20 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia

Hampir semua orang yang pasti mendambakan bisa mempunyai gaji yang tinggi untuk pekerjaan yang dia dapatkan. Mahalnya harga kebutuhan pokok dan sekunder dari tahun ke tahun yang disebabkan oleh inflasi menjadi faktor terbesar dalam memperoleh pekerjaan. Bahkan tak sedikit juga orang yang rela meninggalkan negaranya sendiri untuk mencari penghasilan yang lebih besar dengan pergi ke luar negeri.

Dengan mempunyai gaji yang tinggi, seorang pekerja bisa tenang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan bisa menabung, investasi dan ikut asuransi untuk memenuhi kebutuhan di masa tua. Setiap negara pasti mempunyai standar untuk memenuhi gaji dan biaya hidup yang berbeda-beda. Ada yang memiliki standar gaji tinggi, namun sejalan dengan pengeluaran untuk pajak yang tinggi juga. Berikut ini adalah 20 negara dengan gaji tertinggi yang diurutkan dari terkecil sampai ke yang terbesar:

1. New Zealand (156 juta)

New Zealand atau Selandia baru adalah negara yang berada di bagian Tenggara dari benua Australia dan mempunyai jarak sekitar 1500 kilometer. Negara kecil ini ukurannya hampir mirip dengan ukuran Negara Jepang. Selain itu, New Zealand mempunyai standar gaji yang cukup tinggi yaitu sekitar 156 juta per tahun. Baca juga: Kota Terkaya di Dunia.

2. Perancis (388 juta)

Kita tahu bahwa negara-negara di Eropa memiliki kualitas pekerja yang tingkat produktifitasnya bisa menyaingi Amerika Serikat. Salah satunya adalah Perancis, yang memiliki standar gaji sekitar 388 juta per tahun. Namun, Perancis masih kalah dengan Amerika Serikat karena sistem kerja yang menerapkan waktu 35 jam untuk pekerjanya. Baca juga: Negara Termaju di Dunia.

3. Swedia (393 juta)

Gencarnya kegiatan ekspor dan perdagangan internasional yang dilakukan oleh Swedia berhasil menaikkan pendapatan per kapitanya yang berdampak pada tingginya gaji di negara ini. Warga Swedia bisa memperoleh gaji sekitar 393 juta per tahun setelah dipotong pajak yang tinggi pula. Baca juga: Negara Terbersih di Dunia.

4. Austria (420 juta)

Pesatnya industri pariwisata yang ada di Austria ini menjadi penyumbang pemasukan terbesar bagi pemerintah Austria. Jelas saja, Austria terkenal dengan wisata sejarah yang memiliki sejuta cerita dan landscape yang mempesona. Namun begitu, gaji jika kita bekerja di Austria juga tidak terlalu rendah. Yaitu sekitar 420 juta rupiah per tahun. Bisa dibayangkan betapa menyenangkan bila kita bisa bekerja di Austria dengan gaji yang tinggi dan bisa menikmati wisata sejarah yang luar biasa. Baca juga: Negara Terbesar di Dunia.

5. Jerman (421 juta)

Selain memiliki gaji yang tinggi, Jerman juga menjadi tempat favorit bagi mahasiswa asing untuk berkuliah di sana. Tak tanggung-tanggung, Jerman juga memiliki fasilitas kesehatan dan pendidikan yang sangat baik. Hal ini didapat dari pajak dari warganya yang jumlahnya hampir setengah dari pendapatan mereka. Gaji rata-rata Jerman adalah sekitar 421 juta rupiah per tahun. Baca juga: Negara Paling Kotor di Dunia.

6. Korea Selatan (479,3 juta)

Siapa sih yang tidak tahu produsen film drama yang bisa membuat penontonnya menjadi emosional apabila menontonnya. Ya, Korea Selatan selain memiliki drama koreanya, juga memiliki gaji yang cukup tinggi apabila kita bekerja di sana. Untuk memperkuat perekonomiannya, negara ini bergantung pada kegiatan perdagangan luar negeri. Pendapatan rata-rata Korea Selatan adalah sekitar 479,3 juta rupiah per tahun. Jam kerja yang diterapkan adalah rata-rata 42 jam seminggu atau 6 jam sehari. Baca juga: Negara Terkuat di Dunia.

7. Inggris (545,3 juta)

Gaji rata-rata di Inggris adalah sekitar 545,3 juta rupiah per tahun. Untuk biaya kesehatan dan pendidikan, Inggris mempunyai dana yang dikumpulkan dari pajak sekitar 25 % dari pendapatan warganya. Jam kerja yang diterapkan di Inggris lebih lama daripada Australia yaitu rata-rata 42 jam seminggu atau 6 jam sehari. Baca juga: Pulau Terindah di Dunia.

