Negara Rwanda: Karakteristik Hingga 9 Fakta Uniknya

Karakteristik Negara Rwanda

Bagi beberapa orang nama Rwanda mungkin masih terdengar asing. Negara ini terletak di Benua Afrika tepatnya di Afrika Tengah dengan ibu kotanya yaitu Kigali. Jika dilihat dari peta, Rwanda berada di bawah beberapa drajat garis khatulistiwa dan berbatasan langsung dengan Tanzania di bagian timur, Urganda di bagian utara, Burundi pada bagian selatan, dan juga Republik Demokratik Kongo di bagian sebelah barat. Sebagian besar daratan Rwanda berupa dataran tinggi dan di bagian barat berupa daerah pegunungan, sabana pada bagian timur dan beberapa danau yang tersebar di Rwanda. Karena letak geografis tersebutlah membuat iklim di negara Rwanda terasa hangat hingga subtropis serta memiliki dua musim hujan dan juga musim kemarau setiap tahunnya.

Luas negara Rwanda mencapai 26.338 km2 menjadikan negara ini termasuk negara terluas ke-149 di dunia. Jika dibandingkan kurang lebih setara dengan Kepulauan Haiti atau beberapa negara bagian di Maryland, Amerika Serikat. Negara Rwanda sebagian besar berupa dataran tinggi, namun masih bisa ditemukan titik terendahnya yaitu di Sungai Rusizi dengan ketinggian 950 m di atas permukaan laut.

Negara ini juga memiliki aliran sungai yang berasal dari Kongo dan berbatasan dengan aliran sungai Nil dan terbentang dari utara hingga selatan. Sedangkan untuk sungai terpanjang Rwanda bernama sungai Nyabarongo yang mengalir dari barat daya kemudian ke utara lalu ke timur hingga ke tenggara bergabung dengan sungai Ruvubu untuk membentuk sungai Kagera. Sungai Kagera mengalir ke utara sepanjang perbatasan timur (Tanzania) hingga akhirnya bermuara di Danau Victoria (Baca: Danau Terluas Di Benua Afrika) dan diyakini sebagai sumber dari sungai Nil. Selain sungai, wilayah perairan negara Rwanda berikutnya berupa danau yang bernama danau Kivu dan termasuk danau terdalam di dunia.

Wilayah pegunungan membentang dari tengah hingga barat dan termasuk bagian dari pegunungan Celah Albertine. Terdapat puncak tertinggi yang merupakan gugusan gunung berapi Virunga dan titik tertingginya berada di Gunung Karisimbi. Daerah tengah lebih didominasi oleh bukit yang berombak. Sedangkan pada bagian timur lebih berkarakteristik sabana, rawa-rawa dan dataran rendah.

Sistem Pemerintahan

Negara Rwanda menganut sistem pemeritahan presidensial dengan kepala negara yaitu presiden dan kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri. Presiden mempunyai berbagai macam wewenang yaitu membuat kebijakan bersama – sama dengan Kabinet, memberikan komando kepada angkatan bersenjata, mempunyai hak prerogatif, negosiasi dan ratifikasi traktat hingga menyatakan perang atau kondisi darurat. Presiden dipilih berdasarkan pemilihan umum yang dilakukan setiap 7 tahun dan dapat menunjuk perdana menteri serta Kabinet.

Konstitusi yang dianut Rwanda telah direferendum pada tahun 2003, menggantikan konstitusi transisional pada tahun 1994. Konstitusi Rwanda saat ini menggunakan sistem pemeritahan multi partai dan juga politik yang berdasarkan pada demokrasi dan pemilihan umum. Tidak hanya itu saja, pemerintah juga telah menetapkan hukum dengan mengkriminalkan ideologi genosida termasuk intimidasi, pidato fitnah, penolakan genosida serta penghinaan korban.

