8 Karakteristik Negara Malaysia dan Penjelasannya

Negara tetangga adalah sebutan bagi negara yang berada di dekat Indonesia. Meskipun dekat terkadang negara tetangga tidak serumpun. Indonesia adalah rumpun Melayu, hal ini tidak hanya sama berdasarkan warna kulit atau rambut orang- orangnya, namun juga bahasanya. Salah satu negara tetangga dan juga berumpun melayu kental adalah Malaysia.

Negara Malaysia memiliki julukan Negeri Jiran. Negara Malaysia adalah negara yang berumpun melayu kental. Negara  Malaysia sangat dekat dengan Indonesia, bahkan salah satu wilayahnya satu pulau dengan Indonesia, yaitu di Pulau Borneo atau Kalimantan. Negara Malaysia memiliki icon berupa menare kembar yang tinggi. Menara kembar tersebut sebenarnya merupakan menara dari perusahaan minyak terbesar di Malaysia yaitu Petronas. Tidak hanya mirip akan orang- orangnya, namun secara bahasa, Malaysia dengan Indonesia juga memiliki banyak kesamaan. Sebagai negara tetangga, mungkin tidak banyak hal yang kita ketahui mengenai negara ini. Padahal ada beberapa hal yang menarik untuk kita ketahui. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai karakteristik yang dimiliki negara Malaysia.

Karakteristik Negara Malaysia

Negara merupakan salah satu wilayah ataudaerah yang ada di permukaan Bumi. Bentuk permukaan Bumi terdiri atas berbagai negara, dan negara- negara membentuk benua. Adapun negara satu dengan negara lainnya memiliki karakteristik yang berbeda- beda. Adapun karakteristik yang dimiliki oleh negara Malaysia antara lain sebagai berikut:

  1. Memiliki iklim tropis

Salah satu ciri yang bisa kita lihat dari Malaysia adalah iklim di Malaysia adalah tropis. Hal ini berdasarkan letak astronomisnya yaitu antara 1°LU – 7°LU dan 100°BT – 119°BT . Berdasarkan letak astronomisnya yang demikian, negara ini memang beriklim tropis. Iklim tropis sendiri merupakan iklim yang sangat dipengaruhi oleh sinar matahari, dimana wilayahnya mendapatkan sinar matahari dengan cukup selama 12 jam setiap harinya. Negara yang memiliki iklim tropis hanya memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan juga musim kemarau. Negara Malaysia adalah negara yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi yaitu rata- rata 260 – 800 mm sepanjang tahunnya. Temperatur harian negara Malaysia rata- rata antara 21 derajat hingga23 derajat Celcius di daerah ekosistem pantai dan 12 derajat hingga 25 derajat Celcius di daerah pegunungan. Sama seperti negara di Asia Tenggara lainnya, negara Malaysia juga dipengaruhi oleh angin Muson.

  1. Bentuk Pemerintahan Monarki Konstitusional

Tidak seperti Indonesia yang berbentuk republik, bentuk pemerintahan negara Malaysia adalah monarki konstitusional. Moraki konstitusional  merupakan bentuk pemerintaan

  1. Dipimpin oleh seorang Yang Dipertuan Agung

Jika di Indonesia kepala negaranya adalah seorang presiden, maka tidak di Malaysia. Negara Malaysia dipimpin oleh seorang Yang Dipertuan Agung. Yang Dipertuan Agung merupakan seseorang seperti raja di kerajaan. Kepala negara dipegang oleh Yang Dipertuan Agung, namun kepala pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri.

  1. Mayoritas suku adalah suku melayu

Malaysia adalah negara yang berada di rumpun Melayu. Oleh karena itulah penduduk asli negara ini kebanyakan adalah suku Melayu. Suku Melayu merupakan suku yang memiliki warna kulit sawo matang dengan warna rambut hitam. Orang melayu perawakannya sedang (tidak terlalu besar namun juga tidak kecil). Suku Melayu di Malaysia terkadang masih memegang adat yang kuat. Suku ini menganut adat pergaulan ketimuran, sehingga memperhatikan adat da budaya serta kesopanan dalam kehidupan sehari- hari. Suku Melayu juga memiliki baju adat yang dinamakan baju kurung. Baju kurung adalah baju panjang dengan lengan panjang serta dengan bawahan yang panjang pula. Penduduk Suku Melayu yang tinggal di Malaysia sekitar 50%, Tiongkok sekitar 37%, India sekitar 11%, dan sisanya adalah orang- orang Euroasia, Eropa dan keturunan bangsa lainnya.

  1. Wilayah terdiri atas dua pulau utama

Berdasarkan pembagian daerahnya, Malaysia dibagi menjadi dua daerah dalam dua pulau yang berbeda. Malaysia Barat terletak di Semenanjung Malaka (Asia), sedangkan Malaysia timur terletak di Pulau Kalimantan.

  1. Topografi berupa pegunungan

Berdasarkan topografinya , wilayah negara Malaysia diliputi pegunungan dengan puncak tertinggi di Gunung Tahan, yaitu setinggi 2.189 m. Pegunungan paling panjang adalah Titiwangsa, yang memiliki panjang sekitar 483 km. Di kawasan ini lahan tidak begitu subur, sehingga digunakan sebagai area perkebunan dengan jenis tanaman yang homogen, seperti kelapa sawit.

  1. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Melayu dan Inggris

Di Indonesia , bahasa persatuan yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Di Malaysia, bahasa yang digunakan adalah Bahasa Melayu, dan sebagian adalah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris digunakan oleh kaum pendatang, karena penduduk Malaysia selain penduduk asli, juga banyak para pendatang.

  1. Agama mayoritas adalah Islam

Penduduk Malaysia hampir mirip dengan penduduk Indonesia, yaitu memiliki agama mayoritas Islam. Agama Islam dianut lebih dari 50% penduduk Malaysia, Agama Budha sekitar 12%, Kepercayaan Tiongkok sekitar 7%, sisanya adalah agama lainnya, seperti Kristen dan Hindu.

Nah, demikianlah karakteristik dari negara Malaysia yang dapat kami informasikan. Semoga apa yang kami informasikan dapat memberikan manfaat bagi semuanya.

fbWhatsappTwitterLinkedIn