Negara Kuwait: Karakteristik – Penduduk – Ekonomi

Negara Kuwait merupakan salah satu negara monarki yang berada di Teluk Persia dan berada di Asia Barat atau Timur Tengah. Untuk sebuah negara yang berada di Asia Barat, negara Kuwait termasuk negara terkecil, namun memiliki sumber daya alam berupa minyak bumi yang cukup melimpah.

Minyak bumi pertama kali ditemukan di Kuwait pada tahun 1937, namun akibat Perang Dunia II maka eksploritasi bisa dilakukan 14 tahun berikutnya yakni 1951. Penduduk Kuwait yang hidup di bawah garis kemiskinan mulai berubah menjadi lebih baik setelah negara ini berhasil mengekspor minyak bumi.

Karakteristik Negara Kuwait

Negara Kuwait berbatasan wilayah dengan:

  • Negara Irak di bagian utara, timur laut, timur, dan barat laut.
  • Negara Arab Saudi di bagian selatan, barat dan barat daya.
  • Teluk Persia di bagian tenggara.

Jika dilihat secara astronomis, negara Kuwait berada di antara 28oLU – 31oLU dan berada di 46oBT – 49oBT. Kondisi negara Kuwait yang tidak jauh dari Arab Saudi, tidak heran jika sebagian besar wilayahnya berpasir (berasal dari Gurun Arab) dan termasuk dataran rendah dengan titik tertingginya yaitu 306 meter di atas permukaan laut.

Negara Kuwait mempunyai 9 pulau dengan pulau terbesarnya yaitu pulau Bubiyan, memiliki luas 860 km persegi dan telah terhubung dengan ke daratan utama menggunakan jembatan sepanjang 2.380 meter. Ibu kota negara Kuwait yakni Kota Kuwait berada di Semenanjung Kuwait dekat pelabuhan laut dalam.

Saat musim semi yang terjadi pada bulan Maret, sesekali muncul badai guntur dan suhu menjadi lebih hangat. Udara panas dan kering yang berasal dari selatan sebagai pertanda pergantian musim dari semi ke musim panas. Suhu udara sangat meningkat saat musim panas, tercatat suhu tertinggi di Kuwait pernah mencapai 53,9oC yang pernah terjadi di Mitribah di tahun 2016.

Penduduk Negara Kuwait

Pada tahun 2018, jumlah populasi negara Kuwait sebesar 4,6 juta jiwa, jumlah tersebut terdiri atas

Sebagian besar masyarakat Kuwait beragama Islam yang terdiri atas:

  • Muslim Sunni: 60% – 65%,
  • Muslim Syi’ah: 40%

Ada pula agama lain yang diakui keberadaannya yakni Kristen, Hindu, Buddha dan Sikhi.

Untuk bahasa resmi yang digunakan di Kuwait yakni bahasa Arab Modern dan digunakan dalam urusan jurnalis serta pendidikan, sedangkan dalam sehari – hari digunakan bahasa Arab Kuwait. Penggunaan bahasa Inggris cukup luas terutama untuk urusan bisnis, selain itu terdapat pula bahasa-bahasa asing lainnya seperti Prancis, Pesian, Turki, India, Balochi, dan Italia.

Kekayaan Alam Negara Kuwait

Beberapa wilayah di Kuwait, sebanyak 5 daerah sudah terdaftar sebagai area dilindungi dan masuk IUCN, bahkan Kuwait sudah menjadi bagian dari Ramsar Convention, tepatnya di Pulau Bubayan Mubarak al-Kabeer. Dengan luas area mencapai 50.948 hektar menjadi tempat yang tepat untuk burung – burung yang sedang bermigrasi serta tempat berkembang biak terbesar bagi burung crab-plover.

Kekayaan alam Kuwait penuh dengan cadangan minyak bumi dan gas alam. Kuwait diketahui memiliki jumlah cadangan minyak bumi sebesar 96,8 milyar barel atau sekitae 10% dari total seluruh cadangan minyak bumi di dunia.

Sedangkan untuk gas alam, negara Kuwait mempunyai 1.498 triliun meter kubik. Sumber air bersih Kuwait berada Al-Shiqaya dan Al-Rawdatayn, akan tetapi keberadaan sumber air tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih nasional, oleh karena itu negara ini melakukan penyulingan air laut untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Ekonomi Negara Kuwait

Kuwait memang sangat mengolah sumber daya alamnya dengan sangat baik, tidak heran jika hal tersebut berdampak pada mata uang yang dimilikinya yakni Dinar Kuwaiti, termasuk mata uang tertinggi di dunia. Minyak bumi yang dimiliknya menyumbang 90% pendapatan negara dan setengah dari GDP negara tersebut.

Pelabuhan Kuwait menjadi salah satu pelabuhan terbesar di wilayah Timur Tengah. Banyak kapal – kapal barang dari berbagai dunia sering melakukan bongkar muat barang. Mina Al-Ahmadi, salah satu pelabuhan di Kuwait melakukan pengurusan paling besar dalam mengekspor minyak.

Fakta – Fakta Negara Kuwait

  1. Asal nama Kuwait berasal dari bahasa Arab yaitu Kut yang artinya benteng.
  2. Negara Kuwait adalah negara dengan pendapatan negara tertinggi di dunia.
  3. Terdapat menara Al Hamra yang merupakan gedung pencakar langit sempurna di Kota Kuwait dan termasuk gedung tertinggi ke-32 di dunia.
  4. Di Sulabiya menjadi tempat pembuangan ban bekas terbesar di dunia. Ada sekitar 7 juta ban bekas yang bahkan dapat dilihat dari luar angkasa.
  5. Kondisi alam yang tidak memungkinkan untuk melakukan pertanian, maka untuk memenuhi kebutuhan pangan negara Kuwait melakukan impor dari negara- negara lain.
  6. Saat musim panas tiba, suhu udara sangat panas bahkan dapat mencapai 50 derajat. Sedangkan ketika musim dingin, suhu dapat turun hingga di bawah 0 derajat.
  7. Harga minyak jauh lebih murah daripada harga air.