Negara Panama: Karakteristik, Penduduk, dan Fakta Menariknya

Negara Panama yang mempunyai nama resmi Republik Panama adalah sebuah negara yang berada di bagian tenggara Amerika Tengah. Negara ini sangat terkenal akan keberadaan Terusan Panama yang memberikan kontribusi besar terhadap jalur perdagangan, penghubung antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

Menurut sejarah, negara Panama menjadi bagian dari koloni Spanyol yang ada di Amerika sampai dengan tahun 1821, dan pada saat berpisah bergabung dengan Gran Colombia Simon Bolivar. Dengan dukungan Amerika Serikat, Panama berhasil memisahkan diri dari Kolombia di tahun 1903 dan mendeklarasikan kemerdekaannya menjadi negara berdaulat.

Nama Panama sendiri berasal dari bahasa pribumi dengan arti ikan yang melimpah sebab negara ini mempunyai 14.000 jenis ikan.

Karakteristik Negara Panama

Negara Panama yang memiliki ibu kota bernama Kota Panama. Luas negara Panama mencapai 75.420 km persegi. Jika dilihat dari atas negara ini memanjang mirip seperti ular yang memisahkan dua samudera yakni samudera Pasifik dan samudera Atlantik.

Secara astronomis negara Panama berada di antara garis lintang 7o LU – 9o LU dan antara garis bujur 77o BB – 83o BB. Selain itu, Panama juga berbatasan dengan beberapa negara dan perairan antara lain:

  • Sisi timur berbatasan dengan: Negara Kolombia
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Samudera Pasifik
  • Sisi barat berbatasan dengan: Negara Kosta Rika
  • Sisi utara berbatasan dengan: Laut Karibia dan Samudera Atlantik

Negara Panama berada di Tanah Genting yakni daratan kecil yang menghubungkan dua daratan dan dibatasi oleh dua kawasan perairan. Sebagian besar geografi Panama berupa deretan pegunungan dan perbukitan yang memisahkan benua.

Perlu diketahui jika pegunungan di Panama bukan menjadi bagian dari rangkaian pegunungan besar di Amerika Utara, hanya di dekat perbatasan negara Kolombia berupa dataran tinggi yang masih berhubungan dengan sistem pegunungan Andean di Amerika Selatan.

Sedangkan untuk kawasan pegunungan yang terpisah disebut sebagai Cordillera de Talamanca. Lokasinya berada di perbatasan negara Kosta Rika. Jauh di bagian timur terdapat Serrania de Tabasara yang letaknya berada di dekat Tanah Genting, tempat Terusan Panama. Oleh para ahli kawasan antara negara Kosta Rika hingga kanal tempat Terusan Panam berada disebut sebagai Cordillera Central.

Titik tertinggi negara Panama berada di Volcán Barú yang memiliki tinggi mencapai 3.475 meter di atas permukaan laut. Negara ini juga memiliki hutan yang cukup lebat membentuk Darién Gap antara Panama dan Kolombia.

Iklim Panama tergolong iklim tropis dengan suhu udara cendrung tinggi serta kelembaban relatif. Suhu udara di kawasan dekat samudera Pasifik sedikit lebih rendah dibandingkan dengan kawasan yang berbatasan dengan laut Karibia.

Suhu udara semakin rendah jika berada di kawasan pegunungan yang lebih tinggi. Bahkan terjadi embun beku di Cordillera de Talamanca, Panama bagian barat. Curah hujan juga bervariasi di setiap daerah yakni berkisar antara 1.300 milimeter sampai dengan lebih dari 3.000 milimeter per tahun.

Musim hujan terjadi mulai dari bulan April sampai dengan bulan Desember. Durasi atau lamanya hujan juga bervariasi dari 7 hingga 9 bulan. Namun secara umum curah hujan jauh lebih tinggi terjadi di dekat laut Karibia dibandingkan dengan kawasan dekat samudera Pasifik.

Penduduk Negara Panama

Diperkirakan ada sekitar 4 juta penduduk yang tinggal di negara Panama, dengan lebih dari 60 persen penduduk berusia antara 15 hingga 65 tahun (usia produktif) dan 6,6 persen merupakan golongan usia di atas 65 tahun.

Sebagian besar penduduk Panama banyak bertempat tinggal di Kota Panama, koridor metropolitas Colon yang membentang di beberapa kota. Karena tingkat populasi di kota Panama lebih dari 75 persen, menjadikan kota ini sebagai kawasan paling urban di Amerika Tengah.

Hampir lebih dari setengah penduduk Panama merupakan keturunan yang berasal dari percampuran bangsa kulit putih dan natif Amerika atau etnik Mestizo. Sedangkan sisanya merupakan etnik asli Amerika, keturunan bangsa kulit hitam (Afrika), etnik Mulatto, dan bangsa kulit putih.

Dalam kehidupan sehari-hari penduduk Panama menggunakan bahasa Spanyol yang juga menjadi bahasa resmi negara Panama. Untuk urusan pekerjaan seperti bisnis yang berbasis internasional, tidak sedikit penduduk yang dapat berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Penduduk Panama sebagian besar menganut agama Katolik. Meskipun begitu beberapa penduduk ada yang menganut kepercayaan agama lain seperti Kristen Protestan, Adventist, Jehovah’s Witnesses, Mormons, Budha, dan Yahudi.

Kondisi Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Panama

Negara Panama memiliki Pendapatan Domestik Bruto mencapai US$ 92,95 miliar dengan besarnya pendapatan per kapita sebesar US$ 23.000. Sebagian besar Pendapatan Domestik Bruto berasal dari sektor jasa meliputi pelayanan di Terusan Panama, logistik, asuransi, Perdagangan Bebas Colon, perbankan, pelabuhan kontainer, pendaftaran kapal dan pariwisata.

Sumber pendapatan negara lainnya berasal dari sektor industri yakni konstruksi, semen, bahan-bahan konstruksi, pembuatan bir, dan penggilingan tebu untuk diubah menjadi gula.

Kekayaan alam yang dapat ditemukan di Panama berupa hutan mahoni yang banyak ditemukan di sekitar Terusan Panama. Di bidang pertambangan negara ini menghasilkan emas dan tembaga yang dapat ditemukan di Colon dan beberapa daerah lain yang masih dalam tahap pengembangan.

Fakta Menarik Negara Panama

  1. Negara Panama menjadi satu-satunya negara di dunia yang dapat menyaksikan matahari terbit dari samudera Pasifik dan terbenam pada samudera Atlantik.
  2. Panama menjadi tempat tinggal bagi 10.000 jenis tanaman, termasuk 1.200 varietas anggrek, dan 678 tumbuhan paku.
  3. Terusan Panama dibangun pada tahun 1904 sampai dengan 1914. Pada mulanya Terusan Panama diawasi oleh tentara Amerika dari tahun 1979 hingga 1999, kemudian diambil sepenuhnya oleh Panama sampai sekarang.
  4. Pulau Isla de Coida Panama pernah menjadi tempat penjara bagi para kriminal berbahaya selama 85 tahun. Setelah ditutup pulau ini telah masuk ke dalam salah satu Warisan Dunia UNESCO.
  5. Panama menjadi zona bebas bea masuk terbesar kedua di dunia.
  6. Negara Panama menjadi salah satu negara di dunia yang tidak mempunyai tentara. Untuk menjaga ketertiban negara ini memiliki Panamanian Public Forces.
  7. Olah raga baseball menjadi olah raga terkenal di Panama selain sepak bola dan tinju.
fbWhatsappTwitterLinkedIn