12 Gunung Tertinggi di Pulau Kalimantan dan Letaknya


Gunung (baca: gunung meletus) merupakan salah satu bentuk bentang alam yang ada di permukaan bumi (baca: bentuk permukaan bumi). Di Indoesia sendiri ada banyak sekali gunung, baik itu gunung berapi (baca: jenis letusan gunung berapi) maupun gunung tidak berapi. Gunung merupakan bentuk tonjolan yang ada di permukaan bumi (baca: kerak bumi), yang mana di dalam tonjolan tersebut terdapat sebuah pipa yang menghubungkan antara dapur magma (baca: pengertian intrusi dan ekstrusi magma) dengan permukaan bumi. Kemudian dari pipa tersebut suatu saat keluar magma dari dalam Bumi menuju ke permukaan bumi. Peristiwa yang demikian ini disebut sebagai erupsi. Erupsi (baca: erupsi magma) terjadi berkala, biasanya setiap gunung memiliki periode erupsinya masing- masing. Namun, biasanya erupsi ini terjadi beriringan. Jadi, apabila satu gunung mengalami erupsi maka tidak berselang lama akan terjadi erupsi di gunung lain. Hal ini karena lempeng yang ada di dalam Bumi saling berhubungan.

Gunung Tertinggi di Kalimantan

Sebelumnya kita telah mengetahui tentang gunung tertinggi di Asia Tenggara.  Pulau Kalimantan sebagai pulau terbesar di Indonesia juga memiliki banyak gunung. Beberapa gunung yang ada di pulau Kalimantan juga berupa gunung berapi dan beberapa bukan dari jenis gunung berapi. Dalam pembahasan kali ini kita akan mengenal beberapa gunung yang tertinggi yang ada di pulau Kalimantan, yakni sebagai berikut:

  1. Gunung Bukit Raya (2. 278)

bukit-raya-kalimantanSalah satu gunung yang ada di pulau Kalimantan dan merupakan gunung tertinggi di pulau Kalimantan (baca: gunung tertinggi di Eropa) adalah Gunung Bukit Raya. Meskipun memiliki nama Bukit Raya, namun gunung ini tingginya tidak seperti bukit (baca: perbukitan). Gunung ini memiliki ketinggian yang mencapai 2. 278 meter di atas permukaan air laut (baca: ekosistem air laut). Pulau Kalimantan memang memiliki bentang alam yang berbeda dengan pulau Sumatera. Pulau Sumatera memang dikenal sebagai pulau yang memiliki bentuk permukaan bumi yang bergunung- gunung, sehingga tidak mengherankan apabila banyak gunung yang tinggi. namun di Kalimantan, gunung yang tertinggi adalah Gunung Bukit Raya yang ketinggiannya mencapai dua ribuan. Gunung Bukit Raya merupakan sebuah gunung tinggi yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Katingan. Gunung Bukit Raya ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka (baca: taman hutan raya), Bukit Raya ini juga termasuk ke dalam kawasan konservasi yang mana terletak di jantung pulau Kalimantan. Bagi kita, mungkin nama Gunung Bukit Raya terdengar asing karena tidak banyak orang yang membicarakan mengenai gunung ini. Bahkan tidak hanya bagi masyarakat, bagi para pendaki atau orang- orang yang hobi mendaki gunung pun Gunung Bukit Raya ini tidak begitu dikenal meskipun puncak tertinggi di Kalimantan Indonesia. Faktanya ada beberapa hal yang menyebabkan orang tidak banyak yang mendaki gunung ini. Salah satunya adalah karena medan pendakian gunung ini yang sulit. Meskipun tingginya tidak seberapa, namun Gunung Bukit Raya ini dikenal memiliki medan pendakian yang sulit, bahkan lebih sulit daripada gunung- gunung di pulau Jawa. Medan tempuh dimulai dari Kalimantan Barat, sementara puncak ada di Kalimantan Tengah. Apabila akan naik kita akan menjumpai hutan- hutan (baca: jenis hutan hujan tropis) yang basah dan panas karena letaknya ada di bawah garis lintang nol derajat. Banyak yang mengatakan bahwa biaya untuk mendaki gunung ini dikabarkan berada di urutan kedua setelah Jaya Wijaya. Itulah dua alasan yang cukup membuat gunung ini jarang didaki penduduk.

