Negara El Salvador: Karakteristik, Penduduk, dan Kondisi Ekonominya

Negara El Salvador atau secara resmi mempunyai nama Republik El Salvador adalah sebuah negara di Amerika Tengah, Benua Amerika. Dahulu negara ini disebut sebagai ‘Cuzhcati’ (dalam bahasa Spanyol) oleh orang-orang Pipil dan ‘Cuzcatlan’ dalam bahasa Nahuatl dengan arti tanah atau tempat benda-benda berharga.

Dahulu negara ini menjadi wilayah yang dihuni oleh suku Maya. Namun setelah ditaklukan oleh bangsa Spanyol, wilayah ini dibaptis oleh seorang konkuistador Spanyol dan berganti nama menjadi ‘Provincia De Nuestro Señor Jesucristo El Salvador Del Mundo’ yang berarti Provinsi Tuhan Kami Yesus Kristus, Sang Juru Selamat Dunia.

Nama tersebut sekarang lebih dipersingkat menjadi ‘Republica de El Salvador’ yang berarti Republik Sang Penyelamat.

Karakteristik Negara El Salvador

Negara El Salvador yang berada di Amerika Tengah dan beribu kota di San Salvador tersebut, memiliki luas wilayah mencapai 21.040 km persegi. Dapat dikatakan jika negara El Salvador adalah negara terkecil di Benua Amerika dan mendapat julukan Tom Thumb dari Amerika.

Negara El Salvador berbatasan langsung dengan dua negara saja yakni negara Guatemala dan negara Honduras pada bagian utara. Hanya Samudera Pasifik saja kawasan perairan yang berbatasan dengan negara El Salvador di bagian barat.

Kondisi bentang alam El Salvador campuran antara dataran rendah dengan kawasan pegunungan tinggi vulkanik. Kawasan dataran rendah banyak terdapat di bagian pesisir dekat Samudera Pasifik, ke arah tengah dataran semakin tinggi yang didominasi oleh rantai pegunungan.

Pada kawasan plato atau dataran tinggi, ada sekitar 20 gunung api dan beberapa lambah dalam. Negara ini mempunyai ratusan sungai dan beberapa diantaranya termasuk sungai besar yang bermuara ke Samudera Pasifik.

Terdapat sebuah danau vulkanik terpenting di El Salvador bernama Danau Ilopango (70 km persegi) dan Danau Coatepegue (26 km persegi). Sedangkan titik tertinggi El Salvador berada di Cerro El Pital dengan tinggi mencapai 2.730 meter di atas permukaan laut.

El Salvador mempunyai dua musim yakni musim kering dan musim basah. Curah hujan tertinggi terjadi sekitar bulan Mei dan Oktober, sedangkan musim kemarau berlangsung sejak bulan November hingga April.

Suhu udara bervariasi di setiap tempat tergantung ketinggian. Di dataran rendah dekat wilayah pesisir, suhu udara lebih panas serta lebih lembab, sedangkan di dataran tinggi suhu udara berkisar antara 16o hingga 32o celcius.

Penduduk Negara El Salvador

Sebagian besar penduduk El Salvador merupakan keturunan dari orang-orang mestizo, yakni campuran antara keturunan bangsa Eropa (kulit putih) dengan Indian. Meskipun begitu, terdapat kelompok etnik kecil yang berasal dari Indian, Afrika, dan Eropa.

Bahkan ada pula yang merupakan keturunan dari etnik Meksiko. Mereka banyak tinggal di desa Nahuizalco yang hingga kini masih mempertahankan kebudayaan aslinya.

Secara resmi bahasa yang digunakan penduduk El Salvador adalah bahasa Spanyol. Akan tetapi beberapa orang Indian masih menggunakan bahasa Nahuatl yakni bahasa dari etnik Indian.

Sejak bangsa Spanyol datang ke El Salvador, seiring berjalannya waktu jumlah pemeluk agama Katolik Roma terus bertambah dan menjadi besar. Ada pula beberapa penduduk yang beragama Kristen Protestan dan 75 persen merupakan pengikut aliran Pantekosta.

Kondisi Ekonomi Dan Sumber Kekayaan Alam Negara El Salvador

Kondisi perekonomian negara El Salvador mengalami kenaikkan dan penurunan selama masa pemerintahan Partai Aliansi Republikan Nasional yang saat itu mencetuskan sistem pasar bebas dan model pengelolaan fiskal termasuk di dalamnya swastanisasi perbankan, dana umum, telekomunikasi, penghapusan kendali harga dan subsidi, dan lainnya.

Terjadi ketidakseimbangan ekonomi antara penduduk terkaya dengan penduduk miskin atas penerimaan perseorangan di tahun 1999. Di awal tahun 2001, El Salvador mulai secara bertahap menggunaan dollar Amerika sebagai alat pembayaran yang sah di samping colon El Salvador (mata uang El Salvador).

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2004 colon mulai tidak diedarkan lagi dan tidak digunakan sebagai alat pembayaran sah. Selain itu, para penduduk El Salvador mendukung peralihan mata uang dari colon ke dollar Amerika.

Perekonomian negara El Salvador sangat bergantung pada pengiriman uang dari penduduk El Salvador yang bekerja dan tinggal di luar negeri, terutama di Amerika Serikat.

Sumber kekayaan alam utama yang dimiliki oleh El Salvador berupa kondisi tanah yang subur karena mempunyai beberapa gunung berapi. Untuk itu sektor pertanian menjadi andalan El Salvador sebagai sumber pendapatan negara.

Hasil pertanian yang terkenal di negara ini berupa kopi, kapas,  tebu, serealia, dan beberapa sayur mayur. Bahkan kopi yang dihasilkan El Salvador sebagian besar diekspor ke sejumlah negara di dunia, dan menjadikan El Salvador sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Sumber daya alam yang berasal dari sektor pertambangan jumlahnya tidak terlalu banyak. Bahkan minyak bumi diimpor dalam kondisi mentah dari negara Venezuela.

Bahkan El Salvador menjadi negara pertama yang melarang penambangan logam di seluruh wilayah. Hal ini bertujuan untuk melindungi lingkungan dan juga sumber daya alam terutama air bersih.

Fakta Menarik Negara El Salvador

  1. Terdapat danau kawah terbesar yang dikelilingi oleh perbukitan hutan bernama Danau Coatepeque, terletak di bagian barat.
  2. Joya de Cerén merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di El Salvador. Berupa komunitas pertanian Maya pra-Kolombia.
  3. Negara ini terkenal sebagai penghasil Anil yakni tanaman yang dapat menghasilkan warna biru atau indigo.
  4. Negara El Salvador dikenal sebagai negara mematikan. Hal ini disebabkan setidaknya ada sebanyak 4.246 kasus pembunuhan selama kurun waktu 8 bulan pertama di tahun 2015.
  5. Ekspor kopi menyumang sekitar 90% pendapatan negara di awal abad ke-20.
fbWhatsappTwitterLinkedIn