14 Daftar Negara Di Benua Oseania dan Karakteristiknya

Ada beberapa artian mengenai Oseania, dalam arti sempit menurut Jules Dumont d’Urville (1831) Oseania terdiri atas Polinesia (termasuk Selandia Baru), Melanesia (termasuk Nugini), serta Mikronesia. Sedangkan untuk artian luas Oseania sendiri meliputi Australia dan Asia Tenggara, bahkan hingga Taiwan, Jepang serta Kepulauan Aleut.

Asal usul nama Oseania sendiri berasal dari kata “oceanie” yang merupakan bahasa Prancis dan diberikan oleh seorang ahli geografi bernama Conrad Malte-Burn. Pemberian nama tersebut sesuai dengan kondisi wilayah yang dikelilingi oleh lautan serta berada di Samudera Pasifik.

Meskipun terdiri atas pulau – pulau, benua Oseania tersusun dari beberapa negara berdaulat. Setiap negara tersebut memiliki kemerdekaan yang berbeda – beda berdasarkan negara penjajah mereka, serta aturan konstitusional yang bervariasi.

Lalu, negara apa saja yang masuk ke dalam kawasan benua Oseania? Berikut daftarnya:

1. Australia

Australia merupakan negara persemakmuran Inggris, maka dalam menjalankan pemerintahannya menganut sistem Monarki Konstitusional Federal dengan menjadikan Ratu Inggris sebagai Kepala Negara. Bisa dikatakan jika Australia termasuk negara maju di kawasan Oseania.

Meskipun menjadi sebuah negara, ternyata Australia memiliki beberapa negara bagian di dalamnya, yakni 6 negara bagian dan 2 wilayah teritorial. Khusus untuk ibu kota Australia berada di teritorial ibu kota yang bernama Canbera.

2. New Zealand

Keindahan alam dari negara dengan ibu kota Wellington sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak yang mengira jika New Zealand adalah bagian dari Australia, padahal negara ini merupakan negara kepulauan yang berada di barat daya Samudera Pasifik.

New Zealand pertama kali ditemukan oleh pelaut Belanda, Abel Tasman. Dia mengira jika New Zealand merupakan bagian dari pulau Staten Landt yang terdapat di Argentina.

Pemberian nama Nieuw Zeeland yang berasal dari nama provinsi di Belanda diberikan oleh Joan Blaeu. Saat bangsa Inggris tiba, pengucapan James Cook mengenai Nieuw Zeeland menggunakan aksen inggris sehingga nama tersebut berubah menjadi New Zealand.

3. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall terkenal sebagai wilayah yang memiliki radiasi tertinggi di dunia. Diperkirakan keseluruhan pulau memiliki paparan radiasi melebihi tingkat radiasi di Fukushima dan Chernobyl.

Amerika Serikat menjadikan Kepulauan Marshall sebagai daerah uji coba nuklir dari tahun 1946 sampai dengan 1958. Tidak heran jika Kepulauan Marshall terkenal sebagai salah satu pulau paling berbahaya di dunia.

4. Negara Fiji

Negara Fiji merupakan daerah jajahan Inggris dan baru merdeka pada tahun 1970. Negara yang beribu kota Suva ini terkenal akan keindahan pantai dan lautnya.

Dahulu penduduk asli Fiji masih mempraktekan kegiatan kanibalisme. Tetapi hal tersebut telah dilarang sejak pemerintahan Ratu Seru Cakobau memeluk agama Kristen di tahun 1800-an.

5. Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon merupakan salah satu negara kepulauan terkecil di Oseania yang berada di timur Papua Nugini. Sesuai dengan namanya, Kepulauan Solomon memiliki ratusan pulau maka tidak heran jika terdapat banyak pantai yang indah dengan pemandangan bawah airnya.

Meskipun begitu Kepulauan Solomon pernah menyimpang sejarah yang kelam yakni konflik, perang saudara hingga kudeta. Dan untuk meredamnya pemerintah harus meminta bantuan tentara keamanan dari negara lain.

