Oasis : Terbentuknya – Manfaat – Contoh Oasis Terkenal di Dunia

Gurun pasir adalah suatu bentang alam atau bentuk permukaan Bumi yang berupa hamparan pasir yang sangat luas dan tentu saja jumlah pasirnya banyak sekali. Bioma Gurun pasir ini juga merupakan tempat yang sangat kering dan sedikit sekali memperoleh curah hujan. Oleh karena itulah gurun pasir merupakan tempat yang sangat panas dan juga sangat terik dengan sangat minim pepohonan yang dapat hidup karena tidak bisa bertahan. Beberapa pohon yang mungkin bisa tumbuh di daerah padang pasir diantaranya adalah kurma, kaktus dan beberapa jenis palm serta rumput liar. Selebihnya sulit bagi tumbuhan untuk dapat bertahan hidup di padang pasir dalam waktu yang lama.

Bahkan tidak hanya tumbuhan, binatang serta manusia pun juga sulit untuk bertahan hidup di daerah padang pasir. Hanya spesies binatang tertentu yang dapat hidup seperti unta, beberapa jenis serangga, ular, tikus, atau beberapa jenis burung tertentu. Sementara manusia akan sangat sulit bertahan hidup di padang pasir dalam waktu yang lama tanpa adanya mata air dan sumber makanan.

Oleh sebab itulah maka daerah padang pasir amatlah dijauhi untuk digunakan sebagai tempat pemukiman. Biasanya manusia akan memilih berada di sekitar sumber air. Tidak heran jika padang pasir hanyalah tempat singgah sementara karena kepentingan perjalanan. Dalam perjalanan pun para musafir akan sangat perlu untuk menemui oasis di tengah- tengah padang pasir. Apakah itu oasis? Yuk mari kita akan bahas bersama- sama.

oasisPernahkah Anda mendengar kata “oase”? ya, mungkin kata oase terdengar lebih familiar di telinga kita. namun sejatinya oasis sama dengan oase. Kata ‘oasis’ sendiri diambil dari Bahasa Latin yang berasal dari bahasa Yunani Kuno. Dalam bahasa Koptik disebut dengan ‘wahe’ atau ‘oahe’ yang artinya tempat tinggal.

Oke, dalam ilmu geografi, oasis atau oase merupakan daerah yang subur dan terpencil yng berada di tengah- tengah gurun. Atau kita juga bisa menyebutnya mata air di tengah padang pasir. Hal ini karena pada umumnya oase memang mengelilingi sebuah mata air. Oasis merupakan daerah yang subur, dan memiliki beberapa pepohonan yang ada di sekitarnya. Bahkan apabila oasis ini meliputi wilayah yang besar, tidak menutup kemungkinan bahwa oasis ini merupakan habitat bagi berbagai binatang dan tumbuhan serta tempat tinggal bagi manusia.

Bagaimanakah sebenarnya proses terjadinya oasis sehingga terciptalah mata air di tengah- tengah padang pasir? Jadi, oasis dapat terbentuk oleh sungai bawah tanah atau akuifer dimana air dapat mencapai permukaan melalui tekanan alamiah atau karena sengaja dibuat oleh manusia. hujan atau badai yang sering datang sesaat merupakan sumber mata air. Lapisan bawah yang tersusun atas batuan tidak berpori menyebabkan air terjebak dalam suatu kantong atau penyimpanan bawah tanah. Kemunculan air- air ini sering dimanfaatkan burung- burung yang bermigrasi dan kemudian menjatuhkan bibit- bibit berbagai pohon hingga terbentuklah oasis.

Oasis memiliki manfaat yang sangat banyak. Diantaranya adalah sebagai sumber mata air di daerah kering seperti gurun. Oasis juga merupakan tempat tinggal bagi berbagai makhluk hidup seperti tumbuhan dan juga binatang. Bagi musfir, oasis seperti obat yang bisa menyembuhkan dehidrasi setelah melakukan perjalanan panjang.

Di dunia ini ada beberapa oasis yang terkenal akan keindahan alamnya bak sebuah keajaiban di tengah kekeringan. Diantaranya adalah:

  1. Oasis Timia di Nigeria
  2. Oasis Huachachina di Peru
  3. Oasis Maranhao di Brazil
  4. Oasis Chebika di Tunisia
  5. Oasis Herðubreiðarlindir di Islandia
  6. Danau Ubari di Libya
  7. Oasis Turpan di China
  8. Oasis Zis di Maroko
  9. Crescent Lake di China
  10. Havasu Falls di Amerika

Itulah beberapa oasis yang terkenal di dunia. Oasis ini bagai tempat yang menakjubkan dan memikat banyak wisatawan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi