Negara Honduras: Karakteristik, Penduduk, dan Faktanya

Negara Honduras atau Republik Honduras merupakan sebuah negara yang berada di Amerika Tengah, Benua Amerika. Dahulu sama seperti negara-negara yang berada di sekitarnya, Honduras menjadi tempat tinggal bagi bangsa Mesoamerika salah satunya yakni Suku Maya.

Kata Honduras sendiri dalam bahasa Spanyol mempunyai arti ‘dalam’. Nama tersebut dapat mengacu pada teluk Trujillo yang digunakan sebagai tempat berlabuhnya kapal. Di dalam sebuah Fondura dengan dialek Leonese Spanyol, terdapat sebuah kutipan dari Columbus yakni “Gracias a Dios que hemos salido de esas Honduras” yang artinya ‘terima kasih kami telah berangkat dari kedalaman itu’.

Karakteristik Negara Honduras

Negara Honduras mempunyai ibu kota berada di Tegucigalpa yang juga terkenal sebagai kota terbesar di negara tersebut. Dapat dikatakan jika Honduras merupakan sebuah negara yang mempunyai batasan perairan dengan Samudera Pasifik dan Laut Karibia.

Jika diperhatikan, negara Honduras mempunyai batasan-batasan dengan beberapa wilayah daratan dan perairan lain, yakni:

Kondisi geografis Honduras terdiri atas wilayah pegunungan dan dataran sempit di sepanjang kawasan pesisir. Terdapat pula sebuah hutan dataran rendah besar yang masih berkembang bernama La Mosquitia berlokasi di bagian timur laut.

Pada La Mosquitia terdapat sebuah situs Warisan Dunia UNESCO yakni Cagar Biosfer Rio Platano yang terdapat sebuah sungai Coco. Sungai ini membelah negara Honduras yang mengalir dari negara Nikaragua.

Berdasarkan klasifikasi iklim Koppen, sebagian besar iklim di Honduras masuk ke dalam kategori AW (savana). Untuk kawasan dekat dengan Laut Karibia diklasifikasikan ke dalam kategori AF (rainforest).

Secara keseluruhan, suhu udara dari bagian tengah hingga ke selatan relatif lebih panas dan sedikit lembab dibandingkan dengan kawasan di bagian utara.

Penduduk Negara Honduras

Jumlah penduduk Honduras mencapai sekitar 9,7 juta jiwa dengan etnik terbesarnya berasal dari Mestizo (90%). Namun terdapat pula etnik minoritas lainnya seperti India Amerika, beberapa etnik kulit hitam dan sedikit penduduk kulit putih.

Pada tahun 1927, sensus Honduras mengkategorikan penduduknya menjadi 5 kategori yakni putih, Indian, negro, kuning, dan Mestizo. Mestizo merupakan kategori bagi penduduk yang tidak masuk ke dalam kategori putih, indian, negro, kuning atau percampuran antara kulit putih dan suku Indian.

Bahasa Spanyol menjadi bahasa resmi negara Honduras dan dituturkan oleh sebagian besar penduduk Honduras. Namun di beberapa wilayah masih ditemukan beberapa penduduk Indian yang menuturkan bahasa selain Spanyol, tentunya dalam komunitas kecil.

Mayoritas penduduk Honduras beragama Katolik Roma yang masih menjadi anggota Gereja Katolik Roma. Pemeluk agama Protestan juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terdapat juga agama lain namun dengan jumlah penganut lebih sedikit dibandingkan dengan agama Katolik dan Protestan yakni Islam, Buddha, Yahudi, dan Rastafarians.

Kondisi Ekonomi dan Sumber Kekayaan Alam Negara Honduras

Setelah merdeka dari bangsa Spanyol, kondisi perekonomian Honduras mengalami kekacauan. Bahkan negara ini menjadi salah satu negara paling miskin di kawasan Amerika Utara. Dan Bank Dunia mengkategorikan Honduras sebagai negara berpenghasilan menengah ke bawah.

Diketahui jika besarnya pendapatan per kapita negara Honduras berkisar 600 dolar Amerika. Di tahun 2010, hampir separuh penduduk Honduras berada di bawah kemiskinan, dan jumlahnya terus meningkat di tahun berikutnya.

Masalah di Honduras tidak hanya itu saja, tingkat pengangguran negara ini juga tinggi, bahkan banyak penduduk Honduras yang putus sekolah.

Sumber pendapatan negara sebagian besar berasal dari sektor pertanian dalam skala kecil, namun ada pula sebagian kecil hasil pertanian yang diekspor. Selain itu, bancana alam juga turut mempengaruhi perekonomian dan sumber daya alam yang dimiliki Honduras.

Badai Mitch yang terjadi pada tahun 1998 sangat mempengaruhi ketidaksetaraan perekonomian terutama di daerah pedesaan miskin. Dampak dari badai Mitch sendiri menyebabkan kerawanan pangan, para petani tidak dapat menafkahi keluarganya, makanan mahal, dan lain sebagainya.

Fakta Menarik Negara Honduras

  1. Istilah Pisang Honduras pertama kali dikemukaan oleh O. Henry karena sebagian besar komoditi ekspor Honduras merupakan pisang.
  2. Letaknya yang cukup strategis, Honduras menjadi tempat transit utama untuk menyelundupkan obat-obatan terlarang yang berasal dari Amerika Serikat. Salah satu organisasi terkenal dengan perdagangan narkotikanya yakni MS-13.
  3. Negara Honduras tidak memiliki gunung berapi, namun terdapat satu danau alam yakni Danau Yojoa.
  4. Titik tertinggi Honduras berada di gunung Cero Las Minas yang memiliki tinggi mencapai 2.870 meter di atas permukaan laut.
  5. Bandara Honduras di Tegucigalpa yakni Bandara Internasional Toncontin berada diurutan kedua sebagai bandara paling berbahaya di dunia karena lokasinya yang bergunung dan landasan sangat pendek.
  6. Pernah terjadi Hujan Ikan atau dalam bahasa Spanyol disebut sebagai “La Lluvia de Peces” di Departemen Yoro. Akibat badai besar membawa ikan-ikan di laut jatuh di daratan.
  7. Negara Honduras berada di urutan teratas sebagai negara dengan tingkat pembunuhan dan kekerasan seksual.
fbWhatsappTwitterLinkedIn