Penduduk Negara Rwanda

Dapat dikatakan jika penduduk Rwanda termasuk muda dan kebanyakan dari mereka tinggal di daerah pedesaan padahal kepadatan penduduknya cukup tinggi di Afrika. Penduduk Rwanda terbagi menjadi 3 kelompok yaitu Hutu, Tutsi dan Twa. Hutu merupakan nama dari sebuah kelompok dan jumlahnya cukup besar sekitar 85% dari total keseluruhan penduduk Rwanda. Kelompok Tutsi konon berasal dari Ethiopia dan menaklukan Hutu. Sejak Belgia masuk dan membagi etnis untuk mendukung pemerintahannya, kerajaan Tutsi jatuh hingga terbagi dua antara Rwanda dan Burundi. Twa merupakan pigmi(istilah pembagian kelompok etnis di dunia) yang hidup di dalam hutan dan keturunan penduduk paling pertama negara Rwanda.

Perekonomian Negara Rwanda

Perekonomian Negara Rwanda pernah mengalami kehancuran saat terjadi insiden genosida pada tahun 1994. Genosida telah merusak berbagai macam infrastruktur, pertanian, penjarahan hingga korban jiwa. Akibatnya Produk Domestik Bruto (PDB) turun dan hancurnya investasi. Namun, seiring berjalannya waktu perekonomian mengalami peningkatan dan terus menguat pada tahun 2011 PDB mencapai $1.284 (tahun 1994 PDB mencapai $416).

Sumber pendapatan negara Rwanda berasal dari produk pertanian dengan melakukan ekspor seperti kopi dan teh, sektor industri, sektor pertambangan (kasiterit, koltan, emas dan wolframit), jasa perbankan, usaha grosir dan ecer, hotel, transportasi, perniagaan dan  sektor pariwisata menjadi penyumbang pendapatan negara sebesar US$115,6 juta antara Januari hingga Juni 2011.

Fakta – Fakta Unik Negara Rwanda

  1. Pernah terjadi peristiwa kelam yaitu genosida pada tahun 1994. Genosida merupakan pembantaian secara besar – besaran yang sistematis terhadap slaah satu negara atau kelompok dengan tujuan memusnahkan bangsa atau suku tersebut. Saat itu kejadian genosida berlangsung antara suku Hutu (suku mayoritas) dan suku Tutsi (suku minoritas), terjadi di era modern. Dalam 100 hari setidaknya 800.000 – 1.000.000 orang terbunuh dan mayoritas merupakan suku Tutsi.
  2. Tingkat korupsi negara Rwanda terendah menurut Corruption Perception Index. Rwanda masuk urutan ke 48 dari 175 negara sebagai negara dengan tingkat korupsi terkecil di dunia.
  3. Di sektor pariwisata, wisatawan dapat melakukan Gorilla Trekking dengan melakukan perjalanan dari Kigali menuju Taman Nasional Virunga. Di sini wisatawan dapat melihat secara langsung gorila dari jarak dekat.
  4. Terdapat Kigali Genocide Memorial yang merupakan musium sejarah terjadinya genosida hingga akhirnya Rwanda bangkit kembali. Musium Kigali Genocide Memorial dibuat untuk mengenang 10 tentara penjaga keamanan PBB dari Belgia, mereka menjadi korban saat hari pertama peristiwa genosida terjadi.
  5. Jika kalian berpikir bahwa Rwnada negara miskin, kalian salah besar. Sebab di Rwanda tepatnya di Kigali terdapat jaringan hotel bertaraf internasional seperti Kempinski, Marriot, Radisson dan masih banyak lagi.
  6. Banyak ditemukan polisi bersenjata lengkap sedang berjaga setiap 300 meter di Kota Kigali. Sehingga Kota Kigali sangat aman untuk dikunjungi para wisatawan.
  7. Pemerintah Rwanda mempunyai program Girinka yaitu sebuah program mensubsidi rakyat miskin dengan memberikan modal berupa sapi.
  8. Kota Kigali menjadi kota terbersih di Afrika.
  9. Rwanda menjadi sponsor sebuah klub bola Arsenal di Liga Inggris. Pemerintah memberikan dana sebesar 30 juta poundsterling atau sekitar Rp 554 milyar.

Demikian penjelasan mengenai negara Rwanda di Afrika. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial