Negara Guatemala: Karakteristik, Penduduk, dan Kondisi Ekonominya

Negara Guatemala yang memiliki nama resmi yakn Republik Guatemala merupakan sebuah negara di Benua Amerika, tepatnya berada di Amerika Tengah. Dahulu negara ini pernah berada di bawah pemerintahan peradaban suku Maya sampai dengan sekitar 1.000 Masehi.

Setelahnya negara ini pernah berada di bawah koloni bangsa Spanyol selama kurang lebih tiga abad sampai akhirnya negara ini merdeka di tahun 1821. Sejak menjadi negara merdeka, Guatemala telah beberapa kali merubah sistem pemerintahan termasuk militer dan sipil.

Kata Guatemala berasal dari bahasa Maya-Toltek dengan arti ‘daratan dengan banyak pohon’. Namun banyak juga yang percaya jika Guatemala berasal dari istilah Guhatezmlh yang berarti ‘gunung yang memuntahkan air’.  Guatemala terkenal negara penghasil pisang dan kopi terbesar di Amerika Tengah.

Karakteristik Negara Guatemala

Negara Guatemala yang memiliki ibu kota bernama Guatemala, merupakan sebuah negara yang terletak di selatan benua Amerika Utara. Sebagian wilayahnya ada yang berbatasan dengan Laut Karibia.

Luas negara Guatemala mencapai 108.889 km persegi. Jika dilihat secara astronomis, Guatemala terletak di antara garis lintang 13o LU – 14o LU dan di antara garis bujur 88o BB – 90o BB. Tidak hanya itu saja, Guatemala berbatasan dengan beberapa negara dan wilayah perairan, antara lain:

Hampir sebagian besar wilayah Guatemala berupa gunung dengan gurun dan bukit pasirnya. Untuk wilayah bagian selatan berupa pantai selatan dan dataran rendah utara yang cukup luas, khususnya di Departemen Peten.

Selain itu, negara Guatemala memiliki dua pegunungan yang membelah negara ini dari barat ke timur serta membaginya menjadi tiga wilayah utama yakni dataran tinggi, pesisir Pasifik di bagian selatan pegunungan, dan juga wilayah Peten yang berada di bagian utara pegunungan.

Titik tertinggi Guatemala berada di Volcan Tajumulco yang mencapai 4.220 meter di atas permukaan laut. Volcan Tajumulco juga menjadi titik tertinggi di kawasan negara-negara Amerika Tengah.

Sebagian besar kota-kota di Guatemala terletak di dataran tinggi dan pantai dekat Samudera Pasifik.

Penduduk Negara Guatemala

Jumlah penduduk Guatemala berkisar 17 juta jiwa yang terdiri dari beberapa kelompok etnik. Mayoritas penduduk Guatemala berasal dari etnik Ladino dan kelompok etnik terbesar kedua berikutnya yakni etnik asli Guatemal yakni Maya.

Etnik Maya sendiri terdiri dari beberapa kelompok kecil antara lain K’iche, Q’eqchi, Kaqchikel, Mam, dan kelompok Maya kecil lainnya. Terdapat pula penduduk asli bukan Maya namun jumlahnya cukup sedikit.

Terdapat pula kelompok etnik Garifuna yakni kelompok campuran antara orang kulit hitam Afrika yang berasal dari negara Saint Vincent dengan etnik asli Karibia. Tidak hanya itu saja, terdapat etnik lain yang merupakan keturunan pekerja perkebunan pisang yang disebut sebagai Afro-Guatemala dan Mulatto.

Sedangkan kelompok etnik berkulit putih dari Eropa dikenal sebagai Criollo. Seiring berjalannya waktu, banyak imigran yang datang ke Guatemala. Mereka berasal dari Asia antara lain Korea Selatan, Tiongkok, Arab, dan Libanon.