  1. Gunung Liangpran (2.240)

gunung liangpranPulau Kalimantan memang bukanlah pulau yang terkenal akan keberadaan gunungnya. Pulau Kalimantan lebih dikenal dengan kawasan hutannya sehingga asing bagi orang apabila mendengar nama- nama gunung di pulau Kalimantan. Termasuk gunung Liangpran yang menemparti posisi kedua sebagai gunung gunung tertinggi di Pulau Kalimantan setelah Gunung Bukit Raya. Ketinggian gunung Liangpran yang mencapai 2. 240 meter di atas permukaan air laut (baca: macam macam laut) mampu menghantarnya sebagai gunung tertinggi kedua. Gunung Liangpran merupakan gunung yang berada di wilayah Kecamatan Long Pahangai. Gunung Liangprang terkenal akan keindahannya. Sayangnya, hingga saat ini tidak banyak informasi yang dipublikasikan mengenai gunung ini.

  1. Gunung Menyapa (2.000)

gunung menyapaNama gunung yang cukup unik berada di urutan ketiga sebagai gunung tertinggi di pulau Kalimantan. Adalah Gunung Menyapa yang memiliki ketinggian mencapai 2. 000 meter di atas permukaan air laut. Gunung Menyapa memiliki nama unik dan asik seolah gunung ini ramah kepada manusia, karena namanya adalah gunung Menyapa. Sebenarnya, gunung Menyapa adalah sebuah gunung yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Gunung Menyapa merupakan gunung yang mana puncaknya berupa kawah yang cukup lebar. Keberadaan kawah ini kemungkinan karena dampak letusan gunung berapi yang terjadi di masa lalu sehingga meinggalkan bekar yang berupa kawah.  Sama seperti dengan gunung Liangprang, hingga saat ini tidak banyak informasi mengenai gunung menyapa yang bisa di ekspos ke publik, namun demikian kita cukup mengetahui bahwa gunung Menyapa adalah salah satu surga tersembunyi di kalimantan.

  1. Gunung Halau- halau (1.892)

gunung halau halauMenduduki urutan keempat sebagai gunung tertinggi di pulau Kalimantan adalah gunung Halau- halau. Gunung Halau- halau juga merupakan nama gunung yang mungkin sangat jarang kita dengar, atau bahkan belum pernah sama sekali sebelumnya. Namun, siapa sangka ternyapa Gunung Halau- halau merupakan gunung yang cukup dikenal oleh para pendaki, khususnya yang berada di pulau Kalimantan. Sebenarnya Halau- halau merupakan nama puncak yang terletak pada Pegunungan Maratus, Kampung Kiyu, Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Puncak Halau- halau ini berada di oerbatasan tiga kabupate yakni Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu. Di sekitar puncak Halau- halau ini terdapat hutan hujan tropis yang sudah tidak aktif lagi. Meskipun tidak aktif lagi, namun mendaki puncak Halau- halau ini bukan sesuatu yang bisa diremehkan, karena banyak yang mengatakan bahwa tingkat kesulitannya cukup tinggi.

  1. Gunung Latuk (1.850)

Selanjutnya adalah gunung Latuk. Nama gunung Latuk juga jarang kita kenal. Dengan ketinggian yang mencapai 1. 850 meter di atas permukaan air laut, gunung ini berhasil menduduki posisi kelima sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan.  Gunung Latuk berada di Kalimantan Utara, tepatnya di Long Bena, Pujungan, Malinau, Kalimantan Utara. Seperti gunung- gunung lain di pulau Kalimantan, hingga saat ini hanya sebatas letak saja yang dapat kami sampaikan.

  1. Gunung Mesangat (1.847)

gunung mesangatGunung yang menduduki posisi ke enam dari gunung yang paling tinggi di Pulau Kalimantan adalah gunung Mesangat. Gunung Mesangat memilik ketinggian mencapai 1. 847 meter di atas permukaan air laut, berbeda sedikit dengan gunung sebelumnya yakni gunung Latuk. Gunung Mesangat juga disebut sebagai Gunung Matumesangat. Gunung Mesangat ini terletak di perbatasan Kabupaten Kutai Timur dengan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Gunung Mesangat adalah salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Pulau Kalimantan. Selebihnya memang tidak banyak informasi yang dipublikasikan mengenai gunung Mesangat, karena belum begitu banyak orang yang mengetahui tentang gunung ini.

