New Zealand: Karakteristik, Penduduk, dan Fakta Menariknya

New Zealand atau Selandia Baru merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di barat daya Samudera Pasifik. Lokasinya cukup jauh dari, tidak heran jika New Zealand menjadi kepulauan terakhir yang ditempati oleh manusia.

New Zealand memilik nama lain yakni Aotearoa yang berasal dari bahasa Maori, memiliki arti Tanah Berawan Putih Panjang. Selain itu, negara ini juga memiliki nama lain dari bahasa Latin yakni Nova Zeelandia.

Karakteristik New Zealand

New Zealand merupakan sebuah negara di benua Oseania yang terdiri dari dua pulau utama dan beberapa pulau yang berukuran lebih kecil. Pulau Utara dan Pulau Selatan (termasuk pulau utama) dipisahkan oleh Selat Cook yang memiliki lebar sekitar 22 km untuk celah tersempitnya.

Terdapat pula lima pulau lain yang dihuni yakni Pulau Stewart, Pulau Chatham, Pulau Waiheke, Pulau Great Barrier (di Teluk Hauraki), dan Pulau d’Urville (di Marlborough Sounds). Keseluruhan pulau-pulau tersebut terletak di antara garis lintang 29o LS – 53o LS dan garis bujur 165o BT – 176o BT.

New Zealand juga berbatasan dengan beberapa negara, antara lain:

  • Di bagian barat laut berbatasan dengan: Australia dan Laut Tasman.
  • Di bagian utara berbatasan dengan: Negara Tonga, Fiji, dan Kaledonia Baru.
  • Di bagian selatan berbatasan dengan: Kutub Selatan

Beribu kota di Wellington, New Zealand terbentang dari utara hingga selatan sepanjang kurang lebih 1.600 km dan lebar berkisar 400 km dari barat ke timur. Jika ditotal keseluruhan daratan negara ini mencapai 268.021 km persegi.

Pulau Selatan yang menjadi salah satu pulau terbesar New Zealand, terbagi secara membujur oleh Alpen Selatan. Terdapat pula 18 puncak gunung dengan tinggi melebihi 3.000 meter di atas permukaan laut.

Salah satu gunung yang cukup terkenal di New Zealand yakni Gunung Cook atau Gunung Aoraki yang memiliki tinggi mencapai 3.754 km di atas permukaan laut. Di Pulau Selatan ini juga terdapat terdapat Pegunungan Fiordland yang cukup curam, dan fyord dalam sebagai bukti bahwa telah terjadi proses glasiasi besar di zaman es.

Untuk Pulau Utara tidak terlalu bergunung-gunung, namun banyak ditemukan gunung berapi. Terdapat Zona Vulkanik Taupo yang amat aktif, membentuk dataran tinggi vulkanik besar, diselingi oleh Gunung Ruapehu (2.797 meter di atas permukaan laut) yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Utara.

Bahkan dataran tinggi tersebut menjadi tempat bagi danau terbesar di New Zealand, Danau Taupo. Lokasinya berada di kaldera dan menjadi salah satu supervolcano paling aktif di dunia.

Iklim New Zealand termasuk iklim lautan yang sedang, bersuhu rata-rata tahunan berkisar 10 derajat celcius untuk bagian selatan dan 16 derajat celcius di bagian utara. Selain itu, kondisi negara ini juga sangat bervariasi tergantung regionnya.

Mulai dari kondisi sangat basah di Pesisir Barat Pulau Selatan hingga semi gersang di Otago Tengah dan Cekungan Mackenzie di Pedalaman Canterbury, dan subtropis di Semenanjung Auckland Utara.

Penduduk New Zealand

Hampir sebagian besar penduduk New Zealand merupakan keturunan dari Bangsa Eropa. Terdapat pula suku Maori yang menjadi etnik kedua terbesar di negara ini. Seiring berjalannya waktu, banyak pada imigran yang berasal dari Asia datang dan menetap di New Zealand.

Kristen menjadi agama yang paling banyak dipeluk oleh penduduk New Zealand, meskipun begitu ada sekitar 40% penduduknya tidak memiliki agama. Agama Kristen sendiri terbagi menjadi Presbiteranian, Katolik Roma, Anglikan, dan Methodist.

Ada juga Gereja Ratana yang menjadi basis di New Zealand dengan sebagian besar jemaat merupakan suku Maori. Terdapat agama minoritas lainnya yang tercatat dalam sensus yakni Hindu, Buddha, dan Islam.

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak dituturkan di negara ini. Bahasa Inggris yang digunakan serupa dengan bahasa Inggris yang ditemukan di Australia, meskipun begitu banyak penutur yang berasal dari bumi bagian utara tidak dapat mengucapkan aksen tersebut.

Bahasa Maori juga dinyatakan sebagai bahasa resmi kedua negara ini sejak tahun 1987. Oleh karena itu, di New Zealand telah bahasa Maori digunakan di sekolah pedalaman, dua saluran televisi, dan nama tempat.

Kondisi Perekonomian dan Sumber Daya Alam New Zealand

Negara New Zealand tergolong sebagai negara maju bahkan tingkat pertumbuhan ekonominya bersaing dengan Eropa Selatan dalam beberapa hal, salah satunya Indeks Pembangunan Manusia yang berada diurutan ketiga di dunia.

Kegiatan ekspor menjadi andalan bagi New Zealand dan memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian negara ini. New Zealand memiliki ekonomi pasar modern, maju, dan juga makmur dengan Produk Domestik Bruto (PDB) berdasarkan Keseimbangan Kemampuan Berbelanja (KKB) mencapai US$40.266 per kapita di tahun 2018.

Negara ini menggunakan Dollar Selandia Baru sebagai mata uangnya atau secara informal disebut sebagai dollar Kiwi. Mata uang ini tidak hanya digunakan di New Zealand saja, namun juga Kepulauan Cook, Tokelau, Niue, dan Kepulauan Pitcairn.

Perdagangan internasional menjadi andalan negara ini, terutama hasil pertanian. Industri ekspor terpenting berasal dari pertanian, hortikultura, perikanan, kehutanan, dan pertambangan. New Zealand bekerja sama dengan sejumlah negara dalam kegiatan ekspor seperti Australia, Jepang, RRT, Amerika Serikat, dan Britania Raya.

Hasil pertanian yang diekspor antara lain daging, wol, buah-buahan dengan anggur yang terbesar, perikanan, dan susu.

Fakta Menarik New Zealand

  1. Berbeda dengan negara yang berada di bagian utara Bumi, New Zealand mengalami musim dingin pada bulan Juli hingga Agustus. Dan musim panas berlangsung pada bulan Desember hingga Februari.
  2. New Zealand pertama kali ditemukan oleh pelaut Belanda, Abel Tasman di tahun 1642. Dan pada tahun 1769, Kapten Inggris yang bernama James Cook datang ke New Zealand dan membuat peta daratannya.
  3. Olah raga bungee berawal dari New Zealand dengan orang pertama yang melakukannya bernama AJ Hackett. Dia melakukan lompatan dari jembatan Queenstone di tahun 1988.
  4. Pada tahun 2013, New Zealand menjadi negara yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Hal ini disebabkan karena negara ini menjadi salah satu negara paling bebas dalam pernikahan sesama jenis dan prostitusi.
  5. Kue terkenal di New Zealand bernama Pavlova, yakni semacam moringue yang bagian atasnya ditutupi oleh krim dan irisan buah segar.
fbWhatsappTwitterLinkedIn