Uni Emirat Arab: Karakteristik – Penduduk – Kekayaan Alam

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengannegara monarki bernama Uni Emirat Arab. Uni Emirat Arab sendiri merupakannegara federasi yang berasal dari tujuh emirat dengan minyak bumi sebagaiandalannya, ketujuh emirat tersebut antara lain Abu Dhabi, Dubai, Ajman,Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain, bahan di sini jugamenjadi tempat bangunan tertinggi di dunia, yaitu Burj Khalifa.

Karakteristik Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab merupakan sebuah negara yang berada di AsiaBarat Daya atau Timur Tengah serta dikelilingi oleh Teluk Persia dan Teluk Omandengan luas wilayah mencapai 83.600 km persegi. Karena berbatasan dengan TelukOman dan Teluk Persia, negara ini memiliki garis pantai terpanjang di kawasantenggara Semenanjung Arab yakni 644 km.

Secara astronomi Uni Emirat Arab berada di antara 22o50– 26oLU dan 51o – 56o25 BT. Sedangkan batasanwilayahnya antara lain:

  • Bagian utara berbatasan: Teluk Arab, Laut Arab dan Negara Iran
  • Bagian selatan berbatasan: Negara Arab Saudi dan Negara Oman
  • Bagian timur berbatasan: Teluk Oman dan Negara Oman
  • Bagian barat berbatasan: Arab Saudi

Kondisi alam Uni Emirat Arab termasuk unik, di bagian utara banyak ditemukan rawa-rawa dan terdapat Gunung Hajar yang menjadi titik tertinggi di Uni Emirat Arab. Sedangkan di bagian selatan banyak ditemukan oasis kecil yang dikelilingi oleh gurun pasir dan salah satu oasis terbesar bernama Buraymi, terletak di perbatasan Oman.

Di sisi timur terdapat pula pegunungan yang menjadi pembatasalami antara Uni Emirat Arab dengan negara Oman. Untuk bagian barat, kondisialam yang berbatasan langsung dengan laut terdapat beberapa pelabuhan alami diDibbah, Kalbah dan Fakhan.

Bahkan Uni Emirat Arab mempunyai ratusan pulau kecil yangterdapat di empat emirat, antara lain:

  • Emirat Abu Dhabi: terdapat 200 pulau yangdigunakan untuk konservasi binatang langka.
  • Emirat Sharjah: Pulau Abu Al Abyadh, Pulau Das,Pulau Abu Mousa dan Sir Bu Nair.
  • Emirat Umm Al-Quwain: Pulau Al Jazira AlSyaniyah.
  • Emirat Ras Al Khaimah: Pulau Lesser Tunb, PulauGreater Tunb, Pulau Al Hamra.

Iklim Uni Emirat Arab termasuk gersang dan panas, di kawasanpesisir kelembaban udara cukup tinggi jika dibandingkan dengan kawasan pedalamanyang kering. Sedangkan suhu udara di bagian pegunungan termasuk rendah dengancurah hujan yang tinggi jika dibandingkan dengan wilayah di sekitar, meskipunbegitu rata – rata curah hujan di Uni Emirat Arab hanya sekitar 30 mm pertahun.

Musim di negara ini hanya terbagi 2 jenis yakni musim panasdan musim dingin.

  • Musim panas: bulan April – Sepetember (35oC– 45oC) dengan suhu tertinggi (47oC – 52oC)pada bulan Juli – Agustus.
  • Musim dingin: bulan November – Maret (12oC– 26oC) dengan suhu terendah (5oC – 7oC) padabulan Januari – Februari.

Penduduk Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab memiliki jumlah penduduk sekitar 9,3 jutajiwa yang terdiri atas beragam etnis bahkan penduduk asli UEA jauh lebihsedikit dibandingkan dengan jumlah pendatang (85%) yang menetap di UEA. Para pendatangtersebut sebagian besar berasal dari Asia Selatan sedangkan masyarakat pribumimerupakan keturunan dari Persia.

Tidak heran jika tingkat migrasi negara ini cukup tinggi didunia yakni sekitar 21,71 persen, bahkan berdasarkan hukum UEA ekspatriat dapatmengajukan diri untuk menetap selama 20 tahun di UEA dengan syarat tidak pernahterlibat tindak kriminal dan fasih berbahasa Arab.

Berdasarkan data, penduduk Uni Emirat Arab terdiri atas:

  • Penduduk asli UEA: 19%
  • Bangsa Arab: 23%
  • Bangsa Asia Selatan: 50%
  • Lain – lainnya: 8%

Agama Islam adalah agama terbesar di Uni Emirat Arab. Bahkanpemerintah setempat menunjuk kepolisian untuk menjaga toleransi beragama dantidak ikut campur dalam aktifitas keagamaan non-Muslim, hal serupa juga berlakuuntuk warga non muslim untuk tidak ikut campur kepentingan agama muslim.

Untuk bahasa resmi Uni Emirat Arab yakni bahasa Arab. Namun bahasaInggris mulai sering digunakan terutama untuk percakapan sehari – hari bahkanjuga digunakan untuk melamar pekerjaan.

Kekayaan Alan Dan Ekonomi Uni Emirat Arab

Kekayaan alam terbesar Uni Emirat Arab berupa minyak bumiyang menyumbang sekitar 3,3% minyak dunia, 90% berada di Abu Dhabi. Selain itusumber daya alam yang lain berasal dari gas alam, alumunium, dan sulfur.

Perekonomian Uni Emirat Arab termasuk terbesar di kawasanAsia Barat, bahkan Pendapatan Domestik Bruto mencapai US$340,8 milyar di tahun2015, hal ini tidak terlepas dari pemerintah yang telah berhasil melakukandiversifikasi beberapa sektor, namun tetap Uni Emirat Arab tetap mengandalkanminyak sebagai pendapatan utama.

Di kawasan Abu Dhabi, minyak dan gas alam menjadi andalanemirat ini. Sedangkan untuk Dubai, mereka sadar jika wilayahnya memiliki sumberdaya alam yang sedikit jika dibandingkan dengan emirat lainnya, sehingga Dubailebih berani melakukan divesifikasi untuk meningkatkan perekonomiannya.

Selain minyak bumi, pariwisata menjadi andalan utama yanglain bagi Uni Emirat Arab. Tidak heran jika saat ini sudah tersedia banyakhotel paling mewah di dunia. Selain itu, UEA juga pembangunan yang cepat,manufaktur yang berkembang dan juga peningkatan di sektor jasa juga memberikankemajuan bagi ekonomi UEA.

Fakta Menarik Uni Emirat Arab

  1. Uni Emirat Arab termasuk negara dengan perkembangan arsitektur yang luar biasa. Bahkan pemerintah membangun negara ini menjadi paling modern, infrastruktur terlengkap, hingga layanan kesehatan yang terbaik.
  2. Dubai berada di posisi ketiga sebagai kota dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia.
  3. Dubai tidak memiliki sistem alamat, kode pos ataupun kode area. Sehingga untuk mengirim paket harus ditulis secara lengkap dan benar tentang petunjuk rumah yang dimaksud.
  4. Gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa terinspirasi dari bunga Yunani yakni Hymenollis yang memiliki arti Selaput Indah Yunani. Gedung ini dibangun oleh perusahaan Korea Selatan yakni Samsung Enginering and Construction.
  5. Dubai membangun pulau buatan dan sangat terkenal bernama Pulau-pulau Dunia yang terletak di tengah laut.
fbWhatsappTwitterLinkedIn