  1. Gunung Tikung (1. 804)

Lagi- lagi kita menemukan nama gunung yang cukup unik. Kali ini adalah gunung yang menempati posisi ketujuh sebagai gunung tertinggi di Kalimantan. Gunung tersebut adalah Gunung Tikung yang memiliki ketinggian mencapai 1. 804 meter di atas permukaan air laut. Gunung Tikung juga dikenal sebagai bukit Tikung.

  1. Gunung Kerihun (1. 790)

gunung kerihunGunung yang menempati urutan kedelapan sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan adalah Gunung Kerihun. Gunung Kerihun berada di wilayah Taman Nasional Betung Kerihun yang sebelumnya bernama Gunung Bentuang. Gunung Kerihun memiliki ketinggian yang mencapai 1. 790 meter di atas permukaan air laut (baca: ekosistem laut). Gunung Kerihun ini terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Bahkan taman nasional Betung Kerihun ini ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

  1. Gunung Lawit (1. 767)

gunung lawitSelanjutnya adalah gunung Lawit yang merupakan gunung tertinggi kesembilan di Pulau Kalimantan. Dengan ketinggian yang dimilikinya yang mencapai 1. 767 meter di atas permukaam air laut, gunung ini berdiri kokoh di atas tanah Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu. Gunung Lawit adalah salah satu gunung yang berdiri di atas tanah perbatasan negara Indonesia dengan Malaysia. Gunung Lawit berada di rangkaian pegunungan Kapuas Hulu dan merupakan puncak tertinggi dari pegunungan ini. Pegunungan Kapus Hulu  sendiri merupakan rangkaian pegununga yang membentang dari arah barat ke timur yang membatasi wilayah Kalimantan Barat dengan Sarawak Malaysia. Sama seperti gunung Kerihun, gunung Lawit ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Betung Kerihun. Ada beberapa sungai (baca: ekosistem sungai) yang berhulu di gunung Lawit, diantaranya adalah sungai Embalon dan juga Sungai Sibau.

  1. Gunung Saran (1. 758)

gunung saranSelanjutnya adalah gunung Saran yang menduduki gunung tertinggi di pulau Kalimantan nomor sepuluh setelah   gunung Lawit. Gunung Saran memiliki ketinggian mencapai 1. 758 meter di atas permukaan air laut. Gunung Saran adalah salah satu gunung yang masih perawan atau masih sangat alami. Di sekitar gunung Saran akan kita temukan hutan- hutan tropis yang lebat dan masih sangat alami karena belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Di sepanjang jalur menuju gunung Saran akan banyak ditemukan sungai- sungai kecil yang menyimpang di jalan- jalan. Gunung Saran atau bukit Saran merupakan tempat yang indah untuk dapat dikunjungi sebagai objek pendakian alam. Untuk mendaki bukit Saran kita membutuhkan waktu selama 7 hingga 8 jam lamanya.

  1. Gunung Batutilan (1.718)

Gunung Batutilan yang memiliki ketinggian hingga 1. 718 meter di atas permukaan air laut merupakan gunung yang tertinggi nomor sebelas di Pulau Kalimantan. Gunung Batutilan merupakan keindahan alam yang harus disyukuri oleh semua masyarakat yang ada di Pulau Kalimantan.

  1. Gunung Asing (1.703)

Gunung Asing adalah gunung selanjutnya yakni gunung tertinggi kedua belas di Kalimantan. Gunung ini memiliki ketinggian 1. 703 meter di atas permukaan air laut. Gunung Asing ini terletak di perbatasan Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah dengan Kabupaten Melawi , Provinsi Kalimantan Barat. Di sebelah utara gunung Asing ini juga terdapat gunung lainnya yakni gunung Baka. Gunung Asing berada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya.

Nah, itulah beberapa gunung yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia, khususnya yang berada di Pulau Kalimantan. Gunung- gunung yang telah disebutkan merupakan gunung yang berupa gunung berapi dan beberapa bukan gunung berapi. Gunung- gunung tersebut memiliki kelebihan yang bisa menjaga alam dan tentunya memiliki dampak baik bagi manusia. Sebagai salah satu sumber daya alam, maka gunung harus dijaga kelestariannya, jadi keberadaan  gunung tidak boleh dikotori. Para pendaki yang suka berpetualan tetap harus menjaga kelestarian lingkungan, tidak boleh meninggalkan sampah sembarangan dan harus menjaga kelestarian lingkungan supaya gunung tetap lestari.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 06th, October 2017 / 07:00 Oleh :
Kategori : Gunung