Negara Guadeloupe: Karakteristik, Ekonomi, dan Faktanya

Negara Guadeloupe merupakan sebuah negara bagian atau departemen seberang laut milik negara Prancis yang berada di Laut Karibia, benua Amerika. Guadeloupe juga termasuk sebagai salah satu dari 26 region milik Prancis dengan status région d’outremer.

Dahulu negara ini bernama Karukera yang mempunyai arti pulau dengan air yang indah oleh penduduk asli, Arawak. Pada tahun 1493 pulau ini diberi nama Santa Maria de Guadalupe oleh Christopher Colombus berdasarkan pada Our Lady of Guadalupe, nama kuil perawan Maria di kota Guadalupe di Spanyol.

Karakteristik Negara Guadeloupe

Negara Guadeloupe adalah negara kepulauan yang terdiri atas lebih dari 12 pulau dengan 6 pulau berpenghuni yakni Grande-Terre, Basse-Terre, Marie-Galante, La Désirade, serta dua Îles des Saintes, dan beberapa pulau tak berpenghuni lainnya.

Secara astronomis Guadeloupe berada di antara garis lintang 16o – 15o LU dan di antara garis bujur 61o – 35o BB. Dengan luas wilayah mencapai 1.628 km persegi, negara Guadeloupe beribu kota di Basse-Terre, negara ini berbatasan dengan:

Lokasi dari Guadeloupe ini berada di Kepulauan Leeward, bagian utara Lesser Antilles yang menjadi bagian dari pulau vulkanik. Terdapat dua pulau utama yakni Basse-Terre (di sebelah barat) dan Grande-Terre (di sebelah timur). Kedua pulau tersebut apabila dilihat dari atas membentuk sayap yang dipisahkan oleh Riviere Salee, Grand Cul-de-Sac Marin, dan Petit Cul-de-Sac Marin.

Lebih dari setengah kawasan Guadeloupe merupakan bagian dari Basse-Terre (847,8 km persegi). Meskipun berbentuk pulau, sebenarnya negara ini juga memiliki beberapa gunung seperti Gunung Sans Toucher (1.354 meter di atas permukaan laut) dan Gunung Grande Decouverte (1.263 mdpl).

Guadeloupe juga memiliki gunung berapi aktif bernama La Grande Soufriere yang menjadi puncak gunung tertinggi di Antilles Kecil (1.467mdpl). Sedangkan untuk pulau Grande-Terre sebagian besar berupa daratan datar, pantai berbatu di bagian utara, sedikit kawasan perbukitan di bagian tengah, hutan mangrove di bagian barat daya, serta pantai dengan pasir putih terlindung oleh terumbu karang di sepanjang pantai selatan.

Iklim negara Guadeloupe yakni iklim tropis yang sangat dipengaruhi oleh angin laut. Terdapat dua musim di negara ini yakni musim kemarau atau prapaskah yang terjadi dari bulan Januari hingga Juni, dan musim hujan atau musim dingin dari bulan Juli sampai dengan Desember.

Penduduk Negara Guadeloupe

Penduduk Guadeloupe sebagian besar merupakan percampuran antara etnik Kreol dengan bangsa Eropa (kulit putih) atau dapat disebut sebagai Afro-Karabian. Meskipun begitu terdapat sejumlah etnik minoritas lain yang bisa ditemukan di Guadeloupe yakni etnik India, Suriah, Libanon, dan Tiongkok.

Bahasa resmi yang digunakan oleh negara ini yakni bahasa Prancis. Bahasa ini juga diterapkan di lingkungan pendidikan. Selain itu terdapat pula bahasa Prancis Antillean Kreol yang dituturkan oleh sebagian besar penduduk Guadeloupe.

Kepercayaan penduduk Guadeloupe sebagian besar yakni Kristen, meskipun begitu tidak sedikit penduduk yang tidak beragama di negara ini. Agama minoritas lain yang dapat ditemukan di Guadeloupe yakni Islam, Hindu, dan Baha’i.

Kondisi Ekonomi dan Sumber Kekayaan Negara Guadeloupe

Perekonomian negara Guadeloupe sangat bergantung pada sektor pertanian, jasa, dan pariwisata. Hasil pertanian utamanya berupa pisang, tebu, beberapa jenis buah tropis, babi, dan juga kambing. Untuk tebu yang telah diolah menjadi gula, berhasil diekspor ke sejumlah negara.

Selain tebu, produk lain yang juga telah diekspor antara lain pisang, rum, melon, dan mata air. Negara ini juga melakukan kegiatan impor dari beberapa negara dengan produk aneka jenis makanan, bahan bakar, mesin, pakaian, hingga bahan-bahan material.

Di bidang pariwisata negara ini sangat memanfaatkan keberadaan pantai-pantai indah yang dimilikinya. Bahkan terdapat banyak resort yang lokasinya tidak jauh dari kawasan pesisir.

Sumber pendapatan Guadeloupe tidak hanya berasal dari sektor pertanian dan pariwisata saja. Negara ini juga masih bergantung dari bantuan subsidi dan barang-barang import dari negara Prancis.

Fakta Menarik Negara Guadeloupe

  1. Salah satu pulau di Guadeloupe yakni Basse-Terre, dalam bahasa Prancis mempunyai arti dataran rendah. Pulau ini termasuk ke dalam pulau vulkanik sebab masih terdapat sebuah gunung berapi aktif yakni La Grande Soufriere.
  2. Negara Guadeloupe dikelilingi oleh kawasan perairan, tidak heran jika negara ini mempunyai banyak pantai dan titik penyelaman terbaik. Salah satu titik penyelaman terkenal yakni Les Saints memiliki barisan terumbu karang dan berbagai jenis ikan.
  3. Kota St. Francois menjadi pusat kuliner di Guadeloupe.
  4. Negara Guadeloupe memiliki sebuah karnaval budaya tahunan yang sangat meriah. Karnaval diadakan setiap bulan Januari untuk memperingati wafatnya Raja Vaval yang juga menjadi ikon kehormatan di karnaval tersebut.
  5. Tarian terkenal di Guadeloupe bernama biguine yang ditampilkan dengan menggunakan pakaian warna-warni khas suku Kreol.
fbWhatsappTwitterLinkedIn