Negara Barbados: Karakteristik, Kondisi Ekonomi, dan Penduduknya

Negara Barbados adalah sebuah negara yang berada di dalam satu gugusan pulau Antilles Kecil, Benua Amerika. Lokasi tepatnya berada di antara perbatasan Laut Karibia dan Samudera Atlantik.

Dapat dikatakan jika negara Barbados menjadi negara paling timur di Kepulauan Karibia. Ibu kota yang juga menjadi kota terbesar negara ini bernama Bridgetown.

Kata Barbados berasal dari bahasa Portugis yakni ‘os barbudos’ atau dalam bahasa Spanyol, ‘los barbudos’, keduanya memiliki arti yang sama yaitu ‘yang berjanggut’. Hingga kini masih tidak jelas kata ‘berjanggut’ yang dimaksud, apakah mengacu pada akar pohon ara yang terlihat memiliki janggut panjang dan menggantung.

Karakteristik Negara Barbados

Negara Barbados terletak di sebelah timur Kepulauan Hindia Barat dan berada di perbatasan Lempeng Amerika Serikat dan Karibia. Tidak heran jika negara ini mengalami kenaikan sekitar 25 mm per 1.000 tahun.

Pulau Barbados terlihat lebih datar dibandingkan dengan pulau tetangga yang berada di sebelah barat yakni Kepulauan Windward. Permukaan tanah Barbados perlahan mengalami kenaikan di dataran tinggi bagian tengah.

Titik tertinggi negara Barbados berada di Gunung Hillaby dengan tinggi mencapai 340 meter di atas permukaan laut. Titik tertinggi ini pula dikenal sebagai Distrik Skotlandia yang berada di bagian timur laut, telah mengalami erosi batu kapur yang berdampak terbentuknya berbagai macam gua dan parit.

Barbados merupakan negara kepulauan, apabila dilihat secara geologis negara ini terdiri dari karang setebal 90 m. Terumbu karang yang terbentuk berdiri di atas sedimen dan mengelilingi sebagian besar pulau.

Sedangkan di bagian timur pulau yang menghadap Samudera Atlantik, terdapat sebuah bentang alam yang dibuat akibat adanya suatu proses pada batu kapur hingga terbentuklah sebuah tanjung berbatu yang dikenal dengan nama Pico Teneriffe atau Pico de Tenerife.

Pemberian nama Pico Teneriffe berdasarkan bahwa di negara Spanyol terdapat pulau bernama Tenerife yang merupakan tanah pertama di timur Barbados menurut kepercayaan penduduk setempat.

Negara Barbados memiliki dua musim yang salah satunya adalah musim hujan dengan intensitas curah hujan yang amat tinggi. Musim hujan berlangsung pada periode Juni hingga Desember.

Musim yang lain yaitu musim kemarau terjadi di antara bulan Desember sampai dengan Mei. Curah hujan tahunan berkisar antara 1.000 hingga 2.300 mm per tahun.

Sedangkan suhu udara rata-rata pada musim kemarau berkisar antara 21 derajat hingga 31 derajat celcius. Dan suhu udara di musim hujan berkisar dari 23 sampai dengan 31 derajat celcius.

Jika dilihat dari klasifikasi iklim Koppen, negara Barbados masuk ke dalam kategori iklim monsun tropis atau Am. Akan tetapi dengan kecepatan angin antara 12 hingga 16 km per jam sepanjang tahun, membuat negara ini menjadi semakin tropis.

Penduduk Negara Barbados

Mayoritas penduduk Barbados merupakan Barbadians atau lebih dikenal dengan sebutan Bajan. Kelompok etnik ini merupakan keturunan dari Afro-Karibia dan juga keturunan campuran.

Terdapat pula etnik lain yang tentu jumlahnya tidak sebanyak etnik Bajan, yakni keturunan dari bangsa Eropa yang disebut sebagai Anglo-Bajans atau Euro-Bajans. Kelompok ini berasal dari Inggris, Irlandia, dan Asia (Republik Rakyat Tiongkok dan India).

Terdapat pula orang Bajan yang telah tinggal selama bertahun-tahun di Amerika Serikat serta anak-anak yang lahir di Amerika dengan orang tua merupakan Bajan disebut sebagai Bajan Yankees. Istilah ini cendrung dianggap sebagai bentuk penghinaan oleh sebagian orang.

Pada umumnya Bajan mengenal dan menerima semua ‘anak pulau’ sebagai Bajan.

Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi negara Barbados. Bahasa ini digunakan hampir di semua aspek seperti administrasi, komunikasi, hingga pelayana publik di seluru pulau.

Sebagian besar Barbadians keturunan Afrika dan Eropa menganut agama Kristen dengan denominasi terbesarnya yakni Anglikan. Terdapat denominasi Kristen lainnya seperti Katolik, Pentecostal, Katolik Roma, dan lainnya.

Adapun agama lain yang juga dianut oleh penduduk Barbadians lainnya seperti Hindu, Islam, Kepercayaan Baha’i dan Yahudi.

Kondisi Ekonomi dan Kekayaan Alam Negara Barbados

Negara Barbados menjadi salah satu negara paling kaya di dunia berdasarkan pada GDP (Gross Domestic Product) per kapita. Sistem ekonomi campuran yang diterapkan oleh negara ini membuat perekonomiannya berkembang dengan baik dan standar hidup tinggi.

Bahkan menurut Bank Dunia, negara Barbados diklasifikasikan sebagai 66 negara berpenghasilan tinggi teratas di dunia.

Meskipun begitu, sebuah studi mandiri yang dilakukan tahun 2012 bersama Bank Pembangunan Karibia menyatakan bahwa 20% penduduk Barbadians hidup dalam kemiskinan, bahkan hampir 10% tidak dapat memenuhi kebutuhan makanan pokok sehari-hari.

Menurut sejarah, perekonomian Barbados sangat bergantung pada penanaman tebu. Akan tetapi di akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an perekonomian Barbados telah beralih ke sektor manufaktur dan pariwisata.

Saat ini keuangan lepas pantai dan layanan informasi telah menjadi penyumbang devisa paling penting di Barbados.

Kekayaan alam yang terdapat di Barbados yakni petrolium, gas alam, dan hasil laut seperti ikan. Sedangkan hasil pertanian utama Barbados adalah sayur mayur, kapas, dan gula.

Fakta Menarik Negara Barbados

  1. Negara Barbados termasuk sebagai salah satu dari 20 negara paling kecil di dunia.
  2. Salah satu pabrik tertua di Barbados bernama Morgan Lewis Mill. Pabrik ini memiliki kincir angin yang telah berhenti bekerja di tahun 1947 dan saat ini telah beralih menjadi tempat wisata.
  3. Harrison’s Cave memiliki sumber air yang amat bening seperti kristal. Panjang Gua Harrison mencapai 2,3 km dengan tinggi gua mencapai 15 meter.
  4. Ekosistem utama Barbados yakni ekosistem laut dan ekosistem pesisir. Negara ini menjadi rumah bagi penyu belimbing dan penyu sisik. Terdapat pula hewan lain yang bisa ditemukan di Barbados seperti kadal, kelelawar, dan monyet hijau.
  5. Parlemen Barbados termasuk sebagai parlemen tertua ketiga di dunia yakni sejak tahun 1639.
fbWhatsappTwitterLinkedIn