Negara Norwegia: Karakteristik, Penduduk dan Ekonomi

Negara Norwegia atau secara resmi bernama Kerajaan Norwegia termasuk negara Nordik yang berada di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat. Negara ini adalah negara dengan tingkat kepadatan penduduk terendah kedua di Benua Eropa.

Norwegia mendapat julukan sebagai Kongeriket Norge atau Kerajaan Norwegia di dalam tulisan Bokmål dan juga Kongeriket Noreg pada tulisan Nynorsk. Terdapat istilah lain yakni austrvegr (tanah di sebelah timur) dalam bahasa Rusia, vestrvegr (tanah sebelah barat) bahasa Inggris dan Irlandia, dan suðrvegr (tanah di sebelah selatan) dalam Mediterania.

Karakteristik Negara Norwegia

Negara Norwegia merupakan negara yang beribu kota di Oslo dengan luas wilayah sekitar 385,2007 km persegi. Mempunyai pantai yang berada di Samudera Atlantik Utara dan Laut Barents, di sini terdapat fyord. Fyord adalah semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser atau glaciar (tumpukan es yang sangat tebal dan berat).

Secara astronomi Norwegia berada di antara garis lintang 57o – 81o LU dan garis bujur 4o – 32o BT. Sedangkan batasan-batasan negara Norwegia antara lain:

  • Sisi barat daya berbatasan dengan: Laut Utara
  • Sisi barat berbatasan dengan: Laut Norwegia
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Kepulauan Skagerrak
  • Sisi timur berbatasan dengan: Negara Swedia, Negara Finlandia, Negara Rusia

Bentang alam yang dimiliki Norwegia umumnya tidak rata dan bergunung-gunung yang sebagian besar ditutup oleh gletser serta mempunyai tepi pantai yang panjangnya lebih dari 83.000 km dan dibatasi oleh fyord. Titik tertinggi Norwegia berada di Galdhøpiggen yang berada diketinggian 2.469 meter di atas permukaan laut.

Iklim di negara Norwegia termasuk iklim temperat. Iklim ini banyak terdapat di daerah pesisir yang disebabkan karena adanya pengaruh Gulf Stream.

Terdapat Svalbard dan Jan Mayen yang lokasinya cukup jauh dari daratan utama Norwegia, meskipun begitu kedua wilayah tersebut masih berada  di bawah kedaulatan Norwegia berdasarkan pada Traktat Svalbard.

Selain itu, Norwegia juga mempunyai sebuah pulau yakni Bouvet yang terletak di Samudera Atlantik.

Terdapat istilah unik untuk bagian utara Norwegia yakni Tanah Matahari Tengah Malam. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di ujung paling utara bumi ketika musim panas tiba, matahari tidak pernah tenggelam. Dan saat musim dingin datang justru matahari tidak pernah muncul sama sekali.

Penduduk Negara Norwegia

Mayoritas penduduk Norwegia merupakan etnis Norwegia keturunan orang Jerman (Jerman Utara). Meskipun begitu terdapat pula penduduk asli Skandinavia yakni orang Sami yang terlebih dahulu menetap sekiar 8.000 tahun lalu.

Menurut sejarah diperkirakan orang Sami datang dari Eropa melalui pantai Norwegia termasuk di dalamnya Skandinavia, Romania, Yahudi, Roma, Kvener, dan sebagian kecil Finlandia.

Beberapa tahun terakhir ini, negara Norwegia banyak kedatangan para imigran dari berbagai negara. Mereka umumnya berasal dari:

  • Asia Selatan (Sri Lanka dan Pakistan)
  • Asia Timur (orang Han, Republik Rakyat Tiongkok)
  • Asia Tenggara (Filipina)
  • Eropa Timur (Polandia dan Rusia)
  • Eropa Selatan (Yunani, Albania, dan orang-orang bekas Yugoslavia)
  • Negara Timur Tengah (Irak dan Palestina)
  • Somalia
  • Turki
  • Maroko
  • Amerika Latin
  • Polandia
  • Estonia
  • Latvia
  • Lithuania

Agama yang paling banyak dianut oleh penduduk Norwegia yakni Kristen Protestan dengan mayoritas anggotanya berasal dari Gereja Lutheran Norwegia yang merupakan gereja resmi Norwegia. Negara ini memberikan kebebasan beragama, hal ini terbukti dari tidak sedikit pula penduduk yang beragama Katolik Roma dan Islam.

Bahasa Norwegia adalah bahasa resmi negara ini dengan standar Bokmål dan Nynorsk. Terdapat pula Bahasa Uralik (Finnish), Sami Selatan, Sami Utara, Lule Sami, dan Kven yang merupakan bahasa resmi tambahan dari beberapa kota madya di negara Norwegia.

Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Norwegia

Negara Norwegia termasuk negara maju yang mempunyai sistem ekonom yang stabil dengan sektor swasta yang cukup dinamis. Sumber daya alam dikelola dengan sangat baik, terutama hasil lautnya. Tidak heran jika Norwegia merupakan negara pengekspor makanan laut terbesar kedua di dunia setelah Republik Rakyat Tiongkok.

Kekayaan alam negara Norwegia cukup berlimpah, berupa cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, hasil laut, air segar yang amat luas, dan hutan. Diperkirakan cadangan minyak dan gas bumi yang dimiliki Norwegia termasuk yang terbesar di luar kawasan Timur Tengah.

Besarnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Norwegia di tahun 2018 sekitar US$434,2 miliar dengan pendapatan per kapitanya sebesar US$ 81.697,25 .

Fakta Menarik Negara Norwegia

  1. Di Norwegia terdapat sebuah fastival ski bernama Ski Homenkollen. Festival ini merupakan festival ski tertua di dunia, sebab pertama kalinya festival ini diadakan yakni pada tahun 1872.
  2. Meskipun Norwegia menjadi salah satu pengekspor utama minyak bumi, namun harga bahan bakar minyak dan gasnya termasuk tertinggi di dunia, yakni berkisar US$9,97 per galon.
  3. Orang Norwegia memiliki minat yang amat tinggi terhadap kegiatan membaca. Rata-rata mereka menghabiskan uang sekitar US$76 per kapita untuk membeli buku. Ada lebih dari 2000 judul buku yang terbit setiap tahunnya di sini.
  4. Setiap hari Minggu tidak ada toko makanan yang buka di Norwegia. Jika butuh toko grosir maka bisa pergi ke stasiun gas lokal yang diperbolehkan menjual makanan di hari Minggu.
  5. Oslo menjadi salah satu kota paling mahal di dunia. Di tahun 2012 Oslo mendapat predikat sebagai kota paling mahal di Eropa ole ECA (Economist Intelligence Unit).
fbWhatsappTwitterLinkedIn