Wadi : Terbentuknya – Manfaat – Contoh

Planet Bumi merupakan planet yang memiliki permukaan berupa daratan dan juga perairan. Bumi tidak halus namun memiliki bentuk permukaan yang tidak rata baik yang tampak di daratan maupun yang tertutup oleh perairan. Bentuk permukaan Bumi yang tidak rata inilah yang menyebabkan adanya perbedaan ketinggian suatu tempat.

Ada bentuk permukaan yang sangat tinggi disebut dengan gunung, ada pula yang sangat rendah disebut dengan jurang, ada yang landai sehingga disebut sebagai dataran rendah atau lembah dan lain sebagainya. Yang kita lihat di daratan pun juga sama dengan yang berada di bawah perairan. Perbedaan keduanya hanyalah tertutup oleh air dan berada di kawasan yang lebih rendah daripada daratan.

wadiSebagai contoh di darat ada gunung, di bawah laut pun juga ada gunung. Dan lain sebagainya, di bawah laut juga ada jurang, ada lembah, ada pegunungan dan lain sebagainya. Nah salah satu bentuk kenampakan muka Bumi di daratan dikenal dengan nama Wadi. Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan nama wadi karena di wilayah Indonesia sendiri hampir tidak ditemui wadi atau jumlahnya sangat sedikit. baik kali ini kita akan membahas mengenai wadi, supaya kita lebih paham.

Mari kita mulai eksplorasi kita tentang wadi dimulai dari pengertian terlebih dahulu. Kata Wadi sendiri berasal dari Bahasa Arab yaitu palung sungai yang kering yang hanya mengandung air ketika hujan lebat. Palung sendiri merupakan cekungan yang sangat dalam dan curam yang berada di bawah laut. Namun wadi ini merupakan palung dari sungai yang kering, sehingga tidak terisi oleh air kecuali setelah adanya hujan lebat yang kemudian air tertampung di dalam palung sungai tersebut. Seperti kita ketahui bersama bahwa di negara timur tengah memang banyak ditemukan sungai yang kering karena karakteristik wilayahnya.

Sebenarnya proses pembentukan cekungan yang ada di sungai ini bisa terjadi karena berbagai proses perubahan alam. Terlebih apabila di sekitarnya merupakan batuan. Proses fisika, kimia maupun lainnya sedikit banyak sangat memungkinkan batuan berubah bentuk, sehingga kemudian ada yang berupa cekungan di sungai. Setelah itu, terisinya air di palung sungai yang kering atau wadi ini juga dilakukan oleh proses alam yakni melalui hujan lebat yang menyebabkan airnya tertampung di dalam palung tersebut. Air yang datang bisa secara tiba- tiba sehingga menyerupai banjir bandang. Maka dari itulah tidak diperkenankan bagi manusia untuk melalui wadi yang luas karena air bah bisa datang secara tiba- tiba sehingga menimbulkan banyak korban jiwa.

Meskipun sedikit berbahaya, namun wadi memyimpan banyak manfaat. Di daerah timur tengah, bahkan banyak wadi yang dikaitkan sebagai pusat populasi manusia karena merupakan daerah yang kaya akan persediaan air tanah. Dengan demikian kita mengetahui bahwa manfaat dari wadi untuk manusia adalah sebagai tempat penyedia air tanah yang jumlahnya mungkin saja hanya terbatas. Dengan adanya air tanah maka kebutuhan masyarakat akan lebih terpenuhi.

Ada banyak contoh wadi yang sebagian besar atau rata- rata berada di daerah yang kering. Beberapa contoh wadi terkenal di dunia antara lain adalah:

  • Wadi Al- Hagarah, Spanyol
  • Wadi Alei
  • Wadi Alfa
  • Wadi Allaqi, Mesir
  • Wadi Allaqi, Sudan
  • Wadi Al’ Mujib, Yordania
  • Wadi Alqu, Sudan
  • Wadi Kufra, Libya
  • dll

Nah itulah beberapa contoh wadi yang ada di dunia yang notabene terletak di kawasan timur tengah. Sekian penjelasan mengenai wadi. Semoga bermanfaat untuk kita semua

, , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!