Pisang Honduras: 46 Fakta Mengenai Republik Pisang Honduras

Alam menyimpan banyak sekali kekayaan yang dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidupnya. Diantaranya, alam menyediakan sumber energi bagi makhluk hidup. Sumber energi di Bumi (baca: kerak Bumi) ini ada banyak sekali, diantaranya adalah energi panas atau kalor, energi angin (baca: jenis angin), energi air (baca: jenis air), energi listrik, energi bahan bakar, serta makanan.

Pisang sebagai Buah yang Bergizi

Buah- buahan, siapa yang tidak menyukainya? Salah satu jenis buah yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia dan sangat mudah dijumpai adalah buah pisang. Buah yang memiliki tekstur lembut ini juga sering dijadikan sebagai makanan bayi yang belum bisa menggigit. Selain rasanya yang enak dan manis, buah pisang juga kaya akan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Buah pisang hampir bisa ditemui di semua wilayah Indonesia (baca: iklim di Indonesia). Buah pisang juga merupakan buah yang wajib ada ketika ada acara- acara makan atau bahkan sebagai pencuci mulut hidangan katering.

Honduras sebagai Negara Penghasil Pisang

Berbicara mengenai buah pisang yang kaya manfaat, Indonesia merupakan negara yang banyak meghasilkan buah pisang.  Namun tahukah Anda bahwa ternyata, di luar sana ada negara yang sangat dikenal sebagai penghasil pisang? Negara ini sangat terkenal sebagai Negara penghasil pisang terbesar di dunia. Negara tersebut adalah Honduras. Karena saking terkenalnya sebagai penghasil pisang, maka Honduras ini juga disebut sebagai Negara Pisang atau Republik Pisang.

Republik Pisang Honduras

Negara Honduras atau yang dikenal juga sebagai Republik Pisang ini merupakan negara yang berada di kawasan Amerika Tengah (baca: danau terluas di Amerika). Namun meski berada di Amerika Tengah, namun negara ini terletak di ekor Amerika Tengah. Selain pisang yang dikenal melimpah di negara tersebut, Honduras juga merupakan Negara penghasil kopi. Kedua komoditi tersebut nampaknya menjadi salah satu sumber penghasilan negara. Namun meski demikian, Honduras merupakan negara dengan penghasilan menengah kebawah apabila dibandingkan dengan negara lain. Honduras memiliki luas total sekitar 112.492km persegi, dengan jumlah penduduk kira- kira 8.725.111.

 

