Categories
Ilmu Sosial

25 Fakta Azerbaijan yang Jarang Diketahui

Nama Azerbaijan mungkin masih terdengar asing di telinga banyak orang. Azerbaijan merupakan sebuah negara di kawasan Kaukasus yang berada di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya.

Uniknya Azerbaijan memiliki wilayah eksklave yang letaknya tidak terlalu jauh dari wilayah utamanya. Negara Azerbaijan termasuk negara sekuler dan telah menjadi anggota dari Dewan Eropa sejak tahun 2001.

Negara Azerbaijan memiliki batasan wilayah dengan beberapa negara, antara lain:

Sedangkan untuk wilayah eksklave yang disebut Republik Otonomi Nakhichevan, berbatasan dengan:

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Azerbaijan, berikut fakta-fakta menariknya!

  1. Negara Azerbaijan berada di Asia Barat memiliki ibu kota bernama Baku. Kota ini menjadi kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat mengunjungi Azerbaijan.
  2. Di dalam kawasan Azerbaijan terdapat sebuah kawasan bernama Nagorno-Karabakh. Wilayah ini masih menjadi perebutan antara Azerbaijan dengan Armenia. Akan tetapi secara internasional Nagorno-Karabakh adalah bagian dari Azerbaijan.
  3. Luas wilayah Azerbaijan mencapai 86.600 km persegi. Luasnya hampir sama dengan dua negara tetangganya yakni Georgia dan Armenia.
  4. Azerbaijin pernah menjadi wilayah perebutan oleh Kekaisaran Ottoman, Persia, dan Rusia.
  5. Azerbaijin menjadi negara republik demokratik pertama di kawasan Timur dan juga negara republik muslim demokratik sekuler pertama di dunia.
  6. Menjadi negara pertama di dunia Islam yang menempatkan kaum wanita sejajar dengan kaum laki-laki dalam bidang politik.
  7. Hal unik yang bisa ditemukan di Azerbaijan yaitu terdapat kota yang dibangun di atas panggung. Kota ini bernama Neft Da┼člari yang berdiri di atas Laut Kaspia. Sebagai penghubung antara satu bangunan ke bangunan lainnya terdapat jalan setapak yang juga dibangun di atas air.
  8. Negara Azerbaijan menjadi negara pertama di kawasan Timur termasuk Turki dan negara-negara muslim lainnya yang memiliki teater dan opera.
  9. Minum teh menjadi budaya bagi sebagian besar penduduk Azerbaijan. Yang membedakannya mereka akan menambakan selai pada teh sebagai pemanis. Tidak hanya itu saja, penduduk Azerbaijan juga menambahkan lemon, timi, air mawar, dan daun mint ke dalam cangkir tehnya.
  10. Penduduk Azerbaijan sangat menyukai pancake yang dikenal dengan nama Kutabi. Pancake khas Azerbaijan ini mirip pancake namun diberi isian berupa daging, sayur, labu, dan beberapa bumbu.
  11. Musik tradisional Azerbaijan bernama Mugham telah dimasukkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Ternilai dalam Seni Bertutur atau Intangible Culture Heritage of Humanity oleh UNESCO.
  12. Sebagian besar penduduk Azerbaijan beragama Islam dengan penganut Syiah dan Sunni. Keduanya hidup secara berdampingan dan damai selama puluhan tahun.
  13. Di abad ke-18, negara Azerbaijan dikenal sebagai negara Kristen namun saat ini telah berubah menjadi negara Islam.
  14. Perekonomian Azerbaijan sangat mengandalkan sumber daya alamnya berupa minyak bumi dan gas alam.
  15. Kualitas minyak bumi yang dihasilkan Azerbaijan telah banyak diakui dunia sebagai kualitas yang terbaik. Tidak heran jika negara ini telah mengekspor minyak bumi ke sejumlah negara salah satunya negara Indonesia
  16. Terdapat sebuah gunung berapi yang selalu mengeluarkan api sepanjang tahun bernama Yanar Dag atau Burning Mountain. Gunung ini memiliki tinggi mencapai 116 meter dan lokasinya berada di Absheron Peninsula. Adanya gunung ini juga negara ini mendapat julukan sebagai negara api.
  17. Taman Nasional Gobustan memiliki ribuan lukisan batu yang menggambarkan kehidupan zaman pra sejarah penduduk Azerbaijan.
  18. Banyak orang berpendapat jika Baku (ibu kota Azerbaijan), mirip seperti Dubai di Uni Emirat Arab jika dilihat dari sisi arsitektur. Beberapa arsitektur terkenalnya yakni SOCAR Tower kaca, Heydar Aliyev Center, dan Flame Tower.
  19. Kota Baku memiliki Little Venice yang menyerupai Venice di negara Italia. Terdapat jalur air buatan yang mengalir di antara restoran, toko-toko, dan juga tempat-tempat lainnya. Setiap saluran air memiliki pulau-pulau yang saling terhubung dengan gang dan jembatan.
  20. Kota Baku pernah menjadi pusat perdagangan bagi Jalur Sutera yakni jalur perdagangan yang membentang dari daratan Eropa hingga ke Tiongkok.
  21. Negara Azerbaijan terkenal akan kerajinan karpetnya. Tidak heran jika negara ini memiliki museum karpet yang telah dibuka tahun 2014 di Baku. Gedung museum dibangun dengan bentuk seperti gulungan permadani raksasa yang di dalamnya terdapat berbagai jenis karpet berdasarkan tahun pembuatannya.
  22. Terdapat sebuah fenomena alam yang disebut Yanar Bulag yakni keluarnya air bersama dengan api yang mengandung metana. Yanar Bulag berada di antara kota Astara dan Lankaran. Penduduk lokal percaya jika air yang keluar dapat mengobati berbagai macam penyakit.
  23. Resort Naftalan di Azerbaijan menjadi resort yang terkenal karena pengobatannya menggunakan minyak Naftalan. Minyak yang diproduksi tidak dapat dibandingkan dengan jenis minyak manapun di dunia sebab kandungan biologisnya yang khas.
  24. Azerbaijan memiliki sebuah danau asin terbesar di dunia yaitu Laut Kaspia yang luasnya mencapai 371.000 km persegi.
  25. Kuil Atesghgah yang berlokasi di pinggiran kota Surakhany, memiliki sebuah altar yang di bagian tengah terdapat api dari gas alam. Kuil ini berbentuk heksagon dan dibangun pada abad ke-17.