Negara Bhutan: Karakteristik – Ekonomi Dan Kekayaan Alamnya

Jika ditanya negara apa yang paling bahagia di benua Asia,jawabannya adalah negara Bhutan. Negara yang masuk ke dalam kawasan AsiaSelatan ini mempunyai cara unik untuk mengukur kebahagiaan penduduknyaberdasarkan Gross National Happiness (GNH).

Negara Bhutan termasuk sebuah negara kecil berbentuk kerajaan yang dikenal dengan sebutan Negeri Naga Halilintar atau Guntur. Masyarakat lokal menyebut negara Bhutan sebagai Druk Yul yang berarti Negara Naga, bahkan gambar naga bisa ditemukan pada bendera dan lambang negara Bhutan.

Karakteristik Negara Bhutan

Bisa dikatakan jika negara Bhutan termasuk landlock atau negara pedalaman yang diapit oleh dua negara besar yaitu Republik Rakyat Tiongkok pada bagian utara dan negara India di bagan selatan. Sebagian besar daratan di Bhutan termasuk dataran tinggi dengan iklim yang bervariasi sesuai dengan ketinggian tempat.

Negara yang secara astronomis berada di antara 27oLU– 30oLU dan 90oBT – 30oBT tersebut, mempunyaiiklim subtropis di sisi bagian selatan dan berubah menjadi iklim kutub yangselalu ditutupi oleh salju sepanjang tahun pada sisi bagian utara.

Hal yang menarik dari negara Bhutan yakni mempunyai 5 musimselama satu tahun antara lain

  • musim panas,
  • muson, angin musiman yang terjadi secara periodik yang disertai curah hujan yang sangat tinggi.
  • musim gugur,
  • musim dingin,
  • musim semi.

Wilayah utara Bhutan sebagian besar berada di ketinggianlebih dari 7.000 meter di atas permukaan laut dengan titik tertinggi berada diKula Kangri (7.553 meter). Berdasarkan penelitian, seluruh bagian Kula Kangri masukwilayah Tibet, tidak hanya itu saja penelitian lebih lanjut mengatakan bahwaGangkhar Puensum (gunung tertinggi yang tidak dapat didaki di dunia) mempunyaitingggi sekitar 7.570 meter di atas permukaan laut.

Pada bagian tengah Bhutan terdapat Pegunungan Hitam yangmembentuk badan air dengan dua sistem air utama yaitu Mo Chhu dan Drangme Chhu.Titik tertinggi di pegunungan Hitam berkisar antara 1.500 – 2.700 meter di ataspermukaan laut.

Di bagian selatan kondisi alam diselimuti oleh hutan lebatdan selalu mengalami pergantian daun, lembah sungai, serta pegunungan dengantinggi sekitar 1.500 meter yang disebut sebagai Pegunungan Shiwalik. Pada bagiankaki bukit terdapat dataran Duar yang memiliki iklim subtropis yang sebagianbesar berada di India.

Adapun kota – kota yang terdapat di Bhutan yakni:

  • Jakar, pusat administrasi Distrik Bumthang
  • Mongar
  • Paro, bandara internasional
  • Phuentsholing, pusat perdagangan
  • Samdrup Jongkhar
  • Punakha, ibu kota lama
  • Trashigang
  • Trongsa
  • Thimphu, ibu kota dan kota terbesar di Bhutan.

Penduduk Negara Bhutan

Negara yang memiliki luas wilayah sekitar 38.394 km persegiini, menjadi tempat tinggal bagi sebanyak 760 ribu jiwa. Hampir sebagian besarpenduduk Bhutan menganut kepercayaan Buddha (75,3%) dan sisanya adalah Hindu(22,1%).

Penduduk Bhutan terdiri dari beberapa etnis dengan etnisNgalop sebagai etnis yang paling dominan dan menempati bagian barat Bhutan. Selainitu terdapat pula etnis Sharchop atau dikenal dengan sebutan Orang Timur yangtinggal di sisi timur Bhutan.

Meskipun berada di tempat yang berbeda, kedua etnis tersebutbiasa disebut sebagai orang Bhutan. Sisa penduduk Bhutan yang lainnya berasaldari etnis lain seperti Nepal yang menganut agama Hindu.

Untuk bahasa nasional atau resmi, negara Bhutan menggunakanbahasa Dzongkha yang merupakan satu dari 53 bahasa dalam bahasa Tibet. Untuk tulisanbernama Chhokey (Bahasa Dharma) yangmenjadi ciri khas tulisan Tibet. Meskipun begitu, bahasa Inggris tetapditerapkan di sekolah bahkan saat ini kedudukannya sudah setara dengan bahasaresmi.

Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Bhutan

Kondisi perekonomian negara Bhutan termasuk ke dalamgolongan terkecil di dunia. Meskipun begitu pertumbuhan ekonominya berkembangdengan sangat baik setiap tahunnya. Besarnya Pendapatan Domestik Bruto yangdiperoleh negara ini sebesar US$6,5 milyar di tahun 2016 dengan pertumbuhansebesar 6,2%.

Untuk pendapatan per kapita negaranya sebesar US$8.200,dengan sektor pertanian menjadi perekonomian utama negara Bhutan. Tidak heranjika 58% penduduk Bhutan bekerja sebagai petani.

Beberapa hasil pertanian yang dihasilkan antara lain beras,jagung, umbi-umbian, produk susu, telur, apel, dan jeruk. Sektor pertanianbanyak di lakukan di Bhutan bagian tengah hingga selatan.

Tidak hanya itu saja, Bhutan ternyata juga menjual tenagalistrik menggunakan air (PLTA) kepada India. Dari sektor industri Bhutanmempunyai industri semen, pengolahan buah-buahan, perkayuan hingga pariwisata.

Bhutan juga melakukan kegiatan ekspor barang ke sejumlah negara seperti India, Bangladesh dan negara Filipina dengan komoditas andalan berupa listrik, gips, kapulaga, kerajinan tangan, semen, batu mulia, buah, semen dan rempah-rempah.

Dan barang – barang utama yang diimpor negara ini yakni kendaraan, nasi, mesin hingga gabah dengan bermitra dengan negara Jepang, Austria dan India.

Fakta Negara Bhutan

  1. Kemungkinan nama Bhutan berasal dari bahasaSanskrit yakni Bhotanta yang mempunyai arti “ujung dari Tibet” atau Bhu-attanyang artinya “dataran tinggi”.
  2. Negara Bhutan mendapat julukan sebagai Last Shangri-La karena alam dankebudayaannya masih terjaga hingga saat ini.
  3. Negara ini tidak mempunyai sistem lampu lalulintas, sebab banyak orang merasa keberatan dengan adanya lampu lalu lintas. Untukmensiasatinya terdapat petugas kepolisian bersarung tangan putih untukmentertibkan lalu lintas.
  4. Penduduk Bhutan dilarang melakukan penebanganhutan, membunuh hewan dan menggunakan pupuk kimia.
  5. Banyak rumah di Bhutan memasang gambar alatkelamin pria sebagai simbol mengusir roh jahat serta pembawa keselamatan.Gambar tersebut berasal dari ajaran seorang pendeta bernama Lama Dupa Kinleyyang datang ke Bhutan pada tahun 1455 – 1529, terkenal akan pengajarannya yangkontroversial sehingga dia mendapat julukan sebagai Divine Madman.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai negara Bhutan,negara yang berada di kawasan Asia Selatan. Semoga bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn