Negara Nepal: Karakeristik – Penduduk – Kekayaan Alamnya

Tidak jauh berbeda dengan negara Bhutan, negara Nepal yang memiliki nama resmi Republik Demokratik Nepal sejak tahun 2008, adalah negara yang terkurung di kawasan Asia Selatan dengan kata lain dikenal dengan istilah negara pedalaman. Negara Nepal adalah satu – satunya negara yang mempunyai bentuk bendera paling unik di dunia yakni dua buah segitiga siku-siku.

Asal mula nama Nepal berasal dari kata “Nepa” yakni nama Kerajaan Newar, dan di dalam bahasa Sansekerta dan prasasti periode Gupta disebut dengan nama Nepala. Berdasarkan perangkat neolitik yang berhasil ditemukan pada Lembah Kathmandu didapatkan hasil bahwa manusia sudah hidup dan tinggal di Himalaya sejak 11.000 tahun yang lalu.

Karakteristik Negara Nepal

Jika diperhatikan, daratan negara Nepal hampir membentuk segi empat dengan panjang 650 km dan lebar 200 km. Sedangkan luas dari negara Nepal sekitar 147.181 km persegi, cukup kecil namun memiliki bentang alam yang bervariasi, mulai dari Pegunungan Himalaya di utara hingga Terai di bagian selatan.

Sebagian besar wilayah negara Nepal dikelilingi oleh negara India (sisi timur, selatan dan barat) dan hanya Republik Rakyat Tiongkok saja yang berada di bagian utara. Negara Nepal memang tidak berbatasan dengan negara Bangladesh namun dipisahkan oleh tanah dengan lebar 24 km yang dikenal dengan nama Leher Ayam.

Negara Nepal yang berada di antara 26oLU – 31oLU dan 80oBT – 89oBT, terbagi menjadi tiga wilayah antara lain pegunungan, bukit, dan dataran rendah atau Terai. Terai di Nepal adalah bagian dari Dataran Rendah Indo-Gangga yang dialiri oleh sungai Narayani, sungai Kosi dan sungai Karnali.

Bahkan negara Nepal memiliki 7 gunung yang masuk ke dalam daftar 10 gunung tertinggi di dunia tepatnya berada di perbatasan RRT seperti Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia, ada pula gunung Cho Oyu, Kangchenjunga, Lhotse, Makalu, Annapurna, Dhaulagiri dan Manaslu.

Nepal dengan ibu kota di Kathmandu, memiliki 14 zona dan 75 distrik yang dikelompokan dalam 5 distrik:

  • Barat Jauh
  • Barat Tengah
  • Barat
  • Pusat
  • Timur

Penduduk Negara Nepal

Diperkirakan ada sekitar 29 juta penduduk yang menempati negara Nepal yang sebagian besar beragama Hindu (81,3%), Budhha (9%), Islam (4,4%) dan agama lainnya. Pada sensus tahun 2011 diketahui ada sejumlah etnik yang tinggal di Nepal dengan kelompok etnik terbesar yaitu:

  • Chhetri (16,6%)
  • Bahun (12,2%)
  • Magar (7,1%)
  • Tharu (6,6%)
  • Tamang (5,8%)
  • Newar (5%)
  • Dan lain-lain

Untuk bahasa resmi negara ini yakni bahasa Nepali, banyak juga masyarakat yang menggunakan lain untuk berkomunikasi seperti bahasa Bhojpuri, Tharu, Maithili, Nepal Bhasa, Magar, Tamang, Doteli dan Urdu. Karena negara Nepal semakin berkembang, tidak heran jika beberapa masyarakatnya juga bisa berbahasa Inggris, India, Cina dan Perancis.

Perekonomian Negara Nepal

Pada tahun 2018, negara Nepal memperoleh GDP sebesar US$28,8 milyar dengan pertumbuhan sebanyak 6,3%. Bahkan diperkirakan di tahun 2019 terjadi kenaikan menjadi 7,1%, tidak heran jika negara Nepal menjadi salah satu negara di dunia yang mengalami pertumbuhan tercepat.

Nepal mengandalkan kegiatan pertanian sebagai sumber pendapatan negara dengan menghasilkan produk seperti padi, gandum, jagung, minyak biji-bijian, kentang, tebu tambakau, susu dan daging.

Selain itu, negara ini juga mengandalkan sektor industri termasuk seperti pariwisata, karpet, tekstil, semen, rokok, gula, jute dan pengolahan minyak yang berasal dari biji-bijian.

Sebagai salah satu mitra utama negara Nepal, India menjadi negara yang menerima barang – barang dari Nepal berupa garmen, obat – obatan, kulit, kerajinan tangan, tanaman obat, dan produk kertas. Sedangkan untuk kegiatan impor, Nepal banyak mengimpor furnitur, produk setengah jadi dan bahan mentah dari industri kayu, berbagai macam mesin, pupuk kimia, elektronik, petrolium, emas dan garmen.

Kekayaan Alam Negara Nepal

Negara Nepal termasuk negara dengan diversitas yang cukup besar untuk tanaman dan hewannya. Terjadi perbedaan yang cukup signifikan populasi hewan dan tumbuhan saat berada di ketinggian antara 60 meter di atas permukaan laut (Terai) hingga 8.848 m (puncak Gunung Everest).

Di Nepal bagian timur kaya akan keanekaragaman hayatinya, sebab wilayah ini sering turun hujan jika dibandingkan barat yang bertipe gurun arktik atau dataran tinggi. Hutan miliki Nepal seluas 59.624 km persegi dengan 35 tipe hutan serta 118 ekosistemnya yang menjadi tempat tinggal bagi 2% bunga, 3% paku-pakuan serta 6% golongan lumut.

Nepal juga menjadi tempat tinggal bagi hewan:

  • Burung (8,9%)
  • Mamalia (4%)
  • Amfibi (1,9%)
  • Ikan (3,7%)
  • Reptil (1%)
  • Kupu-kupu (3,7%)
  • Laba-laba (0,4%)

Fakta – Fakta Negara Nepal

  1. Sektor pariwisata yang terkenal di Nepal yakni pendakian Gunung Everest. Setiap tahun, Nepal didatangi para pendaki yang berasal dari berbagai negara untuk mendaki gunung tertinggi tertinggi di dunia.
  2. Kota terbesar dan juga ibu kota Nepal yaitu Kathamandu menjadi tempat tinggal bagi sekiar 1 juta penduduk. Kota ini memiliki kondisi udara yang tidak baik karena penuh dengan debu akibat kondisi lingkungannya yang memang kering dan berdebu, tidak heran jika banyak orang mengenakan penutup wajah.
  3. Salah satu makanan tradisional Nepal bernama Dhido yang bisa ditemukan di wilayah pegunungan. Dhido merupakan puding yang terbuat dari gandum atau jagung.
  4. Penduduk Nepal menyebut gunung Himalaya dengan nama Sagarmatha yang mempunyai arti dahi langit. Sedangkan masyarakat Nepal Timur memiliki julukan lain yaitu Chomolungma yang artinya Dewa Ibu Dunia.
  5. Di Nepal terdapat salah satu situs Warisan Dunia UNESCO yaitu Lumbini yang merupakan tempat lahirnya Siddhara Gautama. Lumbini menjadi tempat favorit wisatawan mancanegara saat sedang berkunjung ke Nepal.

Sekian penjelasan tentang negara Nepal. Semoga bisa menambah wawasan Anda.