Bahasa resmi Guatemala yakni bahasa Spanyol yang dituturkan oleh sekitar 93% penduduk. Bahkan bahasa ini menjadi bahasa pertama dan kedua yang paling banyak dituturkan. Selain itu terdapat juga sejumlah kelompok etnis yang menggunakan bahasa lain seperti Jerman, Inggris, China, dan Prancis.

Selain itu, terdapat 21 bahasa Maya yang banyak dituturkan di kawasan pedesaan dengan dua bahasa lain yakni bahasa Xinca dan bahasa Garifuna yang dipakai oleh penduduk di pantai Karibia.

Sebagian besar penduduk Guatemala beragama Katolik Roma. Namun ada juga beberapa penduduk yang memeluk agama lain seperti Kristen, Islam, Budha, bahkan Ateis.

Terdapat pula agama Maya tradisional yang masih bertahan melalui proses inkulturasi. Bahkan pemerintah Guatemala telah menerapkan sebuah kebijakan untuk menyediakan altar di setiap bekas reruntuhan Maya sebagai bentuk fasilitas saat mengadakan upacara tradisional.

Kondisi Ekonomi dan Sumber Daya Alam Guatemala

Negara Guatemala termasuk sebagai negara berkembang, bahkan negara ini masih banyak memiliki masalah baik secara ekonomi maupun sosial, salah satunya masuk sebagai negara termiskin di Amerika Latin.

Setidaknya setengah dari jumlah penduduk Guatemala masuk ke dalam kategori miskin dan lebih dari 400.000 penduduk berada dalam kondisi pengangguran. Untuk itu, negara Guatemala masih perlu banyak melakukan perubahan mulai dari meningkatkan bantuan dari dana internasional, meningkatkan pendapatan pemerintah, dan lain sebagainya.

Guatemala memiliki sumber daya alam yang cukup banyak, mulai dari tanah yang subur yang cocok untuk kegiatan pertanian hingga beraneka mineral dengan nilai jual tinggi. Pertanian menjadi sektor utama pendukung ekonomi Guatemala.

Namun hanya sekitar 14% lahan di Guatemala yang telah digunakan untuk kegiatan pertanian. Hasil pertanian utama Guatemala berupa kayu (ebony, zapote, pohon karet, mahoni, dan rosewood), sereal (beras, gandum dan jagung), kacang-kacangan, sayuran, tanaman herbal, buah (pisang, jeruk, alpukat), dan biji-bijian (kopi, kakao, dan annie), dan kapas.

Sedangkan untuk industri pertambangan di Guatemala dibagi menjadi dua jenis yakni logam dan non logam yang masih dalam tahap pengembangan. Nikel menjadi hasil tambang logam utama Guatemala, selain itu terdapat juga hasil tambang lainnya seperti besi, timbal, antimon, gipsum, timbal, seng, kromit, merkuri, uranium, perak dan emas.

Fakta Menarik Negara Guatemala

  1. Antara tahun 1981 hingga 1983 pernah terjadi pembantaian besar terhadap etnis Maya asli karena dianggap telah melakukan tindakan kriminal dan mengikuti paham komunis.
  2. Negara Guatemala sebenarnya merupakan salah satu bangsa tertua di dunia. Wilayah Guatemala ini telah dihuni seak 20.000 tahun yang lalu. Hal ini terbukti dari banyaknya artefak serta peninggalam prasejarah dari suku Maya.
  3. Guatemala menjadi negara paling menakutkan di dunia. Banyak aksi kriminal terjadi di negara ini seperti pencurian mobil pemerkosaan, perampokan, bahkan polisi palsu yang sedang melakukan transaksi narkoba.
  4. Guatemala menjadi negara produsen batu permata terbanyak di dunia.
  5. Terdapat kota kuno yang paling menarik dan juga sulit dijangkau yakni El Mirador. Kota kuno ini berada di perbatasan dekat negara Meksiko dan telah dikelilingi oleh hutan yang amat rimbun.
fbWhatsappTwitterLinkedIn