Negara Kosta Rika: Karakteristik, Kondisi Ekonomi dan Kekayaan Alamnya

Negara Kosta Rika merupakan negara kecil ketiga yang ada di Amerika Tengah yang memiliki nama resmi sebagai Republik Kosta Rika. Sementara, mata uang resmi yang digunakan adalah Colon Kosta Rika (₡).

Kosta Rika mendeklarasikan kemerdekaannya tahun 1821 dengan beberapa negara Amerika Tengah setelah adanya Perang Kemerdekaan Meksiko. Merdeka dari Negara Spanyol yang telah menjajah dari tahun 1502, saat pertama ditemukan oleh Christopher Columbus. Pada tahun 1838, Kosta Rika mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya setelah lepas dari Republik Federal Amerika Tengah.

Karakteristik Negara Kosta Rika

Bentuk pemerintahannya republik kesatuan multipartai dengan satu Lembaga legislatif dengan kepala negaranya adalah seorang presiden. Dari semua negara Amerika Tengah, Kosta Rika dianggap memiliki pemerintahan yang paling stabil dan dengan sistem demokratis.

Negara Kosta Rika memiliki luas 51.100 Km2, membentang dari barat laut ke tenggara di Amerika Tengah. Berbatasan dengan beberapa negara dan perairan, antara lain:

  • Sisi utara berbatasan dengan: negara Nikaragua
  • Sisi timur laut berbatasan dengan: Laut Karibia
  • Sisi tenggara berbatasan dengan: Panama
  • Sisi barat daya berbatasan dengan: Samudra Pasifik

Hal menarik yang hanya dimiliki oleh negara ini yakni memiliki dataran sempit dan membuat jarak antara Samudra Pasifik dan Laut Karibia hanya sekitar 120 Km.

Kosta Rika memiliki 2 rangkaian pegunungan, satu  berada di utara yaitu Cordillera Volcanica yang terkenal dengan aktivitas vulkaniknya. Sementara satu ada di selatan yaitu Cordillera de Talamanca. Pegunungan ini ditunjuk sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983 dengan batholith granit yang besar.

Titik tertingginya adalah Gunung Chirripo yaitu 3.819 m berada di pegunungan Talamanca. Dua puncak tertinggi terdapat di Cordillera Volcanica yaitu Irazu yaitu 3.432 m dan Poas 2.704 m.

Kosta Rika memiliki iklim tropis dan subtropis, dengan 2 musim. Musim kemarau yang berlangsung dari musim dingin di bulan Desember hingga musim panas di bulan April yang panas, kering dan berawan.

Lalu terdapat musim hujan yang berlangsung dari Mei hingga November yang bulannya tumpang tindih dengan musim dingin menjelang akhir. Saat musim tersebut, kondisinya lembap dan mendung, dengan curah hujan yang sering terjadi di banyak daerah.

Suhunya bervariasi mulai dari suhu rendah dengan rata-rata pertahunnya 17,2 derajat hingga 27,2 derajat. Januari adalah suhu terendah dalam setahun sedangnya April adalah suhu tertinggi yang terjadi, tak jarang bisa mencapai 37,8 derajat pada saat musim kemarau.

Hampir sepertiga lanskap Kosta Rika adalah hutan cemara berdaun lebar yang lebat, yang mencakup pohon mahoni dan pohon aras/cedar tropis. Di pegunungan Talamanca tumbuh banyak pohon oak hijau. Di atas titik tertinggi pegunungan dipenuhi oleh semak-semak gunung dan rumput.

Bagian barat laut, dengan musim kemarau terpanjang memiliki hutan gugur terbuka (deciduous forest) yaitu sebuah vegetasi yang sebagian besar terdiri dari pohon berdaun lebar yang merontokan semua daunnya pada satu musim.

Sepanjang garis pantai Karibia ditumbuhi oleh pohon palem, sementara di teluk Nicoya dan teluk Dulce di sepanjang Samudra Pasifik, dipenuhi oleh hutan bakau.

Lumut, anggrek dan tanaman tropis lainnya sangat melimpah. Kosta Rika yang terletak di pertengahan antara Amerika Selatan dan Utara membuat populasi hewan di sana sangat beragam.

Sedangan untuk spesies Amerika Selatan termasuk monyet, trenggiling, dan sloth, serta Spesies Amerika Utara termasuk rusa, kucing liar, musang, berang-berang, coyote, dan rubah.

