Negara Kanada: Karakteristik, Peduduk, Dan Fakta Menarik

Negara Kanada yang memiliki nama asli Dominion of Canada adalah sebuah negara yang terletak di bagian paling utara Amerika Utara. Negara ini menganut sistem Monarki Konstitusional dengan membagi wilayah ke dalam 10 provinsi dan 3 teritori.

Nama “Kanada” berasal dari kata Huron-Iroquoia yaitu “kanata” yang memiliki arti desa, pemukiman, atau kumpulan pondok. Berikut karakteristik, penduduk, hingga beberapa fakta menarik negara Kanada.

Karakteristik Negara Kanada

Negara Kanada yang beribu kota di Ottawa telah berdiri sejak tahun 1867. Menurut sejarah, Kanada pernah dijajah oleh bangsa Prancis dan Inggris. Tidak heran jika Kanada telah menjadi anggota La Francophonie sekaligus menjadi negara Persemakmuran Inggris.

Negara Kanada memiliki wilayah seluas 9.984.670 km persegi dan berada setengah dari wilayah utara Amerika Utara. Selain itu, negara Kanada menjadi negara terbesar di dunia urutan kedua setelah negara Rusia, dengan luas wilayah sekitar 41% benua Amerika Utara.

Negara ini juga berbatasan dengan beberapa negara dan perairan, antara lain:

  • Sisi utara berbatasan dengan: Laut Beaufort dan Samudera Arktik
  • Sisi timur berbatasan dengan: Samudera Atlantik, Selat Davis
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Negara Amerika Serikat
  • Sisi barat berbatasan dengan: Samudera Pasifik
  • Sisi barat laut berbatasan dengan: Alaska
  • Sisi timur laut berbatasan dengan: Greenland (Tanah Hijau)

Menurut sejarah, sejak tahun 1925 negara Kanada telah mengklaim sebagian wilayah Arktik mulai dari 60o B dan 141oB. Hampir sebagian besar wilayah negara Kanada berada di kawasan Arktik yang mempunyai iklim sedang.

Bahkan negara Kanada menjadi negara dengan daerah geografis lebih luas dibandingkan dengan negara di sekitarnya.

Negara ini terkenal akan kondisi udaranya yang cukup dingin. Bahkan ketika musim dingin tiba, negara Kanada sering diterjang oleh badai salju, badai es, yang berdampak pada turunnya suhu hingga mencapai -50 derajat celcius terutama di kawasan paling utara.

Kenampakan alam Kanada cukup beragam, mulai dari padang rumput yang amat luas di barat Ontario, Pegunungan Rocky yang membagi provinsi British Columbia dan Alberta, hutan konifer dan tundra di Kanada Utara, dan beberapa pulau-pulau di bagian utara.

Kondisi Penduduk Negara Kanada

Negara Kanada terkenal akan keragaman etnis dan multikultural yang paling beragam di dunia. Hal ini dibuktikan dari tingkat imigran yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Meskipun begitu, banyak orang Kanada mengelompokkan diri mereka sebagai orang-orang Kanada. Namun tidak sedikit juga yang percaya jika penduduk Kanada merupakan keturunan imigran yang berasal dari Inggris, Irlandia, dan Prancis.

Berdasarkan UU Konstitusi 1982 mengakui bahwa setidaknya terdapat 3 kelompok utama penduduk asli Kanada yaitu Asli, Metis, dan Inuit. Terdapat juga kelompok etnis minoritas yang bisa ditemukan di Kanada seperti Jerman, Italia, dan Skotlandia.

Agama di Kanada cukup beragam, namun sebagian besar penduduknya beragama Gereja Katolik Roma. Ada banyak agama lain yang diyakini oleh penduduk Kanada antara lain:

  • Protestan
  • Anglikan
  • Ortodoks Timur
  • Ortodoks Oriental
  • Hindu
  • Islam
  • Sikh
  • Buddha
  • Yahudi
  • Jainisme dan Jediisme

Setidaknya ada dua bahasa resmi yang diakui oleh negara ini yaitu bahasa Inggris dan bahasa Prancis. Di tanggal 7 Juli 1969 bahasa Prancis disetarakan kedudukannya dengan bahasa Inggris melalui pemerintahan federal.

Karena adanya multibudaya dan dijadikan sebagai kebijakan resmi, oleh karena itu untuk menjadi warga negara Kanada seseorang diharuskan dapat berbicara baik dalam bahasa Inggris dan juga bahasa Prancis.

Perekonomian Dan Sumber Daya Alam Negara Kanada

Negara Kanada terkenal sebagai salah satu negara maju di dunia. Hal ini didukung oleh ketersediaan sumber daya alam yang dimilikinya serta kegiatan perdagangan.

Tidak heran jika Kanada memiliki tingkat industri yang tinggi, berteknologi maju, serta tersedianya bahan bakar fosil, energi nuklir hingga tenaga hidroelektrik.

Bisa dikatakan jika kondisi perekonomian Kanada saat ini mendekati Amerika Serikat yakni dengan sistem ekonomi berorientasi-pasar, pola produksi, dan standar hidup tinggi.

Seiring berjalannya waktu, sumber energi sudah dapat dihasilkan dan dimanfaatkan sendiri oleh Kanada. Hal ini terbukti dari tersedianya cadangan gas alam yang cukup banyak di pesisir timur dan tiga provinsi bagian barat.

Fakta Menarik Negara Kanada

  1. Kanada menjadi produsen dan konsumen utama keju di dunia. Di tahun 1997 jumlah produksi keju Kanada mencapai 350.000 ton dengan tingkat konsumsi keju penduduk mencapai 23,4 pond per orang.
  2. Setidaknya ada sekitar 22.000 perpustakaan umum di Kanada. Hal ini didukung dari kegemaran penduduknya yang gemar membaca.
  3. Kanada menjadi rumah bagi hewan-hewan besar seperti rusa dan beruang, 55.000 jenis serangga, dan 11.000 jenis kutu dan laba-laba.
  4. Alberta merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam. Setidaknya sekitar 50% persediaan batu bara di dunia terdapat di sini. Selain itu, Alberta memiliki cadangan minyak sebanyak 1,7 miliar atau setara dengan 1/3 jumlah cadangan dunia.
  5. Meskipun jumlah penduduknya cukup banyak, namun hampir 90% daratan Kanada tidak berpenghuni.
  6. Trans-Canada Highway menjadi jalan raya nasional terpanjang kedua di dunia dengan panjang mencapai 7.820 km.
  7. Di provinsi Quebec terdapat kota bernama Saint-Louis-du Ha! Ha! Kota ini telah tercatat dalam Guinness World Record sebagai nama kota dengan tanda seru di dalamnya.
fbWhatsappTwitterLinkedIn