Negara Suriah: Karakteristik – Perekonomian – Penduduknya

Negara Suriah merupakan salah satu negara di kawasan TimurTengah atau Asia Barat yang sudah tidak asing di telinga kita. Negara ini sudahsejak lama mengalami konflik perang saudara yang dipicu dari pemberontakan di tahun2011.

Selain perang saudara, pemanasan global juga menjadi salahsatu pemicu terjadinya pemberontakan tahun 2011 berupa kekeringan parah yangmelanda negara Suriah. Hal inilah yang memaksa sebanyak 1,5 juta orang mulaibermigrasi dari pedesaan ke perkotaan, hingga akhirnya memperparah tingkatperekonomian dan memunculkan kekacaan sosial.

Karakteristik Negara Suriah

Negara Suriah yang memiliki ibu kota di Damaskus ini,berbatasan dengan:

  • Bagian utara: Negara Turki
  • Bagian timur: Negara Irak
  • Bagian selatan: Negara Yordania
  • Bagian barat daya: Negara Israel
  • Bagian barat: Negara Libanon

Kondisi alam yang dimiliki oleh negara Suriah cukup beragam, mulai dari sisi barat yang memiliki tanah subur dengan curah hujan lebih dari 380 mm per tahun. Untuk di bagian utara kondisi alam berupa padang stepa “fertile crescent” yang terbentang dari Laut Tengah hingga ke arah Mesopotamia.

Bagian tengah dan tenggara Suriah terdapat gurun pasir yang masih menjadi bagian dari Gurun Arab yang bernama Gurun Suriah. Sedangkan di sisi barat tidak jauh berbeda dengan kondisi alam di negara Libanon, dan sisi timur merupakan wilayah Pegunungan Jabal Al Ansariyah.

Iklim yang terdapat di Suriah termasuk iklim Laut Tengahyang sangat ekstrim akibat adanya pengaruh dari gurun di sisi timur dan selatan,tidak heran jika saat musim panas rata – rata suhu mencapai 40oC.Sedangkan musim hujan hanya akan turun sekitar bulan September sampai denganMei dan hujan lebat terjadi antara Desember hingga Maret.

Sedangkan selama musim dingin khususnya yang berada dipantai, suhu udara berkisar 15 – 20 derajat celcius saat siang hari, dan akansemakin dingin saat berada di wilayah pedalaman dan menjadi di bawah 0 derajatcelcius di daerah pegunungan. Terkadang saat musim dingin, akan turun salju digurun.

Penduduk Negara Suriah

Penduduk yang tinggal di Suriah terdiri atas beberapa etnik,antara lain:

  • Arab Suriah
  • Kurdi
  • Assiria
  • Armenia
  • Turkmen
  • Sirkasia
  • Yunani
  • Bosnia
  • Dan beberapa daerah di timur Eropa

Diperkirakan jumlah penduduk Suriah mencapai 12,2 juta jiwadengan rata – rata pertambahan penduduk sekitar 3,8 persen setiap tahunnya.Meskipun begitu, konflik yang sedang dialami oleh negara ini berdampak pulapada jumlah penduduk yang meninggal dunia akibat perang saudara tersebut.

Penduduk Suriah banyak tinggal di wilayah barat dan timurlaut, terutama di pinggir sungai. Pada umumnya masyarakat Suriah menggunakanbahasa Arab sebagai bahasa sehari – hari. Untuk orang – orang yang bukanberasal dari Suriah atau warga asing, pada umumnya tidak menggunakan bahasa ininamun mereka masih dapat memahami bahasa Arab.

Sekitar 90 persen penduduk Suriah beragama Islam denganaliran Sunni. Agama lain yang juga terdapat di Suriah yaitu Kristen (8,9%) yangterbagi menjadi beberapa gereja.

Diberlakukan pula wajib belajar bagi anak – anak berusia diatas 7 tahun. Akan tetapi akibat konflik yang berkepanjangan banyak anak – anakputus sekolah bahkan lebih dari separuh atau anak berusia 15 tahun ke atasmengalami buta aksara.

Kekayaan Alam Negara Suriah

Tidak jauh berbeda dengan kondisi alam yang berada di Timur Tengah, Suriah juga mempunyai gurun bernama Gurun Suriah. Gurun ini tidak terlalu kering sehingga banyak ditemukan tumbuhan – tumbuhan khas gurun yang tumbuh saat musim semi tiba, yang memperindah gurun dengan aneka warna – warni bunga.

Beberapa jenis rumput juga tumbuh dengan baik di gurun,bahkan menjadi sumber pangan bagi hewan – hewan ternak seperti kambing, biri –biri dan unta. Di bagian barat banyak ditumbuhi oleh tanaman perdu pendek danjuga hutan ek, pinus, cedar, cemara dan zaitun liar, bahkan terdapat pulakawasan hutan lindung di Pegunungan Ansariah.

Fauna Suriah juga cukup beragam yang bisa ditemukan di gurunseperti kelinci, rubah, dan binatang pengerat lainnya. Untuk wilayah pegununganmenjadi tempat tinggal bagi hewan hutan seperti kucing liar, beruang, babiliar, serigala dan lain sebagainya.

Suriah juga memiliki kawasan rawa – rawa yang menjadi tempattinggal bagi unggas liar yang hidup di sekitar danau. Bahkan banyak puladitemukan ikan trout dan beberapa jenis ikan lainnya di perairan tawar dandanau.

Ekonomi Negara Suriah

Negara Suriah mengandalkan sektor pertanian dan industrisebagai sumber pendapatan negara. Bagi penduduk yang tinggal di gurun dan stepa,mereka memelihara ternak seperti domba dan kambing dengan caramengembalakannya, namun usaha ini mempunyai potensi yang amat kecil untukdiekspor.

Sektor industri banyak ditemukan di kota – kota besar yakniDamascus, Homs dan Haleb dengan hasil industri berupa semen, gelas, gula,aspal, sabun, tekstil, bahan pangan, dan pupuk. Selain itu, industri pariwisatajuga dimanfaatkan oleh Suriah dengan memanfaatkan peninggalan bangunanbersejarah dan reruntuhan bangunan tua.

Namun saat ini setelah mengalami perang sipil negara Suriahmengalami kemerosotan di bidang ekonomi, khususnya kegiatan ekspor barang. Ditahun 2018 kegiatan ekspor barang hanya mencapai US$700 juta padahal di tahun2010 bisa mencapai US$12,2 milyar.

Dan saat ini negara Suriah mengandalkan mitra perdagangan eksternal bersama Rusia dan Iran untuk menstabilkan perekonomian negaranya.

Fakta Negara Suriah

  1. Negara Suriah menjadi tempat lahirnya banyak peradaban. Bahkan sepanjang sejarah, negara ini pernah dikuasai oleh bangsa Mesir, Assyiria, Persia, Kaldea, Makedonia hingga Roma.
  2. Salah satu kota terbesar di Suriah yakni Aleppo menjadi kota berpenghuni tertua di dunia. Di kota ini terdapat bukti bahwa sudah ada manusia sejak 6000 SM, sebab Aleppo pernah menjadi Jalur Sutra.
  3. Negara Suriah dan Mesir pernah menjadi satu negara dari tahun 1958 sampai dengan 1961.
  4. Suriah mendanai stok senjata kimia dengan melakukan penjualan fosfat. Bahkan sudah sejak lama jika Suriah sebagai negara pengekspor fosfat terbesar di Timur Tengah.
  5. Kota Lattakia menjadi salah satu kota pelabuhan yang terdapat di Suriah dan menjadi yang tertua sebab sudah ada sejak 440 SM.
fbWhatsappTwitterLinkedIn