Negara Trinidad dan Tobago: Karakteristik, Kekayaan Alam, dan Faktanya

Negara Trinidad dan Tobago merupakan sebuah negara yang lokasinya berada di bagian selatan dari Laut Karibia. Secara teritoris kawasan ini masuk ke dalam wilayah Amerika Selatan, benua Amerika.

Menurut sejarah, negara ini pertama kali ditemukan oleh Christopher Colombus pada tahun 1498. Nama negara ini berasal dari dua kata yakni Trinidad yang mempunyai nama asli “La Isla de la Trinidad” artinya pulau trinitas. Nama tersebut diberikan oleh Christopher Colombus dan mengklaim pulau tersebut sebagai milik bangsa Spanyol.

Sedangkan nama Tobago diambil dari kata “tobacco” yang berarti tembakau. Kedua pulau tersebut menjadi milik Inggris setelah ditandatangani Perjanjian Armiens di tahun 1802. Saat ini negara ini telah menjadi negara merdeka dan berdaulat dari Inggris pada 31 Agustus 1962, serta berubah menjadi negara republik pada 1 Agustus 1976.

Karakteristik Negara Trinidad dan Tobago

Negara Trinidad dan Tobago merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di Laut Karibia. Luas wilayah negara Trinidad dan Tobago mencapai 5.128 km persegi dengan pulau terbesarnya berada di Trinidad atau sekitar 94 persen atau 4.768 km persegi dari luas keseluruhan negara, dan pulau Tobago luasnya sekitar 300 km persegi.

Kondisi alam antara pulau Trinidad dan Tobago cukup berbeda. Pada pulau Trinidad sebagian besar wilayahnya berbukit yang kering serta terdapat gunung El Cerro del Aripo dengan tinggi mencapai 940 meter di atas permukaan laut di bagian utaranya. Sedangkan untuk pulau Tobago banyak ditumbuhi oleh pepohonan berkayu keras yang membentuk kawasan hutan.

Negara Trinidad dan Tobago yang beribu kota di Port of Spain, berdekatan dengan beberapa wilayah negara lain yang berada di kawasan Laut Karibia, antara lain:

  • Sisi utara berbatasan dengan: Grenada dan negara Barbados
  • Sisi selatan berbatasan dengan: negara Venezuela
  • Sisi timur berbatasan dengan: negara Guyana
  • Sisi barat berbatasan dengan: negara Venezuela

Secara astronomis negara Trinidad dan Tobago berada di antara garis lintang 10o2’ LU sampai dengan 11o12’ LU serta berada di garis bujur 60o30’ BT sampai dengan 61o56’ BT. Selain memiliki dua pulau utama, negara ini juga mempunyai beberapa pulau kecil, yakni:

  • Littel Tobago
  • Monos
  • Huevos
  • Gaspar Grande (Gasparee)
  • Chacachacare
  • St. Giles

Penduduk Negara Trinidad dan Tobago

Penduduk Trinidad dan Tobago sebagian besar merupakan kelompok etnik Indo-Trinidadian dan Tobagonian yang merupakan keturunan dari pekerja kontrak India yang dibawa untuk menggantikan budak Afrika.

Sedangkan Indo-Trinidadian dan Tobagonian menjadi etnik terbesar kedua di negara ini yang merupakan keturunan dari Afrika. Terdapat pula kelompok etnik minoritas lainnya yang merupakan keturunan dari bangsa Eropa, Amerindian, Tiongkok, dan Arab.

Dalam kehidupan sehari-hari, penduduk Trinidad dan Tobago menggunakan dua bahasa Kreol berbasis bahasa Inggris yakni bahasa Kreol dengan unsur bahasa Afrika serta bahasa Kreol yang mendapat pengaruh dari bahasa Prancis.

Meskipun begitu, bahasa Inggris merupakan bahasa resmi negara Trinidad dan Tobago. Terdapat pula bahasa lokal yang masih ada hingga saat ini yakni bahasa Yao di Trinidad dan bahasa Karina di Tobago.

Agama Katolik Roma merupakan agama dengan pengikut paling banyak di Trinidad dan Tobago. Agama terbesar keduanya yakni agama Hindu disusul oleh agama Protestan diurutan ketiga. Bahkan beberapa penduduknya ada yang mengaku tidak beragama sedangkan sisanya beragama Islam, Anglikan, Gereja Moravia, Advent Hari Tujuh dan lain sebagainya.

Kekayaan Alam dan Kondisi Ekonomi Negara Trinidad dan Tobago

Negara Trinidad dan Tobago termasuk negara maju dan terkaya di kawasan Karibia, bahkan masuk ke dalam 40 teratas dari 70 negara berpenghasilan tertinggi di dunia tahun 2010. Tidak heran jika OECD mengubah status Trinidad dan Tobago yang sebelumnya sebagai negara berkembang menjadi negara maju pada tahun 2011.

Sumber pendapatan terbesar negara ini berasal dari sektor industri berupa petrolium. Selain itu, sektor pariwisata dan manufaktur juga menjadi sektor terpenting negara ini.

Sektor pertanian juga turut menyumbang pendapatan negara dengan hasil pertanian utamanya berupa kokoa dan jeruk yang diimport ke sejumlah negara di kawasan Karibia. Hasil pertanian lain yang menjadi andalan negara ini berupa gula, kopi, aneka sayur mayur (terong, timun, singkong, labu, dan kelapa), serta hasil laut.

Sumber daya alam berupa gas dan minyak bumi juga menjadi andalan Trinidad dan Tobago yang menyumbang sekitar 40 persen GDB negara.

Fakta Menarik Negar Trinidad dan Tobago

  1. Sebagai negara kepulauan, negara Trinidad dan Tobago memiliki garis pantai sepanjang 362 km.
  2. Di Trinidad dan Tobago terdapat sebuah festival bernama Festival of Light yang diselenggarakan oleh komunitas Hindu.
  3. Negara Trinidad dan Tobago memiliki koral berbentuk otak terbesar di dunia dengan tinggi 3 meter dan lebar 5,3 meter.
  4. Terdapat deposit natural terbesar di dunia pada danau La Brea Pitch.
  5. Pulau Tobago memilki kolam renang alami di tengah laut yang bernama Kolam Nylon. Kolam alami ini memiliki kedalaman sekitar 1 meter.
fbWhatsappTwitterLinkedIn