Negara Antigua Dan Barbuda: Karakteristik, Penduduk, Dan Faktanya

Negara Antigua dan Barbuda merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di kawasan Laut Karibia bagian timur. Negara kepulauan ini termasuk ke dalam bagian dari Kepulauan Antilles Kecil.

Negara ini pada awalnya mempunyai nama Wadadli oleh penduduk asli pulau Antigua dan Barbuda, suku Indian Arawak dan Karib yang telah ada pulau tersebut sejak lama. Nama Antigua sendiri diberikan oleh Christopher Columbus saat melakukan perjalanan kedua di tahun 1493.

Setelah menjadi pemukiman awal bagi bangsa Spanyol dan Perancis, kepulauan ini digantikan oleh bangsa Inggris yang membentuk koloni pada tahun 1667. Hingga akhirnya kepulauan ini menjadi sebuah negara merdeka di bawah Commonwealth of Nation pada 1 November 1981.

Karakteristik Negara Antigua dan Barbuda

Negara Antigua dan Barbuda adalah negara yang terdiri dari beberapa pulau dengan pulau Antigua merupakan pulau terbesarnya. Sedangkan pulau Barbuda berada di bagian utara dari pulau Antigua, di bagian tengah Kepulauan Leeward, yang juga menjadi pulau utama lainnya.

Kedua pulau utama yang dimilikinya dipisahkan oleh Laut Karibia sejauh 63 km. Negara Antigua dan Barbuda berbatasan dengan:

Selain kedua pulau utamanya, negara ini mempunyai pulau-pulau kecil seperti:

  • Pulau Long
  • Pulau Green
  • Pulau Great Bird
  • Pulau Guiana
  • Pulau Maiden
  • Pulau Prickly Pear
  • Pulau York Islands
  • Island of Redonda

Hampir sebagian besar pulau-pulau yang berada di Antigua dan Barbuda mempunyai daratan yang datar. Titik tertingginya berada di Boggy Peak yang memiliki tinggi mencapai 402 meter di atas permukaan laut,

Selain itu memiliki dataran rendah, Antigua dan Barbuda dipengaruhi oleh formasi batu kapur dibandingkan dengan aktivitas gunung berapinya. Sedangkan Puncak Boggy adalah sisa kawah gunung berapi yang lokasinya di bagian barat daya Antigua.

Ibu kota dan juga kota terbesar di negara Antigua dan Barbuda yakni St. John’s letaknya di pulau Antigua, sedangkan kota Codrington menjadi kota terbesar yang berada di pulua Barbuda.

Garis pantai di kedua pulau sangat berlekuk-lekuk dengan adanya laguna, pantai dan pelabuhan alami di sekitarnya. Selain itu pulau-pulau di Antigua dan Barbuda dikelilingi oleh terumbu karang dan tebing.

Tidak terlalu banyak aliran sungai di negara ini akibat curah hujan yang sedikit. Diketahui jika rata-rata curah hujan negara ini mencapai 990 mm per tahun dengan jumlah yang bervariasi dari musim ke musim.

Negara Antigua dan Barbuda termasuk ke dalam negara dengan iklim tropis dan hangat. Secara umum negara ini mempunyai periode terbasah antara bulan September dan November dengan kelembaban rendah dan kekeringan secara berulang.

Badai menyerang negara ini setidaknya setiap satu tahun sekali. Pada tahun 2017, badai kategori 5 merusak 95% bangunan di Barbuda dan menyebabkan sekitar 1.800 orang harus dievakuasi ke Antigua.

Penduduk Negara Antigua dan Barbuda

Mayoritas penduduk Antigua dan Barbuda merupakan keturunan dari Afrika Barat, Inggris, dan Madeiran. Persebaran etnik di Antigua dan Barbuda yakni sebagian besar etnik Hitam dan Mulatto, ras campuran, bangsa kulit putih, dan sisanya merupakan etnis dari India Timur dan Asia lainnya.

Hampir mayoritas bangsa kulit putih merupakan keturunan dari Inggris. Seiring berjalannya waktu, banyak penduduk Antigua dan Barbuda memilih tinggal di luar negari terutama di Inggris (Antiguan Britons), Amerika Serikat, dan Kanada.

Namun tidak sedikit pula penduduk Antigua dan Barbuda merupakan imigran yang berasal dari Republik Dominika, Negara Guyana, dan negara Jamaika.

Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi negara ini. Akan tetapi aksen bahasa Inggris yang diucapkan oleh penduduk Barbuda sedikit berbeda dengan penduduk yang berada di Antigua. Sebelum merdeka, banyak penduduk yang masih menggunakan bahasa Antiguen Creole.

Di bidang agama, penduduk Antiguan dan Barbuda banyak menganut agama Kristen dengan aliran Anglicans adalah yang terbesar. Terdapat pula agama minoritas lainnya yang terdapat di Antigua dan Berbuda yakni Rastafari, Islam, dan Kepercayaan Baha’i.

Kondisi Ekonomi Dan  Kekayaan Alam Negara Antigua dan Barbuda

Sektor pariwisata paling mendominasi dalam perekonomian Antigua dan Barbuda dengan menyumbang lebih dari setengah Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Negara ini terkenal akan resor mewah yang menjadi tujuan bagi kaum kelas atas.

Selain itu, perbankan investasi dan layanan keuangan menjadi bagian penting dari perekonomian Antigua dan Barbuda. Tidak heran jika di negara ini terdapat kantor bank-bank besar dunia termasuk Royal Bank of Canada (RBC) dan Scotiabank.

Sektor pertanian di negara ini hanya difokuskan pada pasar domestik saja akibat ketersediaan air yang amat terbatas serta kurangnya tenaga kerja. Dari sektor manufaktur, negara ini mengandalkan produk berupa alas tidur, kerajinan tangan, dan komponen elekronik untuk diekspor.

Fakta-Fakta Menarik Negara Antigua Dan Barbuda

  1. Kata Antigua berasal dari bahasa Spanyol yang berarti ‘Kuno’, sedangkan Barbuda yang juga berasal dari bahasa Spanyol memiliki arti ‘Berjanggut’.
  2. Hampir sebagian besar penduduk negara Antigua dan Barbuda merupakan keturunan budak yang pernah bekerja di ladang tebu. Sedangkan sisanya adalah penduduk yang merupakan keturunan dari Inggris, Irlandia, dan Portugis.
  3. Penduduk asli negara Artigua dan Barbuda adalah bangsa Indian pra-keramik sekitar tahun 2400 SM.
  4. Negara ini memiliki 6 paroki yaitu daerah untuk umat Katolik yang diketuai oleh Pastur, antara lain Saint John, Saint Mary, Saint Paul, Saint Philip, Saint Peter, dan Saint Paul II.
  5. Garis pantai negara Antigua dan Barbuda memiliki total panjang mencapai 153 km.
fbWhatsappTwitterLinkedIn