Fakta- fakta tentang Honduras

  1. Merupaka negara terbesar di Amerika Tengah
  2. Merupakan Produsen pisang terbesar
  3. Sebagian besar wilayahnya digunakan sebaga tempat menanam pisang.
  4. Nama “Honduras” ditemukan oleh Christopher Columbus yang mempunyai arti Kerendahan yang agung.
  5. Hinduras pada mulanya dinal dengan nama Honduras Spanyol dengan tujuan untuk membedakan dengan Belize yang juga dikenal dengan nama Honduras Inggris.
  6. Pada awalnya Honduras netral dalam PD II, namun setelah pengeboman Pearl Horbor, mereka bergabung dengan pasukan sekutu. Meski Honduras tidak pernah mengirimkan pasukan untuk berperang, namun mereka mensuplai bahan mentah untuk sekutu.
  7. Julukan Republik Pisang atau Banana Republic merupakan pemberian dari penulis Amerika O. Henry.
  8. Ketika tahun 1899 konsesi pisang diberikan kepada Vacarro bersaudara yang kemudian menjadikan pisang sebagai buah standar. Pada tahun 1907, Sam Zemurray mendirikan Cuyamel Fruit Comp. yang beberapa waktu kemudian dibeli oleh United Fruit. Namun hubungan tidak adil terjadi di antara dua perusahaan tersebut dan Honduras. Sehingga selama separuh abad pertama ke -20 gambaran untuk Honduras adalah sebagai Republik pisang.
  9. Sebutan bagi orang- orang Honduras adalah “Catrachos” yang merupakan perubahan dari nama Xatruch.
  10. Suku Maya merupakan budaya yang paling maju di Honduras, namun kebudayaan tersebut telah hilang ketika dijajah Spanyol. Namun orang- orang suku Maya tidak punah, hanya saja kurang berkembang.
  11. Lambang lima bintang yang ada di bendera Hinduras menyimbolkan lima negara yang ada di Amerika Tengah. Sementara bintang yang ada tengah- tengah menlambangkan negara Honduras.
  12. Ada kota terkubur yang ditemukan di benlatara hutan Honduras (baca: ekosistem hutan hujan tropis) oleh sekelompok arkeolog pada tahun 2015. Kota tersebut dinamai “Kota Dewa Kera”. Di kota terkubur tersebut ditemukan ukiran- ukiran, kerajinan tanah (baca: jenis-jenis tanah), pemukiman, dan juga gundukan makam. Penduduk lokal menamai kota tersebut sebagai Taman Surga mistis yang disembunyikan oleh para penduduk lokal dari penjajah asing.
  13. Pahlawan terpenting di Honduras adalah Francisco Morazan, yang berjuang untuk persatuan dan juga kesatuan Amerika Tengah dan pahlawan tersebut dihukum mati do Kostarika.
  14. Terdapat salah satu biosfer yang paling luas dan paling melimpah di dunia di Honduras ini. Boisfer yang dimaksud adalah cagar alam Boisfer The Rio Platano. Cagar alam ini masuk ke dalam daftar UNESCO Heritage Site. Di Biosfer ini sihuni oleh lebih dari 2000 suku pribumi Honduras yang masih kental dengan tradisi masing- masing.
  15. Sebagian besar penduduk Honduras memeluk agaman Katholik. Perawan Suyapa dianggap sebagai santa pelindung dari Honduras. Namun khusus di daerah Bay Island, penduduknya memeluk agam Kristen Protestan karena mendapatkan pengaruh dari Inggris.
  16. Kari kemerdekaan Honduras dirayakan pada tanggal 15 September yang bertepatan dengan hari kemerdekaan negara- negara lain di Amerika Tengah.
  17. Di Honduras terdapat dua pulau utama dan beberapa pulau kecil yang sangat cocok untuk berwisata.
  18. Di daerah Bay Island, Honduras, banyak ditemukan penduduk berambut pirang dan memiliki mata biru. Mereka adalah keturunan bajak laut Inggris yang datang ke daerah tersebut sekitar 500 tahun yang lalu.
  19. Salah satu pulau yang indah dan menawarkan banyak fasilitas adalah Pulau Guanaja.
  20. Punta Sal merupakan daerah yang pernah digunakan oleh bajak laut dan merupakan wilayah yang dilindungi. Tempat ini menjadi tempat yang terkenal dan menawarkan banyak keindahan alam.
  21. Kuil Rosalila merupakan kuil keagamaan penting dan merupakan peninggalam abad ke-6 di Copan Honduras.
  22. Di Kota Copan terdapat peninggalan peradaban bangsa Maya, yakni Tangga Hieroglip Copan.
  23. Gua Tengkorak Bersinar atau Gua Talgua Honduras berisi 23 tengkorak.
  24. Benteng San Fernando de Omoa di Pantai laut Karibia Hinduras untuk melindungi bajak laut ketika menyeberangi Samudera Atlantik.
  25. Air terjun terbesar di Honduras setinggi 43 meter merupakan air terjun di Pulhapanzak yang berada di dekat Danau Yojoa.
  26. Di Honduras terdapat musium bawah laut Bay Island.
  27. Bunga kebangsaan Honduras adalah Rhyncholaelia Digbyana yang resmi digunakan pada tahun 1969.
  28. Mamalia nasional Honduras adalah rusa berekor putih dan burung nasionalnya adalah burung Macaw Merah Tua.
  29. Ibu kota Honduras terdiri dari dua kota, yaitu Tegucigalpa dan Comayaguela.
  30. Mata uang Hinduras adalah Lempira.
  31. “Perang Sepak Bola” terjadi karena serangan El Savador atas Honduras setelah pertandingan sepak bola antara dua negara pada tahun 1969.
  32. Trujillo dipercaya sebagai tempat pertama perayaan Missa di Amerika.
  33. Pangkalan militer Soto Cano merupakan basis militer strategis Amerika.
  34. Honduras menjadi tempat transit penyelundupan narkoba dari Amerika Selatan.
  35. “Zona Bebas Pajak” San Pedro Sula membolehkan perusahaan-perusahaan internasional memproduksi barang-banrang yang menarik.
  36. Hutan Platano dinominasikan sebagai salah satu obyek baru dari keajaiban dunia.
  37. Honduras tidak mempunyai gunung berapi yang masih aktif dan hanya ada satu danau, yakni Danau Yojoa (baca: macam-macam danau).
  38. Puncak tertinggi di Honduras adalah Cerro Las Minas (2.870m).
  39. Kota Comayagua mempunyai salah satu jam tertua di dunia.
  40. Terdapat fenomena hujan ikan di Kota Yoro yang dinamakan Iluvia de Peces.
  41. Mayoritas penduduk Honduras adalah Mestizo.
  42. Anak- anak Honduras merayakan Natal pada tanggal 10 September yang juga merupakan hari Anak Honduras.
  43. Honduras merupakan negara dengan karang terbanyak kedua di dunia.
  44. Honduras merupakan pemiliki beberapa festival terbaik dunia.
  45. Sawdust Alfombras of Comayagua merupakan salah satu atraksi menarik di dunia.
  46. Makanan khas Honduras meliputi jagung dan Tortillas.

Itulah beberpa fakta dari Honduras yang merupakan penghasil pisang terbesar di dunia.

fbWhatsappTwitterLinkedIn