8. Taiwan (635 juta)

Pada saat terjadi krisis finansial di Asia beberapa lalu, Taiwan tidak terpengaruh sama sekali terhadap pertumbuhan ekonomi negaranya. Kegiatan ekspor telah berkembang dengan pesat dan merupakan kegiatan utama dalam industri. Taiwan menerapkan ekonomi kapitalis yang merubah bank pemerintah dan perusahaan industri menjadi milik swasta. Gaji rata-rata di Taiwan adalah 635 juta rupiah per tahunnya. Baca juga: Karakteristik Negara Berkembang.

9. Belgia (640 juta)

Negara dengan gaji tertinggi ini masuk dalam organisasi internasional NATO ini terletak di sebelah barat Eropa. Memiliki luas wilayah 30.528 kilometer persegi dan jumlah penduduk 10,5 juta jiwa. Belgia memiliki rata-rata gaji untuk warganya yaitu sekitar 640 juta per tahun. Baca juga: Karakterisik Negara Maju.

10. Kanada (641 juta)

Lokasi Kanada dekat sekali dengan Amerika yaitu di sebelah utara Amerika Serikat. Negara ini menjadi Negara yang kaya karena mempunyai cadangan minyak yang besar dan sering mengekspor ke luar negeri. Selain itu, Kanada memiliki beberapa sumber daya alam seperti seng, alumunium, uranium, emas, zinc  dan nikel. Pertanian yang Kanada hasilkan adalah kanola, gandum dan biji-bijian yang produksinya memiliki peran penting untuk Negara. Kanada juga merupakan Negara dengan industri perikanannya yang cukup matang dan menjadi pusat industri teknologi seperti software dan video game. Untuk bekerja di Kanada gaji yang didapatkan rata-rata adalah sekitar 641 juta rupiah per tahun dengan masa kerja rata-rata lamanya 32 jam seminggu. Baca juga: Negara Termiskin di Asia.

11. Denmark (660 juta)

Kebanyakan negara-negara di benua Eropa memiliki gaji yang tinggi, namun menerapkan pajak yang tinggi pula. Hal ini untuk memenuhi pendidikan dan kesehatan bagi warganya agar bisa diakses secara gratis dan mudah. Meskipun dipotong pajak yang tinggi, gaji rata-rata penduduk Eropa masih terbilang cukup tinggi. Hal ini juga dirasakan oleh Denmark yang memiliki gaji rata-rata untuk warganya yaitu 660 juta rupiah per tahun. Baca juga: Negara Penghasil Timah Terbesar.

12. Belanda (679 juta)

Pelabuhan di Belanda menjadi pelabuhan terbesar di Eropa dan memiliki kegiatan yang paling sibuk dalam perdagangan internasional. Negara yang pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun ini memiliki luas wilayah yang tidak begitu luas. Pajak yang harus disetor oleh warga Belanda juga cukup tinggi, namun bisa mendapat fasilitas pendidikan dan kesehatan yang gratis sebagai peningkatan sumber daya manusianya. Gaji rata-rata untuk Belanda adalah sekitar 679 juta rupiah per tahun dan menerapkan jam kerja rata-rata 35 jam seminggu yang berbeda dari Negara Eropa lainnya yaitu 40 jam seminggu. Baca Juga: Negara dengan Angka Kelahiran Tertinggi.

13. Irlandia (709 juta)

Negara dengan perusahaan yang berbasis pada teknologi dan video game terbesar di dunia. Selain itu, irlandia juga menjadi pusat dari pertanian untuk tanaman yang berasal dari Inggris. Negara ini sangat cocok bagi yang ingin bekerja di industri karena selain gaji yang tinggi yaitu sekitar 709 juta rupiah per tahun, pajak yang harus disetor tergolong paling rendah di kawasan Eropa. Kualitas hidup di Irlandia pun tidak kalah bagusnya karena Irlandia dikenal dengan fasilitas infrastrukturnya yang berkualitas. Baca juga: Negara Teramah Di Dunia.

14. Swiss (760 juta)

Kegiatan pokok yang bisa menopang perekonomian di Swiss adalah manufaktur yaitu produksi alat kesehatan dan farmasi,  bahan kimia spesialis, instrumen pengukuran presisi dan alat musik serta jam tangan yang dimana semua produk tersebut memiliki kualitas yang tinggi dan diminati oleh dunia. Dalam hal perbankan pun, Swiss melakukan investasi asing dan memusatkan ekonominya pada pariwisata.

Pengangguran di Swiss tergolong sangat rendah dibanding dengan Negara Eropa yang lainnya. Hal ini berdampak pada tingginya gaji di Swiss yaitu memiliki gaji rata-rata 760 juta rupiah per tahun. Untuk jam kerja Swiss memberlakukan rata-rata 35 jam seminggu untuk warganya. Negara ini juga mendapat peringkat yang tinggi dalam hal prestasi nasional yaitu kebebasan sipil, kualitas hidup, pemerintah yang transparan, kompetisi ekonomi dan kualitas sumber daya manusianya. Baca juga: Negara dengan Militer Terkuat.

