Negara Belize: Karakteristik, Penduduk, dan Faktanya

Negara Belize adalah sebuah negara kecil yang terletak di pesisir timur Amerika Tengah. Dahulu negara ini bernama Honduras Britania pada tahun 1973 dan sempat menjadi negara bekas jajahan Britania Raya selama kurang lebih satu abad.

Dalam bahasa Spanyol, kata Belize sering disebut dengan nama ‘Belice’, sedangkan kata Belize berasal dari kata Maya belix yang memiliki arti air berlumpur, mengacu pada Sungai Belize.

Akan tetapi menurut sejarah asal nama Belize sendiri tidak begitu jelas. Namun terdapat sebuah teori yang mengatakan jika nama Belize diturunkan dari pelafalan Spanyol untuk Wallace yang merupakan nama akhir dari bajak laut, pencipta pemukiman pertama di Belize (1638).

Karakteristik Negara Belize

Negara Belize merupakan sebuah negara pesisir yang masuk ke dalam kawasan Karibia. Pada sisi bagian timurnya berbatasan dengan Laut Karibia dan deretan terumbu karang penghalang terpanjang kedua di dunia yang mengapit sekitar 386 km garis pantai.

Secara astronomis negara Belize berada di antara garis lintang 16o LU – 18o LU dan garis bujur 87o BB – 89o BB. Negara ini juga berbatasan langsung dengan beberapa negara, antara lain:

Negara Belize menjadi satu-satunya negara di Amerika Tengah yang tidak mempunyai garis pantai dari Samudera Pasifik.

Luas wilayah negara Belize mencapai 22.960 km persegi, atau sedikit lebih luas daripada negara El Salvador dan negara Israel. Terdapat banyak aliran sungai di negara ini, namun yang cukup terkenal di Belize yakni Sungai Hondo, Sarstoon, dan Belize.

Pada bagian utara Belize merupakan kawasan pesisir yang dengan kontur tanah datar dan berawa di beberapa tempat yang mempunyai hutan lebat. Sedangkan untuk bagian selatan terdapat sebuah pegunungan rendah bernama pegunungan Maya yang memiliki puncak sekaligus titik tertinggi di Belize yakni Doyle’s Delight (1.124 meter di atas permukaan laut).

Negara ini termasuk negara beriklim tropis dengan udara yang panas dan kering. Musim hujan terjadi sekitar bulan Mei sampai dengan November, bahkan saat pergantian musim negara ini sering mengalami badai topan hingga banjir.

Penduduk Negara Belize

Jumlah penduduk Belize sekitar 400.000 jiwa dengan mayoritas merupakan etnis Mestizo. Etnis Mestizo merupakan etnis keturunan percampuran dari Spanyol dan Maya. Mereka banyak ditemukan di kawasan Corozal dan Orange Walk, serta menggunakan bahasa Spanyol dalam percakapan sehari-hari.

Kelompok etnis lainnya berasal dari etnis Creol, etnis Maya, dan juga etnis Garinagu. Etnis Maya diperkirakan telah ada di Belize tepatnya di wilayah Yucatan sejak milenium kedua SM dan dikelompokkan menjadi tiga yakni Yucatec, Mopan, dan Q’eqchi.

Etnis Maya banyak berbicara menggunakan bahasa asli mereka. Namun tidak sedikit juga yang dapat berbahasa Spanyol, bahasa Inggris, dan Kreol Belize.

Sedangkan etnik Garinagu adalah kelompok etnis keturunan dari hasil percampuran antara Afrika Barat atau Tengah dengan Arawak, dan Pulau Carib.

Seiring berjalannya waktu, negara ini kedatangan pada imigran yang berasal dari Rusia (Mennonit Rusia), India, Tiongkok, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Korea Selatan, Suriah, dan Lebanon.

Tidak hanya itu saja, imigran Amerika Tengah seperti El Salvador, Guatemala, Honduras, dan Nikaragua juga datang ke negara ini.

Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi negara Belize. Negara ini merupakan satu-satunya negara di Amerika Tengah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Akan tetapi bahasa Kreol Belize menjadi bahasa yang paling banyak dituturkan baik dalam kondisi formal, informal, antaretnis, sosial, bahkan pertemuan Dewan Perwakilan Rakyat.

Di bidang agama, banyak penduduk Belize adalah jemaat Gereja Katolik Roma. Terdapat pula agama lain dianut oleh penduduk Belize yakni Protestan, Pantekosta, Advent, Maya, Garifuna, Obeah Myalisme, Hindu, Budha, Muslim, Baha’i, Rastafarian dan Ateis.

Kondisi Ekonomi dan Kekayaan Alam Negara Belize

Pariwisata menjadi sektor andalan negara Belize. Pada tahun 2017 Pendapatan Domestik Bruto dari sektor pariwisata mencapai US$1,854 miliar dengan pendapatan per kapita mencapai US$8.300.

Tidak hanya itu saja, sektor pertanian juga turut menyumbang pendapatan negara. Hasil pertanian terkenalnya yakni gula, pisang, jeruk, berbagai macam hasil laut.

Sebenarnya kekayaan alam yang dimiliki oleh Belize hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduknya saja, seperti tanaman padi yang hanya dikelola untuk kebutuhan rumah tangga saja.

Bahkan untuk sumber daya alam berupa mineral dan minyak bumi jumlahnya cukup sedikit. Banyak lahan yang belum dikelola dengan baik, namun sebagian telah ditanami oleh tanaman kayu. Sumber daya air dan ikan juga mulai dikelola dengan baik, karena penduduk Belize sadar jika kekayaan alam tersebut menjadi sumber daya yang berpotensial.

Fakta Negara Belize

  1. The Great Blue Hole berada di Karang Belize dan telah masuk sebagai salah  satu daftar Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 1996. Lubang besar berwarna biru ini merupakan lubang pembuangan laut terbesar di Laut Karibia.
  2. Negara Belize pernah menjadi tempat berdirinya kerajaan Maya kuno ratusan tahun yang lalu. Di sini telah ditemukan lebih dari 900 situs suci dan tersisa dari reruntuhan kerajaan Maya.
  3. Cagar Alam Cockscomb dan Cagar Jaguar merupakan satu-satunya cagar alam di dunia yang khusus melestarikan jaguar.
fbWhatsappTwitterLinkedIn