Karakteristik Hingga 9 Fakta Negara Qatar

Karakteristik Negara Qatar

Siapa yang tidak kenal dengan negara satu ini. Negara emirat yang berada di kawasan Timur Tengah, terletak di sebuah semenanjung kecil Jazirah Arab, Asia Barat. Negara Qatar hanya memiliki batasan darat dengan Arab Saudi yang berada di sisi selatan. Sedangkan batasan lainnya hanya berbatasan dengan Teluk Persia, di mana teluk tersebut juga memisahkan negara Qatar dengan pulau Bahrain.

Negara yang memiliki ibu kota bernama Doha ini menggunakan bahasa resmi yakni bahasa Arab serta menganut sistem monarki absolut di pemerintahannya. Negara Qatar sempat dijajah oleh bangsa Inggris dan berhasil merdeka pada tanggal 1 September 1971 namun baru diakui pada tanggal 3 September 1971. Sejak saat itu, negara ini dipimpin oleh Keluarga Thani (dari awal abad ke-19) dengan Syekh Jassim bin Mohammad Al Thani yang merupakan pendiri negara Qatar.

Panjang dari daratan Qatar hanya sekitar 160 km atau lebih kecil dari negara bagian Connecticut yang berada di Amerika Serikat. Bisa dikatakan jika negara Qatar sebagian besar berupa gurun pasir dengan tempat tertinggi berada di Jabal Dukhan. Meskipun begitu Qatar kaya akan sumber daya alamnya berupa minyak bumi dan gas alam.

Fakta – Fakta Negara Qatar

  1. Dahulu Sempat Menjadi Negara Miskin

Sebelum terkenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia, negara Qatar yang sebuah negara kecil yang gersang. Negara ini hanya mengandalkan sektor perikanan, budidaya kerang mutiara hingga peternakan. Ketiga sektor tersebut cukup untuk menunjang perekonomian negara yang memiliki luas 11,5 ribu kilometer persegi tersebut.

Sejak ditemukan minyak bumi di daerah Dukhan di tahun 1939, perlahan perekonomian negara Qatar mengalami perubahan besar – besaran dan terkenal sebagai salah satu negara pengekspor minyak bumi dan gas alam terbesar di dunia.

Bahkan dalam sehari negara ini dapat memproduksi minyak sebanyak 1,2 barel per hari. Hal itu pulalah yang menjadikan Qatar sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Tidak heran jika pendapatan per kapita Qatar mencapai Rp1,7 milyar per tahunnya.

  1. Mudahnya Mencari Pekerjaan

Jika di Indonesia sebagian besar mahasiswa yang baru lulus akan sibuk mencari pekerjaan, hal tersebut tidak berlaku di negara Qatar. Mahasiswa yang baru lulus serta memiliki kualitas akan langsung mendapatkan tawaran pekerjaan dari beberapa perusahaan.

Ditambah jika mahasiswa tersebut adalah orang asli Qatar, jadi tidak heran jika tidak ada pemuda di Qatar yang sempat mengalami pengangguran. Bahkan untuk satu penawaran kerja saja, setidaknya ada lebih dari 5 perusahaan yang bisa dipilih.

  1. Tidak Perlu Membayar Pajak Penghasilan

Di negara Qatar, masyarakat tidak harus membayar pajak terutama pajak penghasilan. Pembebasan pajak ini juga berlaku untuk para pekerja asing yang tinggal dan bekerja di Qatar. Pemberlakukan pajak hanya terjadi kepada para perusahaan dan event komersil, dan jumlah pajak yang harus dibayar tidak terlalu besar.

Tidak heran jika negara Qatar menjadi salah satu negara di dunia yang sedikit melakukan pajak terhadap masyarakatnya. Hal ini bisa disebabkan karena negara ini termasuk kaya sehingga pajak bukanlah hal yang penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

  1. Jam Kerja Standar Dengan Gaji Besar

Hampir sebagian besar perusahaan tidak menuntut lebih kepada para pekerjanya untuk melakukan tanggung jawab terhadap pekerjaannya. Tidak hanya itu saja, para pekerja juga mendapatkan cuti selama 24 hari untuk level staff biasa dan itu belum termasuk cuti di hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Sedangkan saat bulan Ramadhan, para pekerja akan bekerja selama setengah hari saja.

