Negara Meksiko: Karakteristik, Kondisi Ekonomi dan Sumber Daya Alamnya

Negara Meksiko atau negara yang memiliki nama resmi Negara Meksiko Serikat adalah sebuah negara yang berada di Amerika Utara. Negara ini termasuk negara terbesar ketiga di Amerika Latin.

Menurut sejarah, nama Meksiko berasal dari nama ibu kota kuno Aztec yakni Mexico-Tenochtitlan. Kata ‘Mexi’ berasal kata ‘Mexitli’ yaitu nama dewa perang, sedangkan ‘Co’ berarti tempat dan ‘ca’ yakni orang.

Karakteristik Negara Meksiko

Negara Meksiko terletak di benua Amerika tepatnya di bagian selatan dari Amerika Utara dan berbatasan daratan secara langsung dengan Amerika Serikat. Secara astronomis, Meksiko terletak di antara garis lintang 6o – 34o LU dan garis bujur 86o – 118o BB.

Negara Meksiko termasuk sebuah negara Konstitusi Republik federal Amerika Utara. Negara ini memiliki beberapa batasan dengan negara dan kawasan perairan lainnya, seperti:

  • Bagian utara berbatasan dengan: Amerika Serikat
  • Bagian timur berbatasan dengan: Teluk Meksiko
  • Bagian tenggara berbatasan dengan: negara Guetamala, negara Belize, dan Laut Karibia
  • Bagian selatan berbatasan dengan: Samudera Pasifik
  • Bagian barat berbatasan dengan: Samudera Pasifik

Jika dilihat bentuk topografi dari negara Meksiko terdiri dari deretan pegunungan, antara lain:

  • Pada bagian barat: Sierra Madre Occidental
  • Pada bagian timur: Sierra Madre Oriental
  • Pada bagian tengah: Cordillera Neovolcanica
  • Pada bagian selatan: Sierra Madre del Sur

Di bagian timurnya terdapat plato yang berupa tanah liat dan tanah gamping. Sedangkan di sisi bagian barat tersusun oleh deretan bukit-bukit dengan batuan vulkanisnya.

Pada bagian selatan terdapat plato dan disekat oleh pegunungan yang masih aktif dengan tingkat kegiatan vulkanis cukup tinggi. Untuk bagian utaranya dan juga bagian plato tengah merupakan daerah kering.

Hal ini disebabkan karena di bagian utara tidak ditemukan adanya sungai dan juga sebagian besar adalah dataran rendah dekat pinggir pantai. Dataran rendah pantai mulai membentang dari Rip Grande sampai dengan Semenanjung Yukatan.

Sedangkan pada dataran rendah yang berada dekat dengan Pantai Pasifik merupakan dataran rendah yang cukup sempit dan berbukit-bukit. Negara Meksiko memiliki sebuah gunung tertinggi bernama Gunung Orizba dengan tinggi mencapai 5.700 meter di atas permukaan laut.

Negara Meksiko mempunyai iklim yang cukup bervariasi di setiap wilayahnya. Namun sebagian besar negara Meksiko hanya memiliki dua musim yakni musim hujan dan musim panas.

Musim hujan terjadi antara bulan Juni hingga September, dan musim panas terjadi pada bulan Oktober sampai dengan April. Curah hujan tergolong rendah terutama di daerah pedalaman dan juga bagian utara.

Curah hujan tertinggi terjadi di sekitar Semenanjung Yucatan dan pesisir timur dan selatan.

Penduduk Negara Meksiko

Menurut data tahun 2019, tercatat jumlah penduduk negara Meksiko ada sekitar 127,6 juta jiwa. Tidak heran jika negara ini menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Penduduk Meksiko terdiri dari beragam etnis, namun setelah revolusi pemerintah Meksiko menyatukan semua penduduk menjadi etnis yang sama yaitu Mestizo. Tidak heran sejak tahun 1930 pengelompokan etnis Meksiko hanya masyarakat adat.

Selain etnis Mestizo (Amerindian-Spanish), terdapat pula kelompok etnis lain yaitu Amerindian Predominantly, Amerindian, dan beberapa etnis yang berasal dari Eropa.

Menurut para ahli bahasa setidaknya ada sekitar 12 bahasa Meksiko yang utama, lebih dari empat puluh kelompok bahasa yang kecil, serta lebih dari sembilan puluh bahasa individu.

Setidaknya ada sekitar 20% penduduk asli Meksiko menggunakan bahasa Nahuatl yang merupakan bahasa kaum Aztec, telah dituturkan oleh 15 negara bagian. Meskipun begitu bahasa Spanyol merupakan bahasa resmi negara Meksiko.

Agama Katolik Roma menjadi agama mayoritas di negara ini. Terdapat pula agama-agama lain namun dengan jumlah pemeluk yang sedikit, yaitu Kristen yang terdiri dari Evangelicals, Pentakosta, Protestan, sedangkan penduduk lain bukanlah beragama Kristen dan juga tidak beragama.

Kondisi Ekonomi dan Sumber Daya Alam Negara Meksiko

Sejak Perang Dunia II, negara Meksiko yang dahulu sangat mengandalkan sektor pertanian telah beralih ke sektor pertambangan. Hal ini didukung adanya sumber cadangan minyak bumi yang cukup banyak di negara ini.

Tidak heran jika Meksiko menjadi negara penghasil minyak bumi terbesar ke-10 di dunia. Selain minyak bumi, Meksiko juga terkenal akan peraknya yang bahkan telah diekspor ke sejumlah negara.

Meskipun perekonomian Meksiko sangat bergantung pada sektor pertambangan, namun negara ini juga masih tetap mengandalkan sektor pertanian. Sebagian besar kegiatan pertanian dilakukan di sekitar daerah Plato Tengah.

Daerah Plato Tengah adalah daerah kaya akan kandungan tanah vulkanis yang subur, ditambah dengan curuh hujan yang cukup tinggi sehingga cocok dijadikan tempat mengolah lahan pertanian.

Fakta-Fakta Menarik Negara Meksiko

  1. Negara Meksiko berada diurutan kelima di dunia serta pertama di Amerika yang memiliki Situs Warisan Dunia UNESCO sebanyak 31 situs.
  2. Penduduk Meksiko gemar melakukan pesta, dalam suatu acara tertentu atau tidak. Pesta yang dilakukan oleh para petani di pedesaan menjadi pesta yang paling menarik.
  3. Meksiko menjadi lokasi rawan gempa serta gunung berapi paling berbahaya di dunia. Tidak heran jika negara ini sering mengalami gempa dan dua diantaranya merupakan gempa terdahsyat.
  4. Hampir sebagian besar orang Meksiko tidak dapat berbahasa Inggris meskipun negara ini berbatasan langsung dengan negara Amerika Serikat.
  5. Terdapat peradaban besar pertama di Meksiko bernama Olmec (1400-300 SM), yang banyak membangun kota di sepanjang pantai Meksiko.
  6. Salah satu Tujuh Keajaiban Baru Dunia bernama Piramida Chicen Itza di Meksiko.
  7. Negara Meksiko mempunyai banyak peradaban kuno mulai dari Olmec, Zapotec, Toltec, Maya, Aztec, dan Inca yang terlah terpadu dengan peradaban Afrika, Prancis dan Spanyol.
fbWhatsappTwitterLinkedIn