Penduduk Negara Kosta Rika

Pada tahun 2020 populasinya adalah 5.113.000, sedangkan di tahun 2019 menduduki peringkat 119 dari seluruh dunia sebagai negara dengan penduduk tertinggi.

Hampir 4/5 populasi Kosta Rika adalah keturunan Eropa dan hal ini menjadikannya memiliki persentase terbesar orang keturunan Spanyol di Amerika Tengah.

Kelompok terbesar selanjutnya adalah Mestizos yaitu orang campuran asli dan keturunan Eropa. Sementara itu kurang dari 1 persen populasi Kosta Rika saat ini adalah penduduk asli yang biasanya disebut orang India atau American Native.

Jika dilihat dari budayanya, Kosta Rika mempunyai perpaduan yang antara warisan leluhur dan pengaruh Colonial Spanyol, dengan beberapa budaya dari Jamaika, Tiongkok, dan imigran lainnya yang mempengaruhi karakter dan adat istiadat Kosta Rika.

Karena hal tersebut, Kosta Rika menjadi bangsa yang santai, ramah, dan bahagia. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Spanyol, tetapi sebagian besar penduduknya berbicara menggunakan Bahasa Inggris, Bribi, dan Kreol Mekatelyu.

Kondisi Ekonomi Dan Kekayaan Negara Kosta Rika

Pada tahun 2017, Kostarika mempunyai Pendapatan Nasional Bruto (PNB) sebesar 54.146 US$. Sementara itu, PNB per kapita adalah 11.040 US$. Kosta Rika sukses membangun negaranya dalam berbagai aspek.

Kosta Rika dianggap memiliki penghasilan menengah ke atas bagi warganya. Sukses menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang stabil selama 25 tahun terakhir. Pertumbuhan ini dihasilkan dari strategi yang berorientasi keluar, yaitu terbuka terhadap investasi asing dan liberalisasi perdagangan secara bertahap.

Sekitar sepersepuluh dari GNP disumbangkan dari sektor pertanian dengan hasil berupa gula dan kopi yang banyak dibudidayakan di dataran tinggi. Lalu ada pisang yang diproduksi di dataran rendah dekat pesisir Karibia. Semua pertanian ini merupakan penghasil ekspor terbesar.

Selain itu Kosta Rika juga menghasilkan bunga potong, kopi, jamu, dan kacang macadamia. Ditambah makanan manufaktur, pupuk, kerajinan tangan, garmen, dan penerbitan. Kosta Rika juga memenuhi kebutuhan minyak sawitnya secara mandiri yang ditanam di dataran rendah Pasifik selatan.

Selain pertanian dan perkebunan, sektor perikanan Kosta Rika juga berkembang dengan baik. Sebagian besar terkonsentrasi di pantai Pasifik dan fokus pada tuna serta udang.

Semua itu digunakan untuk kebutuhan dalam negeri dan bahkan bisa sampai di ekspor. Selain itu sejak tahun 1990 telah menjadi pemasok utama ikan nila ke Amerika Serikat.

Fakta Menarik Negara Kosta Rika

  1. Penduduk Kosta Rika mempunyai kemampuan literasi yang baik mencapai 96% meskipun ada anak-anak yang tidak bersekolah sampai ke wilayah pedesaannya. Semua itu berkat pemerintah di sana menggunakan media siaran radio nasional untuk memberikan pelajaran kepada penduduknya..
  2. Gunung Arenal dengan ketinggian 1.670 m adalah gunung berapi paling aktif di Kosta Rika sekaligus di dunia.
  3. Sungai yang paling terkenal di Kosta Rika dan di dunia adalah sungai Rio Celeste yang airnya berwarna biru cerah. Hal ini diakibatkan oleh kombinasi dua proses kimia yang berbeda dari gunung berapi.
  4. Kosta Rika merupakan negara yang membubarkan Angkatan bersenjatanya pada tahun 1949. Negara ini sudah menerapkan dengan baik pada sektor layanan publik, termasuk Pendidikan, dan perawatan kesehatan yang tersedia bagi semua rakyatnya.
  5. Kosta Rika menjadi satu-satunya negara tropis pertama di dunia yang telah membalikkan deforestasi dengan memprakarsai program Pembayaran Jasa Lingkungan atau Payment for environtmental Services (PES) yaitu konservasi keanekaragaman hayati.
fbWhatsappTwitterLinkedIn