15. Amerika Serikat (760 juta)

Negara yang mendapat julukan Negara Adidaya ini memiliki perekonomian yang kuat dan besar. Tak heran bila Amerika Serikat menjadi negara terkaya di dunia dan berani memberikan gaji yang tinggi untuk pekerjaanya. Untuk bekerja di negara ini kita harus menyiapkan waktu rata-rata 44 jam seminggu atau 7,3 jam sehari. Dengan gaji rata-rata yang diberikan adalah 760 juta rupiah per tahun. Amerika Serikat juga dikenal sebagai negara importir paling besar dan eksportir nomor dua di dunia. Biaya pajak yang dibebankan kepada warganya adalah sekitar 23 % yang digunakan untuk pembangunan fasilitas publik seperti pendidikan dan kesehatan. Baca juga: Negara Yang Ditakuti Amerika.

16. Australia (861 juta)

Hal-hal yang membuat pendapatan per kapita Australia tinggi adalah kegiatan ekspansi ekonominya yang bertujuan untuk mencegah laju inflasi yang bisa memperkuat status perdagangannya di dunia. Industri adalah salah satu kegiatan ekonomi yang paling besar di Australia. Australia juga sering mengekspor minyak, sapi, mineral dan makanan. Negara ini juga berhasil menekan angka pengangguran selama 1 tahun terakhir yaitu di tahun 2016. Gaji rata-rata bila bekerja di Australia adalah 861 juta rupiah per tahun. Untuk jam kerja rata-rata waktu yang digunakan adalah 35 jam seminggu. Baca juga: Negara Maju dan Negara Berkembang di Dunia.

17. Luksemburg (1,01 miliar)

Meskipun memiliki wilayah yang tidak begitu luas yaitu sekitar 2.586 km persegi dan jumlah populasi penduduknya yaitu 562.900 jiwa, Luksemburg menjadi negara yang memiliki perekonomian yang sangat baik. Kegiatan perekonomiannya antara lain investasi, perbankan, teknologi , industri baja dan industri bahan kimia. Di Luksemburg juga terdapat dua perusahaan besar dalam bidang teknologi yaitu Skype dan Amazon. Negara ini juga dikenal sebagai penghasil baja terbanyak di dunia dan menjadi pusat keuangan untuk negara-negara yang ada di eropa. Gaji rata-rata di Luksemburg adalah 1,01 miliar rupiah per tahun. Angka yang cukup tinggi bukan. Baca juga: Negara Berkembang di Asia Tenggara.

18. Makau (1,018 milar)

Jika anda sudah tau tempat yang bernama kasino, Makau adalah gudangnya. Terkenal juga dengan kehidupan di malam harinya dan merupakan wilayah yang memiliki status sebagai daerah administrasi  khusus sejak tahun 1999. Kita bisa mendapatkan gaji yang tinggi apabila bekerja di negara ini. Gaji rata-rata untuk warga Makau adalah sekitar 1,018 miliar rupiah per tahun. Cukup menggiurkan bukan. Baca juga: Negara Berkembang di Amerika Serikat.

19. Qatar (1,23 miliar)

Kali ini kita beranjak ke negara Timur Tengah. Ya, Qatar adalah Negara yang berada dekat dengan Arab Saudi dan memiliki sumber daya alam yang melimpah yaitu minyak. Selain itu, perekonomian di Qatar juga ditopang oleh industri gas yang ada di sana. Hal ini menjadikan Qatar sebagai negara paling makmur di Timur Tengah karena perdagangan minyaknya. Apabila kita ingin bekerja di negara ini, kita bisa mendapatkan gaji yang tinggi yaitu sekitar 1,23 miliar rupiah per tahunnya. Baca juga: Negara Islam Terbesar di Dunia.

20. Norwegia (1,38 miliar)

Dan ini adalah Negara yang paling tinggi tingkat rata-rata gaji yang diberikan yaitu sebesar 1,38 miliar rupiah per tahun. Tak heran jika Norwegia menjadi negara paling makmur di dunia. Negara ini juga memiliki sumber alam yang melimpah seperti hasil hutan, minyak, perikanan, pertambangan, pembangkit listrik tenaga air dan mineral. Untuk jam kerja, Norwegia hanya memberikan waktu 30 jam seminggu. Pajak yang diterapkan di Norwegia juga terbilang cukup tinggi. Hal ini dilakukan untuk menunjang kemudahan akses fasilitas publik bagi warganya seperti pendidikan dan kesehatan.  Dan juga kualitas pekerja dari Norwegia ini bisa diakui sangat produktif. Baca Juga: Negara Paling Aman Di Dunia.

Itulah 20 negara dengan gaji tertinggi di dunia. Jika Anda berminat untuk memiliki penghasilan yang tinggi, Anda bisa pilih mana dari negara yang ada di atas sekiranya cocok dengan Anda. Dan jangan lupa agar selalu mengukur keahlian yang sudah kita punya agar kita bisa bersaing dengan penduduk lokal dan asing yang ada di negara tujuan kita bekerja. Sekian dan semoga mencerahkan.

fbWhatsappTwitterLinkedIn