5 Karakteristik Negara Thailand dan Keunikannya

Thailand merupakan sebuah negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Negara ini merupakan negara tetangga Indonesia karena masih dalam satu kawasan regional. Thailand merupakan negara yang terkenal dengan Negeri Gajah Putih. Selain negeri Gajah Putih, negara Thailand juga memiliki julukan Negara Seribu Pagoda dan juga Rumah Rakyat Merdeka. Ada alasan mengapa Thailand mendapat julukan demikian, yaitu karena di negara ini gajah merupakan binatang suci, selain itu karena terdapat banyak pagoda di negara ini yang merupakan tempat peribadatan umat Buddha, dan Thailand adalah negara yang belum pernah dijajah oleh Bangsa Eropa. Negara ini merupakan negara yang maju dalam sektor industri dan juga pariwisata. Negara ini juga merupakan salah satu negara yang berpengaruh di Asia Tenggara.

Banyak keistimewaan yang dimiliki oleh negara Thailand yang mungkin belum banyak kita ketahui. Negara Thailand adalah negara yang berada di wilayah Asia Tenggara, maka dari itulah sekiranya penting bagi kita untuk mengetahui beberapa informasi mengenai negara Thailand. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai karakteristik yang dimiliki oleh negara Thailand.

Karakteristik Negara Thailand

Negara Thailand merupakan negara  yang istimewa. Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh negara Thailand adalah negara ini belum pernah dijajah oleh bangsa Eropa dan ini merupakan satu- satunya di Asia Tenggara. Negara Thailand memiliki banyak karakteristik yang tidak dimiliki oleh negara lain. Beberapa, karakteristik yang dimiliki oleh negara Thailand antara lain sebagai berikut:

  1. Banyak bentang alam berbentuk pegunungan dan perbukitan

Bentang alam negara Thailand bermacam- macam. Ada bentang alam yang berupa dataran tinggi, ada yang berupa dataran rendah maupun pegunungan. Mayoritas kenampakan atau bentang alam di wilayah Thailand berupa dataran tinggi atau pegunungan. Dibagian tengah negara ini berupa dataran rendah yang dialiri oleh Sungai Chao Praya. Daerah tengah ini merupakan daerah yang paling subur di Thailand dan merupakan lumbung padi di negara ini. Dibagian utara dan barat negara ini berupa pegunungan dan puncak tertinggi adalah di Gunung Dai Inthanon yaitu kira- kira setinggi 2.594 m. Di bagian timur negara ini berupa pegunungan kapur. Di Pegunungan kapur ini terdapat Plato Korat yang luasnya mencakup lebih dari seperempat luas daratan dan di wilayah ini pula mengalir aliran anak Sungai Mekong.

  1. Mata pencaharian penduduk di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, industri dan pariwisata

Sama seperti negara agraris lainnya, negara Thailand merupakan negara yang unggul dalam bidang pertanian. Hasil pertanian unggulan di negara ini adalah padi. Thailand ini merupakan negara lumbung padi terbesar di Asia Tenggara. Selain hasil pertanian, hasil hutan negara ini berupa kayu jati. Di bidang pertambangan, negara ini menghasilkan timah dan juga mangan. Di bidang industri, Thailand unggul dalam produk semen, tekstil, dan juga barang- barang elektronik. Selain itu ada yang lain yang unggul dari negara ini, yaitu unggul dalam bidang pariwisata. Kota yang menjadi kiblat pariwisata di negara ini adalah Bangkok, Chiang Mai dan juga Pattaya.

  1. Terdiri atas berbagai suku

Sama seperti negara-negara lainnya di Asia Tenggara, bahwa di negara ini tidak hanya didiami oleh satu suku saja, namun banyak suku. Berbagai suku bangsa di Thailand ini hidup berdampingan. Mayoritas suku yang menempati negara Tahiland adalah suku Thai. Maka dari itulah negara ini juga dikenal dengan sbeutan Muangthai. Selain susku Thai, suku lainnya yang menempati wilayah negara ini adalah suku Cina, India adan juga Melayu.

  1. Agama mayoritas adalah Budha

Berbeda- beda suku yang tinggal bersama, menyebabkan agama yang dianut setiap orangnya pun berbeda- beda. Seperti halnya Indonesia yang mengakui 5 agama yang sah, di Thailand pun ada beberapa negara yang diakui sah dianut oleh masyarakat Thailand. Agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Thailand adalah Budha. Budha adalah agama yang paling banyak dianut, maka dari itulah banyak pagoda- pagoda berdiri sebagai tempat ibadah umat Budha, sehaingga pada akhirnya negara ini diberi julukan sebagai negara seribu pagoda.

  1. Belum pernah dijajah bangsa lain

Ciri yang paling menonjol  yang dimiliki oleh Thailand adalah negara ini belum pernah mengalami penjajahan oleh negara lain sebelumnya, terutama oleh bangsa Eropa. Sehingga dapat dikatakan negara ini sangat merdeka, sehingga negara ini dijuluki sebagai Rumah Rakyat Merdeka.

Nah itulah beberapa karakteristik atau informasi yang menonjol dari negara Thailand. Karakteristik tersebut mungkin saja ada yang mirip dengan negara lain, namun secara keseluruhan tidak dimiliki oleh negara lain. Semoga melalui apa yang telah kami sampaikan di atas, bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang negara Thailand dan memberikan manfaat untuk kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!