Hal yang paling menarik yaitu, gaji untuk para pekerjanya di mana untuk level bawah besarnya gaji yang diperoleh bisa dua kali lipat negara lain. Semakin profesional dan banyak pengalamannya maka semakin tinggi gaji yang diterima. Bahkan itu belum termasuk tunjangan – tunjangan yang diberikan oleh perusahaan, bahkan tunjangan yang paling besar berupa pemberian fasilitas rumah lengkap dengan isinya.

  1. Akan Menjadi Tuan Rumah FIFA Cup 2022

Ajang sepak bola dunia untuk tahun 2022 akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di kawasan Timur Tengah tepatnya di negara Qatar. Biasanya penyelenggaraan FIFA CUP diadakan pada musim panas yakni sekitar bulan Juni, FIFA CUP 2022 akan diadakan pada bulan November atau Desembar.

Hal ini disebabkan saat musim panas suhu di Qatar sangat panas dan mencegah terhambatnya pelaksanaan pertandingan. Untuk mewujudkannya, pemerintah Qatar terus berusaha dalam melakukan pembangunan di segala sektor, termasuk membangun beberapa stadion.

  1. Memiliki Maskapai Penerbangan Terbaik Di Dunia

Negara Qatar sadar jika sumber daya alam yang mereka miliki bisa habis dan untuk itu mereka membangun sebuah maskapai penerbangan yang sudah mendapatkan status five star airlines  dari Skytrax yakni Qatar Airways.

Tidak heran jika maskapai tersebut berhasil mendapatkan penghargaan World’s Best Airlines di tahun 2011 dan 2012. Hingga saat ini maskapai Qatar Airways telah melayani sebanyak 150 rute penerbangan internasional.

  1. Teh Karak Menjadi Minuman Populer

Sebagian besar orang pasti gemar meminum teh, termasuk masyarakat Qatar. Minuman populer di negara ini bernama teh karak. Teh karak tidak jauh berbeda dengan teh tarik yang sudah kita kenal selama ini, namun yang membedakannya yaitu campuran teh dan susu tersebut ditambah dengan bahan rempah – rempah sehingga memberikan rasa yang unik dan khas. Ada banyak kedai teh karak yang menjual teh ini jadi tidak terlalu sulit mendapatkan teh karak di Qatar.

  1. Terdapat Perlombaan Unta

Dahulu Unta banyak dimanfaatkan sebagai alat transportasi popular di Timur Tengah. Di Qatar justru unta dijadikan ajang perlombaan dan hiburan yaitu balap unta. Perlu diingat jika tidak semua orang dapat berpartisipasi dan hanya kalangan elit saja yang bisa bergabung.

Dahulu balap unta ditunggangi oleh anak – anak, namun hal tersebut dilarang dengan alasan keselamatan. Saat ini peraturan baru dibuat dengan menggunakan robot kecil yang dapat dikendalikan jarak jauh sebagai pengganti joki anak – anak.

  1. Populasi Wanita Paling Sedikit

Meskipun dikenal sebagai negara terkaya, ternyata Qatar juga memiliki masalah lain yakni jumlah populasi wanita yang sedikit. Dengan tingkat perbandingan sekitar 3,41 banding 1. Hal ini disebabkan karena banyaknya jumlah imigran pria yang berasal dari beberapa negara, terutama para pekerja pria yang saat ini sedang bekerja untuk mempersiapkan FIFA CUP 2022.

Itulah tadi beberapa fakta negara Qatar yang perlu diketahui. Tingkat kesejahteraan yang tinggi serta jaminan pekerjaan yang baik membuat banyak imigran tertarik untuk bekerja di Qatar. Apakah Anda tertarik untuk bekerja di Qatar?