada akhirnya laut ini pun disebut sebagai Laut Merah.

Nah itulah beberapa karakteristik yang menonjol yang dimiliki oleh Laut Merah. Kemudian ada fakta- fakta yang menarik yang dimiliki oleh Laut Merah. Apa sajakah fakta- fakta tersebut? Yuk kita bahas bersama.

Fakta- fakta Mengenai Laut Merah

Beberapa fakta menarik yang dimiliki oleh Laut Merah antara lain sebagai berikut:

  1. Merupakan tempat ditenggelamkannya Fir’aun yang merupakan musuh dari Nabi Musa. Hal ini didukung dengan penelitian yang menemukan sisa- sisa bangkai kereta dan juga tulang- tulang manusia.
  2. Merupakan laut yang paling asin di dunia, dimana kadar keasinannya mencapai 40%.
  3. Merupakan laut yang paling panas di dunia.
  4. Merupakan laut yang arusnya paling tenang di dunia
  5. Merupakan jalur perdagangan yang penting di masa lalu.

Nah itulah beberapa fakta menarik yang dimiliki oleh Laut Merah. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Laut Merah. Semoga Bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Laut
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!