6. Negara Kiribati

Saat ini negara Kiribati sedang menghadapi ancaman serius yakni tenggelam dan menghilang akibat pemanasan global. Bagaimana tidak titik tertinggi negara ini yakni 2 meter di atas permukaan laut.

Negara yang beribu kota Tarawa tersebut terdiri atas 21 pulau berpenghuni. Terbagi menjadi tiga kelompok termasuk kelompok menyatukan Kepulauan Line dan Kepulauan Phoenix.

7. Negara Mikronesia

Negara Mikronesia tidak jauh berbeda dengan negara Indonesia, yakni memiliki keragaman suku. Negara yang terletak di utara Papua ini memiliki sekitar 607 pulau dan luas mencapai 158,1 kilometer persegi.

Negara yang berada di bawah perlindungan Amerika Serikat tersebut tidak memiliki kekuatan militer. Sehingga jika ada suatu negara mengancam negara Mikronesia, akan langsung berhadapan dengan Amerika Serikat.

8. Negara Nauru

Letak negara Nauru berada di Kepulauan Mikronesia dengan luas wilayah sekitar 21 km persegi dan dihuni oleh kurang dari 10.000 jiwa. Negara Nauru dikenal karena kondisi alamnya yang luar biasa.

Pernah ditemukan fosil kotoran burung berusia lebih dari ribuan tahun dan menjadi pupuk alami dengan kandungan fosfor terbanyak. Hingga akhirnya warga menjual kotoran tersebut ke perusahaan asing dan hampir sebagian besar warga menjadi kaya secara cepat.

9. Republik Palau

Palau adalah negara kepulauan yang memiliki 8 pulau besar serta 250 pulau kecil. Republik Palau berada di utara Indonesia dan bagian timur Filipina.

Keindahan Palau bisa dilihat dari pantainya yang indah, teluk berwarna biru dan pulau kecil berbentuk payung. Tidak heran jika Palau terkenal sebagai salah satu Keajaiban Bawah Air di Dunia.

10. Negara Papua Nugini

Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini memiliki beragam kebudayaan. Tercatat jika negara Papua Nugini mempunyai 820 bahasa daerah dengan 1.000 suku.

Beribu kota Port Moresby menjadikan kota tersebut sebagai kota terbesar di Papua Nugini. Negara ini dianggap sebagai daratan terakhir yang belum dieksplorasi dan diyakini bahwa terdapat banyak flora dan fauna langka.

11. Negara Tonga

Negara Tonga berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Negara ini berbentuk Monarki Konstitusional dengan Raja sebagai pemimpin kerajaan dan Perdana Menteri memimpin pemerintahan.

Salah satu tempat menarik di Tonga yakni terdapat pulau karang yang menjadi tempat favorit bagi para penyelam.

12. Negara Samoa

Negara ini sudah beberapa kali berganti nama dari Samoa Jerman hingga Samoa Barat. Negara Samoa hanya terdiri atas 2 pulau utama dan 7 pulau kecil.

Letak Samoa berdekatan dengan Fiji, Vanuatu, Tonga, Kepulauan Cook, Tuvalu, dan Kepulauan Cook.

13. Negara Vanuatu

Negara Vanuatu memiliki luas sekitar 12.189 km persegi dengan populasi sekitar 270 ribu jiwa. Keindahan alam terutama pantainya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Meskipun begitu, negara ini sering mengalami gempa bumi, badai topan, tsunami hingga erupsi gunung berapi. Perlu kewaspadaan tinggi jika berkunjung ke negara ini.

14. Negara Tuvalu

Negara Tuvalu memiliki luas sekitar 26 km persegi, dahulu negara ini bernama Ellice Islands. Negara ini terdiri dari tiga pulau karang serta 6 atol (trumbu karang berbentung melingkar).

Karena terbentuk dari pulau – pulau kecil, alat transportasi yang digunakan yakni perahu. Hampir sekitar 56,6 persen penduduk tinggal di Funafuti yang merupakan ibu kota negara Tuvalu.

Demikian penjelasan mengenai negara – negara di benua Oseania. Semoga dapat bermanfaat.