Ini Kota Terpadat di Kalimantan dan Karakteristiknya

Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia atau paling luas di Indonesia. Di dunia internasional, pulau ini memiliki nama Borneo. Pulau Kalimantan terdiri dari tiga negara yakni Indonesia yang porsinya paling besar, kemudian Malaysia dan juga Brunei Darussalam. Namun meskipun luas, pulau Kalimantan bukanlah pulau yang padat penduduknya. Kebanyakan wilayah pulau Kalimantan terdiri dari hutan hujan tropis. Keberadaan hutan hujan tropis di Kalimantan memang sangat penting karena sebagai paru- paru dunia, dimana hutan sebagai sumber daya alam yang sangat penting.

Indonesia sebagai negara berkembang tentulah memiliki banyak masalah. Salah satu permasalahan yang dihadapi Indonesia adalah adanya ketimpangan jumlah penduduk di berbagai wilayah. Ketidakmerataan jumlah penduduk menyebabkan timbulnya wilayah yang terlalu padat dan kumuh, selain itu kemiskinan juga berkembang pesat. Dengan adanya masalah demikian maka pemerintah Indonesia mulai mencanangkan program transmigrasi bagi masyarakat yang berada di pulau padat, seperti Pulau Jawa untuk pindah ke pulau yang belum banyak penduduknya seperti Kalimantan.

Di Kalimantan, para transmigran akan mendapatkan tempat tinggal dan juga lahan untuk diolah sebagai usaha pertanian. Maka dari itulah sekarang Kalimantan mulai menjadi Pulau yang banyak penduduknya. Salah satu kota yang paling padat di Kalimantan adalah Kota Samarinda, yang merupakan ibukota Kalimantan Timur.

Samarinda merupakan ibukota dari Provinsi Kalimantan Timur. Kota Samarinda adalah kota yang terkenal dengan produk sarungnya, yakni sarung Samarinda yang memiliki motif khas. Samarinda merupakan kota yang memiliki penduduk terbanyak di Pulau Kalimantan. Pada sensus penduduk tahun 2015, tercatat jumlah penduduk Kota Samarinda adalah sebanyak 883.838 jiwa. Perkembangan kota Samarinda tentunya juga berdampak seiring dengan bertambahnya penduduk ini.

Sebagian penduduk kota Samarinda merupakan penduduk pendatang yang datang dari beberapa wilayah di Indonesia atau bahkan dari luar Indonesia. Seperti yang kita tahu sekarang ini arus imigrasi mulai meninggi sehingga memungkinkan penduduk suatu negara pindah ke negara lain. Selain menjadi lebih ramia, roda perekonomian di Kota Samarinda tentunya juga ikut berkembang. Hal ini karena para pendatang kebanyakan merupakan pelaku bisnis, sehingga searang semakin mudah menemukan barang- barang yang dulunya hanya dijual di Ibukota.

Kota Samarinda adalah salah satu kota besar yang ada di Kalimantan. Kota ini juga merupakan ibukota dari Kalimantan Timur. Adapun beberapa informasi dari kota Samarinda antara lain sebagai berikut:

  • Luas wilayah : 718 km²
  • Hari jadi : 21  Januari 1668
  • Penduduk (suku) : Kutai, Banjar, Dayak, Bugis, Jawa, Toraja, Sunda, Minang, dan Tionghoa Buton
  • Fauna Resmi : Pesut Mahakam
  • Jumlah Kecamatan : 10
  • Jumlah Kelurahan : 59

Itulah beberapa informasi mengenai Kota Samarinda. Kota Samarinda juga memiliki karakteristik wilayah tertentu, terlebih mengenai keadaan geografisnya.

Kota Samarinda merupakan kota yang berada di wilayah Kalimantan, tentu hal ini membuat kota ini memiliki iklim tropis. Iklim tropis Kota Samarinda adalah tropis basah, dimana hujan turun sepanjang tahun.temperatur udara rata- rata antara 20 derajat Celcius hingga 34 derajat Celcius. Rata- rata curah hujan per tahun adalah 1980 mm. kelembaban udara rata- rata adalah 85%. Samarinda memiliki banyak wisata alam, diantaranya adalah air terjun dan juga hutan yang luas dan bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Kota Samarinda, semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial