Queensland: Karakteristik, Penduduk, dan Perekonomiannya

Queensland merupakan sebuah negara bagian yang berada di timur laut dari Benua Australia. Negara bagian ini menjadi negara terluas kedua (setelah Australia Barat) dan populasi terbesar ketiga di Australia.

Queensland beribu kota di Brisbane ini menjadi kota terluas ketiga di Australia. Setidaknya ada sepuluh dari 30 kota terbesar di Australia berada di Queensland.

Karakteristik Queensland

Queensland mempunyai luas wilayah mencapai 1.852.642 km persegi menjadikan negara ini sebagai entitas sub-nasional terbesar keenam di dunia. Tidak hanya itu saja, Queensland mempunyai beragam hutan hujan tropis, sungai, pegunungan, pantai hingga kawasan terumbu karang yang apik.

Negara bagian ini berbatasan dengan beberapa wilayah di sekitarnya, antara lain:

Queensland menjadi sebuah negara bagian yang mempunyai iklim dan fitur geografis beragam. Di sepanjang pantai timurnya yang berbatasan dengan Laut Koral merupakan perpanjangan atau bagian dari Samudera Pasifik.

Di sisi utaranya yang berbatasan dengan Selat Torres, terdapat Pulau Boigu yang letaknya di lepas pantai Papua Nugini. Terdapat pula Semenanjung Cape York yang berbentuk segitiga mengarah ke Papua Nugini, merupakan bagian paling utara dari daratan Queensland.

Hampir sebagian besar Australia bagian timur terdapat Great Dividing Range yang membentang di sepanjang bagian timur Australia, mulai dari bagian pedalaman, pesisir, hingga daerah di barat pegunungan lebih kering.

Terdapat pula Great Barrier Reef yakni sebuah sistem terumbu karang terbesar di dunia. Terumbu karang ini membentang sejajar dengan pantai di Laut Koral, antara Selat Torres dan Pulau Fraser. Garis pantai yang dimiliki Queensland mencakup tiga pulau pasir besar di dunia, yakni Fraser, Moreton dan North Stradbroke.

Queensland memiliki setidaknya enam kawasan pelestarian yang telah terdaftar sebagai Warisan Dunia, antara lain:

  1. Great Barrier Reef, yang berada di sepanjang pantai Laut Koral.
  2. Pulau Fraser, di garis pantai wilayah Wide Bay – Burnett.
  3. Wilayah tropis basah, di Far North Queensland termasuk Hutan Hujan Daintree.
  4. Taman Nasional Lamington, Queesland Tenggara.
  5. Situr Fosil Riversleigh, Queensland Barat.
  6. Hutan Hujan Gondwana, Queensland Tenggara.

Iklim yang dimiliki oleh Queensland sangat beragam di seluruh daratannya. Tingkat curah hujan tergolong sedang di kawasan pesisir, musim huan monsun di bagian utara, dan kondisi sub-tropis yang lembab untuk kawasan pesisir bagian selatan.

Sedangkan untuk daerah pedalaman dan bagian barat, curah hujan termasuk rendah dan akan terasa lembab saat musim panas. Sedangkan untuk dataran tinggi yang berada di bagian tenggara pedalaman, mengalami penurunan suhu hingga di bawah titik beku saat pertengahan musim dingin.

Setidaknya ada enam zona iklim utama di Queensland berdasarkan pada suhu dan kelembaban:

  1. Musim panas yang lembab dan hangat, musim dingin yang lembab hangat (utara jauh dan pesisir) : Cairns, Innisfail.
  2. Musim panas yang lembab dan hangat, musim dingin yang hangat dan kering (utara dan pesisir): Townsville, Mackey.
  3. Musim panas yang sangat lembab, musim dingin yang agak kering (area pesisir tinggi dan pesisir tenggara): Brisbane, Bundaberg, Rockhamton.
  4. Musim panas yang amat panas, musim dingin yang agak kering (pedalaman tengah dan barat laut): Gunung Isa, Emerald, Longreach.
  5. Musim panas yang terik, musim dingin sejuk kering (pedalaman selatan): Roma, Charleville, Goondiwindi
  6. Musim panas lembab yang hangat, musim dingin yang kering (timur): Toowoomba, Warwick, Stanthorpe.

Penduduk Queensland

Diperkirakan pada bulan Maret 202, ada sekitar 5.160.023 jiwa tinggal di Queensland dengan setengah dari total populasi berada di Brisbane dan lebih dari 70% tiggal di tenggara Queensland. Sejak tahun 1980-an, Queensland secara konstan mengalami pertumbuhan penduduk dengan cepat dibandingan dengan negara bagian lainnya.

Sebagian besar penduduk Queensland merupakan penduduk yang lahir di Australia. Beberapa penduduk ada yang merupakan imigran dari berbagai negara seperti:

Hampir sebagian besar penduduk Queensland berbicara dalam bahasa Inggris. Terdapat pula bahasa lain seperti Mandarin, Vietnam, Kanton, Spanyol, dan Italia. Di bidang agama, hampir sebagian besar penduduk mengaku tidak beragama, namun ada pula penduduk yang beragama Katolik dan Anglikan.

Kondisi Perekonomian Dan Sumber Daya Alam Queensland

Kondisi perekonomian Queensland di tahun 2019 memiliki GDB sebesar US357.044 miliar, menjadikan negara bagian ini sebagai negara ketiga terbesar di Australia setelah New South Wales dan Victoria.

Adanya pelabuhan dan jalur kereta api yang dibangun pada abad ke 19 mempengaruhi pembangunan kegiatan ekspor terutama hasil tambang dan pertanian mengalami peningkatan.

Bahkan sejak tahun 1980-an, arus imigran juga mengalami peningkatan. Bahkan banyak para investor tertarik terhadap pemerintah Queensland, terjadi peningkatan pada sektor pertambangan hingga sektor kedirgantaraan yang membuat perekonomian semakin membaik.

Industri utama yang menjadi andalan Queensland yakni hasil pertanian seperti pisang, nanas, kacang, beragam buah dan sayuran tropikal, tanaman biji-bijian, wine, peternakan, kapas, wol, perak, timbal, batu bara, bauksit, emas, seng dan tembaga.

Fakta Menarik Queensland

  1. Queensland menjadi negara bagian yang memiliki pantai-pantai indah, salah satunya Surfers Paradise di Gold Coast. Ombak di pantai ini ramah bagi para peselancar dan selalu tidak pernah sepi wisatawan.
  2. Suhu udara di Queensland rata-rata berkisar 23 derajat celcius jika panas dan 8 derajat celcius saat musim dingin. Cocok untuk melakukan berbagai kegiatan.
  3. Queensland menjadi negara di Australia yang disinari matahari rata-rata sekitar 261 hari setiap tahunnya. Tidak heran jika negara bagian ini mendapat julukan sebagai “The Sunshine States of Australia”.
  4. Hampir sekitar sepertiga penduduk Queensland merupakan imigran dengan sebagian besar banyak ditemukan di Brisbane, ibu kota Queensland.
  5. Kumpulan terumbu karang di Queensland paling banyak berada di Great Barrier Reef, yang juga menjadi terumbu karang terbesar di dunia.
fbWhatsappTwitterLinkedIn