Negara Nikaragua: Karakteristik, Penduduk, dan Kondisi Ekonominya

Negara Nikaragua dengan nama resmi yakni Republik Nikaragua adalah negara yang terletak di benua Amerika, tepatnya di Amerika Tengah. Negara ini pernah mengalami gampa bumi dahsyat pada 23 Desember 1972 yang menewaskan 5.000 jiwa dan 20.000 orang terluka.

Nama Nikaragua berasal dari kata ‘Nicarao’ yakni nama sebuah suku yang berada di pesisir Lago Nicaragua, sedangkan kata ‘agua’ mempunyai arti air dalam bahasa Spanyol. Suku Nicarao berasal dari utara setelah jatuhnya Teotihuacan atas dasar anjuran dari pemuka agama mereka.

Karakteristik Negara Nikaragua

Negara Nikaragua yang berada di Amerika Tengah memiliki luas wilayah mencapai 130.370 km persegi atau kurang lebih setara dengan luas New York. Negara dengan ibu kota di Managua, menjadi negara dengan tingkat kepadatan penduduk terendah di kawasan Amerika Tengah.

Secara astronomis negara ini terletak di antara garis lintang 11o LU – 15o LU dan garis bujur 82o BB –  88o BB. Negara Nikaragua berbatasan dengan beberapa negara antara lain:

Negara ini terbagi menjadi tiga wilayah geografis yang cukup berbeda yakni dataran rendah Pasifik, Pegunungan Amerrisque, dan Pantai Mosquito. Di bagian Pasifik Nikaragua terdapat dua buah danau air tawar terbesar di Amerika Tengah, danau tersebut yakni danau Managua dan danau Nikaragua.

Hampis seperlima kawasan Nikaragua telah ditetapkan sebagai kawasan yang harus dilindungi seperti cagar alam, taman nasional, dan cadangan biologis.

Penduduk Negara Nikaragua

Penduduk Nikaragua sebagian besar merupakan keturunan Mestizo (70%), sedangkan kelompok terbesar kedua adalah keturunan bangsa Spanyol yang pernah datang ke negara ini. Seiring berjalannya waktu banyak imigran yang datang ke negara ini, mereka berasal dari Jerman, Italia, Inggris, Turki, Prancis, dan Denmark.

Penduduk berkulit hitam juga dapat ditemukan di Nikaragua yang sebagian besar tinggal di kawasan pesisir Karibia. Penduduk Nikaragua ada yang merupakan keturunan penduduk asli seperti etnik Nahua (Pipil-Nicarao), etnik Chorotega, dan etnik Subtiaba.

Bahasa yang paling dituturkan oleh penduduk Nikaragua yakni bahasa Spanyol, akan tetapi bahasa Spanyol yang digunakan telah mendapatkan pengaruh dari penduduk Nikaragua. Sebagai contoh, penduduk Nikaragua cendrung mengganti kata yang mengandung huruf ‘s’ menjadi ‘h’ saat berbicara.

Untuk wilayah pesisir dekat Karibia, banyak penduduk yang menggunakan bahasa Kreol berbasis bahasa Inggris dan Spanyol. Selain itu terdapat bahasa-bahasa lain seperti bahasa Misumalpan dan bahasa Chibchan.

Nikaragua tidak menetapkan agama resmi, akan tetapi mayoritas penduduknya menganut agama Gereja Katolik Roma. Namun seiring berjalannya waktu jumlah penganut agama Katolik Roma mengalami penurunan.

Terjadi peningkatan terhadap jumlah jemaat Gereja Evangelis dan Mormon sejak tahun 1990-an. Terdapat agama lain yang juga dapat dianut oleh penduduk lain namun jumlahnya cukup sedikit seperti Buddha, bahkan ada beberapa penduduk yang tidak diketahui agama bahkan tidak beragama.

Kondisi Ekonomi dan Kekayaan Alam Nikaragua

Kondisi perekonomian Nikaragua tergolong negara miskin di kawasan sub region Amerika Tengah. Bahkan tingkat pengangguran dan kemiskinannya cukup tinggi. Dengan tingkat pertumbuhan PDB yang mencapai 4,9% di tahun 2017 tidak menjadikan perbedaan yang cukup signifikan terhadap kesejahteraan penduduk Nikaragua.

Negara ini sangat mengandalkan sektor pertanian dan industri tekstil yang menyumbang sekitar 50% pendapatan negara. Hampir sebagian besar produk pertanian dan tekstil diekspor ke sejumlah negara seperti kopi dan daging sapi.

Sedangkan hasil pertanian lainnya berupa jagung, kacang-kacangan, beras, sorgum, beberapa jenis buah dan sayur mayur.

Kekayaan alam yang dimiliki oleh Nikaragua cukup melimpah, bahkan emas yang dihasilkan oleh negara ini banyak di ekspor ke sejumlah negara. Akan tetapi banyak sumber daya alam yang tersedia masih belum dimanfaatkan dengan maksimal seperti perak, zinc, tembaga, besi, dan gipsum.

Fakta Menarik Negara Nikaragua

  1. Terdapat salah satu spesies ikan hiu yang dapat hidup di air tawar dan air laut yakni Hiu Banteng atau Bull Shark. Hiu ini dapat ditemukan berenang di Sungai San Juan dari Laut Karibia hingga ke Danau Nikaragua tanpa makan selama perjalanan.
  2. Kota terkenal bagi turis di Nikaragua bukanlah Managua (ibu kota), melainkan kota Granada yang juga kota tertua di Amerika Latin.
  3. Nikaragua memiliki sebuah pulau bernama pulau Ometape yang sering dikunjungi oleh para siswa dan ilmuwan seluruh dunia untuk mempelajari keunikan flora dan faunanya.
  4. Nikaragua menjadi penghasil buah Pitahaya atau buah naga terbesar di Amerika Tengah. Jumlah produksi buah naga dapat mencapai 6.160 ton setiap tahunnya.
  5. Bandara Augusto Cesar Sandino yang berada di Managua, adalah salah satu bandara paling aman di Amerika Latin berdasarkan penilaian dari Organization of International Civil Aviation.
  6. Paspor Nikaragua dianggap sebagai paspor paling aman di dunia. Hal ini disebabkan karena paspor dari Nikaragua memiliki 89 fitur keamanan, termasuk hologram, barcode, dan watermark menjadikan paspor ini paling sulit untuk dipalsukan.
fbWhatsappTwitterLinkedIn