Negara Pakistan: Karakterisik – Penduduk – Perekonomiannya

Negara Pakistan atau Republik Islam Pakistan adalah salah satu negara yang berada di kawasan Asia Selatan. Negara ini mempunyai garis pantai sepanjang 1.046 km yang menghadap ke arah Teluk Oman dan Laut Arab.

Secara ethimologi, nama Pakistan sendiri mempunyai arti dalam bahasa Urdu dan bahasa Persia yakni tanah yang murni. Selain itu, nama Pakistan juga merupakan pergabungan dari nama – nama etnis utama yang mendiami Pakistan antara lain Punjab, Afgan, Kashmir, Sindh, dan Baluchistan.

Karakteristik Negara Pakistan

Negara Pakistan yang beribu kota di Islamabad menganut sistem pemerintahan Republik Federal Parlementer dengan kepala negara dipimpin oleh Presiden dan kepala pemerintahan dijabat oleh Perdana Menteri.

Jika dilihat secara astronomi, Pakistan berada di antara 20oLU – 37oLU dan juga 66oBT – 75oBT. Negara ini juga mempunyai batasan wilayah:

Gunung K2 atau Gunung Godwin Austen dengan tinggi mencapai 8.611 meter di atas permukaan laut, merupakan bagian dari pegunungan Karakoram terletak di utara Pakistan. Gunung ini juga menjadi gunung tertinggi kedua di dunia setelah Gunung Everest di Himalaya.

Pembagian bentang alam di Pakistan ada sekitar 5 wilayah:

  • Dataran Tinggi Utara dan Barat: berada di bagian utara dan barat yang merupakan tempat Gunung Godwin Austen dan Celah Khyber (penghubung Pakistan dan Afganistan).
  • Dataran Punjab: berada di sisi timur yang tersusun atas dataran aluvial oleh endapan sungai. Pada bagian utara (Punjab) terdapat Sungai Indus dengan anak sungainya yakni sungai Jhelum, Ravi, Chenab dan Sutlej.
  • Dataran Sind: wilayah pertemuan anak sungai Indus. Dataran Punjab dan Sind terkenal dengan wilayah yang subur dan banyak lahan pertanian.
  • Plato Baluchistan: plato yang berada di barat daya dengan kondisi tanah yang kering dan berbatu.
  • Gurun Thar: gurun yang terletak di Pakistan bagian tenggara dan berbatasan dengan negara India.

Keberadaan Pakistan yang ada di daratan utara menyebabkan negara ini mempunyai suhu iklim yang ekstrim atau dikenal dengan nama Tropis of cancer. Iklim continental yang dialami oleh Pakistan disebabkan adanya wilayah pegunungan di negara tersebut.

Suhu ekstrim yang terdapat di Pakistan bisa dirasakan saat musim panas di bulan Juni (38 – 47oC) dan pada musim dingin suhu bisa mencapai 4oC.

Pembagian wilayah administrasi di Pakistan tersusun atas 4 provinsi, 1 teritori dan 1 teritori ibu kota dengan daftarnya sebagai berikut:

  • Provinsi Balochistan, beribu kota: Quetta
  • Provinsi Punjab, beribu kota: Lahore
  • Provinsi Sindh, beribu kota: Karachi
  • Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, beribu kota: Peshawar
  • Teritori Ibu Kota Islamabad, beribu kota: Islamabad
  • Teritori Administrasi Federal Area Tribal: Islamabad

Penduduk Negara Pakistan

Negara yang mempunyai luas wilayah sekitar 796.095 km persegi dengan jumlah penduduknya mencapai lebih dari 200 juta jiwa tersebut, sebagian besar berasal dari empat kelompok etnik yakni Punjab, Pashtun, Sindh dan Baloch. Besarnya presentase kelompok etnik tersebut antara lain:

  • Etnik Punjab: 78 juta jiwa (45%)
  • Etnik Pashtun: 29,3 juta jiwa (15,42%)
  • Etnik Sindh: 24,8 juta jiwa (14,1%)
  • Etnik Baloch: 6,3 juta jiwa (3,57%)

Ada juga kelompok yang berasal dari etnik minoritas seperti Kalash, Hazara, Balti, Burusho dan Gilgit.

Sebanyak 96% penduduk Pakistan beragama Islam dengan aliran Sunni yang terbanyak, sisanya menganut aliran Ahmadiyyah dan Syiah.

Bahkan, negara Pakistan termasuk negara Islam terbesar di dunia setelah negara Indonesia dan negara India, meskipun begitu masih terdapat agama lain yang diakui di Pakistan yakni Kristen, Hindu, Buddha, Jainisme, Zoroastrianisme dan Baha’i.

Perekonomian Dan Kekayaan Alam Negara Pakistan

Besarnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Pakistan pada tahun 2016 mencapai US$988,2 milyar dan Pendapatan Per Kapita yakni US$5.100. Untuk memperoleh pendapatan negara tersebut, Pakistan mengandalkan berbagai macam industri seperti industri tekstil dan pakaian jadi, farmasi, pengolahan makanan, produk kertas, bahan – bahan konstruksi, dan pupuk.

Tidak hanya itu saja, komoditas pertanian juga turut menyumbang pendapatan negara dengan mengandalkan komoditas seperti kapas, gandum, tebu, sayur – mayur, buah – buahan, tebu, telur, sapi dan kambing. Hampir sebagian besar hasil pertanian tersebut diekspor ke sejumlah negara di dunia.

Kegiatan pertanian yang menjadi sektor utama negera Pakistan tidak terlepas dari kegiatan budidaya yang sangat baik, yakni mempunyai sistem irigasi terbesar di dunia. Selain hasil pertanian, Pakistan juga mengandalkan bahan tambang seperti gas alam (cadangan sebesar 753,8 milyar kubik), minyak bumi (cadangan sebesar 480,9 juta barel), gips, kromium dan sulfur.

Fakta – Fakta Unik Negara Pakistan

  1. Karakoram Highway merupakan jalan internasiolan beraspal tinggi yang hanya terdapat di Pakistan. Jalan raya ini berada diketinggian 15.387 kaki.
  2. Terdapat spesies langka yakni Blind Dolphin yang berada di Sungai Indus. Saat ini keberadaannya terancam punah.
  3. Sistem irigasi yang terdapat di Pakistan adalah yang terbesar di dunia. Negara ini memanfaatkan kanal yang dimilikinya.
  4. Jaringan ambulan terbesar di dunia berada di Pakistan yang dikelola oleh Yayasan Edhi Pakistan dan telah tercantum pada Guinness Book of World.
  5. Intelejen yang dimiliki oleh Pakistan merupakan intelejen terbaik di dunia dan mengalahkan CIA.
  6. Pelabuhan Gwadar merupakan pelabuhan laut dalam terbesar di dunia yang berada di barat daya Laut Arab, sepanjang pantai Balochistan.

Itulah tadi penjelasan mengenai negara Pakistan, semoga dapat bermanfaat.