Negara Denmark: Karakteristik, Ekonomi dan Fakta Menariknya

Negara Denmark atau secara resmi mempunyai nama Kerajaan Denmark merupakan sebuah negara nordik paling kecil yang terletak di bagian paling selatan Semenanjung Skandinavia, Eropa Utara. Wilayah kekuasaan Denmark meliputi Kepulauan Fyn (Funen), semenajung di Jerman Utara (Jylland atau Jutlandia), Zealand, Vendsyssel-Thy, Lolland, Bornholm, Falster, dan ratusan pulau kecil yang disebut Kepulauan Denmark.

Karakteristik Negara Denmark

Negara Denmark beribu kota di Kopenhagen ini memiliki luas wilayah sekitar 43.094 km persegi. Berbeda dengan negara lain yang berada di Eropa, dapat dikatakan jika negara ini termasuk sebagai negara kepulauan.

Titik paling utara Denmark berada di Skagen atau pantai utara Skaw yakni 57o 45’ 7” lintang utara, sedangkan titik paling selatannya terletak di Gedser atau ujung selatan Falster yakni 54o 33’ 35” lintang utara.

Pada titik paling timur Denmark terletak di Østerskær di titik 15o 11’ 55” bujur timur yang merupakan Kepulauan Ertholmene sekitar 18 km timur laut Bornholm. Titik paling baratnya terletak di Blåvandshuk dengan titik 8o 4’ 22” bujur timur.

Tidak banyak negara yang berbatasan dengan negara Denmark sebab negara ini diapit oleh dua lautan. Berikut batas-batas wilayah Denmark:

  • Sisi barat berbatasan dengan: Laut Utara
  • Sisi timur berbatasan dengan: Laut Baltik
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Negara Jerman (satu-satunya yang berbatasan darat)
  • Sisi utara berbatasan dengan: Negara Norwegia
  • Sisi timur laut berbatasan dengan: Negara Swedia

Denmark termasuk negara datar dengan sedikit elevasi bahkan tinggi rata-ratanya sekitar 31 meter di atas permukaan laut. Titik tertingginya berada di Møllehøj dengan tinggi 170,86 mdpl. Selain itu, Denmark masih memiliki beberapa bukit kecil seperti Yding Skovhøj (170,77 m) di sebelah barat daya Århus dan Ejer Bavnehøj dengan tinggi 170,35 m.

Iklim yang dimiliki Negara Denmark termasuk ke dalam iklim sedang. Musim dingin yang tidak terlalu dingin dengan rata-rata suhu udara mencapai 0 derajat celcius pada bulan Januari – Februari. Sedangkan ketika musim panas tiba akan terasa dingin dengan suhu rata-rata pada bulan Agustus mencapai 15,7 derajat celcius.

Musim gugur adalah musim paling basah di Denmark sangat berbeda ketika musim semi tiba. Curah hujan di Denmark ada sekitar 121 hari dengan rata-rata 712 mm per tahun.

Panjangnya waktu siang dan malam di Denmark cukup bervariasi hal ini disebabkan karena lokasinya yang berada di bagian utara bumi. Saat musim panas matahari mulai terbit pada pukul 02.15 dan terbenam di pukul 22.00. Sedangkan ketika musim dingin tiba, matahari terbit pada pukul 09.00 dan terbenam pada pukul 16.00.

Penduduk Negara Denmark

Jumlah populasi penduduk Denmark di tahun 2019 ada sekitar jiwa. Sebagian besar penduduknya tinggal di wilayah perkotaan. Penduduk asli negara Denmark adalah etnis Denmark atau Danes yang merupakan etnis terbesar di negara ini. Agama yang menjadi mayoritas di Denmark adalah Kristen Evangelikalisme Lutheran.

Meskipun negara Denmark memiliki 13 bahasa, namun hanya 7 saja yang merupakan bahasa asli. Dan bahasa resmi yang digunakan oleh sebagian besar penduduk Denmark yakni bahasa Denmark yang masih berdekatan dengan bahasa Norwegia dan Swedia dan bahasa Inggris adalah bahasa kedua di Denmark.

Uniknya terdapat 3 bahasa daerah yang telah diakui secara resmi yakni bahasa Faroe yang digunakan di Kepulauan Faroe, bahasa Greenlandic yakni bahasa resmi di Greenland, dan bahasa Jerman yang merupakan bahasa minoritas di wilayah Jutland (selatan Denmark atau dekat Jerman).

Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Denmark

Ekonomi yang diterapkan di Denmark merupakan ekonomi campuran modern di mana di dalamnya menerapkan standar kehidupan yang nyaman, tingkat layanandan transfer pemerintahan tinggi, serta ketergantungan yang juga tinggi terhadap perdagangan luar negeri.

Kondisi perekonomian negara Denmark tergolong kuat dengan mengandalkan pada sektor jasa (80%), pertanian dan perikanan (2%), inovasi lingkungan dan industri ringan (11%). Besarnya pendapatan per kapita sekitar US$ 49.600 dengan Pendapatan Domestik Bruto mencapai US$ 300 miliar.

Selain itu, Denmark termasuk sebagai salah satu negara paling tidak korupsi di dunia berdasarkan pada Indeks Persepsi Korupsi. Itulah mengapa Denmark dikenal juga sebagai negara dengan kondisi ekonomi dan bisnis terbaik.

Distribusi pendapatan yang merata, pengelolaan pajak yang tepat sasaran, pelayanan publik terbaik, hingga keberhasilannya dalam mengatasi masalah lingkungan menjadikan negara Denmark sebagai yang unggul di segala bidang.

Kekayaan alam yang dimiliki Denmark meliputi gas alam, minyak bumi, kapur, garam, batu kapur, batu, krikil dan pasir. Di bidang pertanian daging babi dan produk susu menjadi andalan negara ini, meskipun begitu terdapat produk lain yang telah diekspor ke sejumlah negara seperti kulit bulu, unggas, dan daging sapi.

Fakta Menarik Negara Denmark

  1. Menurut Survey Global Peace Index di tahun 2009, Denmark merupakan negara paling damai kedua di dunia setelah negara Selandia Baru.
  2. Denmark menjadi rumah bagi penulis dongeng terkenal di dunia, Hans Christian Andersen. Beberapa judul karyanya yang terkenal yakni The Little Mermaid, The Ugly Duckling, dan lain sebagainya
  3. Terdapat jembatan gantung bernama Link Great Belt Fixed yang memiliki panjang 1,6 km, menghubungkan antara pulau-pulau Denmark Zealand dan Funen. Link Great Belt Fixed termasuk jembatan terpanjang di Eropa dan ketiga di dunia.
  4. Denmark menjadi negara paling bahagia kedua di dunia oleh World Happiness Report di tahun 2018.
  5. Pulau Greenland yang merupakan pulau terbesar di dunia berada di wilayah kekuasaan Kerajaan Denmark. Luasnya sekitar 2,1 juta km persegi dan terletak di sebelah timur laut Kanada.
  6. Mainan Lego yang ditemukan pertama kali oleh Ole Kirk Christiansen berasal dari Denmark. Nama lego berasal dari kata Leg Godt (dalam bahasa Denmark) yang artinya bermain dengan baik.
  7. Hampir sekitar 41% energi yang dimiliki Denmark berasal dari angin. Hal ini menjadikan Denmark sebagai salah satu negara yang berhasil mengembangkan energi baru terbarukan (EBT).
fbWhatsappTwitterLinkedIn