Australia Selatan: Karakteristik, Ekonomi Dan Sumber Daya Alam

Australia Selatan menjadi negara bagian di benua Australia yang wilayahnya terbentang dari bagian tengah hingga ke selatan benua. Sama seperti daratan di negara bagian lainnya, Australia Selatan juga memiliki karakteristik tersendiri.

Karakteristik Australia Selatan

Australia Selatan yang beribu kota di Adelaide ini, mempunyai luas wilayah mencapai 983.482 km persegi menjadikan negara bagian ini sebagai negara terluas keempat di benua Australia. Salah satu keunikan dari Australia Selatan yakni negara ini berbatasan dengan semua negara bagian di Australia.

Adapun batasan wilayah milik Australia Selatan, antara lain:

Sebagian besar daratan Australia Selatan berupa padang rumput yang gersang dan semi gersang, disertai dengan pegunungan rendah. Meskipun bukan yang tertinggi, pegunungan utamanya yakni Mount Lofty – Flinders Ranges membentang ke utara sejauh 800 km, dimulai dari Cape Jervis mengarah ke utara menuju Danau Torrens.

Titik tertingginya berada di Gunung Woodroffe dengan tinggi 1.435 meter di atas permukaan laut, lokasinya berada di Musgrave Ranges, di ujung barat laut Australia Selatan. Di sisi barat daya Australia Selatan terdapat Dataran Nullarbor yang diapit oleh tebig Great Australian Bight.

Iklim di Australia Selatan cukup bervariasi. Di bagian selatan kawasan atau wilayah pesisir tersebut cendrung beriklim mediterania, sedangkan untuk kawasan yang berada di tengah beriklim gersan (arid) atau semi-arid.

Rata-rata suhu udara di Australia Selatan mencapai 29 derajat celcius di bulan Januari dan 15 derajat celcius di bulan Juli.

Penduduk Australia Selatan

Australia Selatan memiliki populasi kurang dari 8 persen dari total keseluruhan populasi di Australia dan berada diurutan kelima dari semua negara bagian. Di tahun 2018 tercatat populasi di Australia Selatan mencapai 1.733.500. Sebagian besar penduduk tinggal di Greater Metropolitan Adelaide dan sisanya berada di kawasan bertanah subur sepanjang pantai tenggara dan Sungai Murray.

Sama seperti negara bagian yang lain, penduduk Australia Selatan sebagian besar lahir dan tinggal di Australia meskipun mereka merupakan keturunan Inggris. Terdapat pula populasi yang merupakan etnik asli Australia yakni Aborigin.

Adapula yang merupakan imigran dari beberapa negara, antara lain:

Dalam kehidupan sehari-hari, penduduk Australia Selatan biasa menuturkan bahasa Inggris. Terdapat pula bahasa asing lain yang juga dituturkan oleh sebagian besar imigran seperti Italia, Mandarin, Yunani, Vietnam, dan Kanton.

Setengah penduduk Australia Selatan beragama Kristen, namun sedikit diantaranya mengaku tidak memberi tahu agamanya. Agama lain yang juga dianut oleh penduduk Australia Selatan yakni agama Katolik, Anglikan, dan Gereja Uniting. Namun ada pula yang mengaku tidak beragama.

Kondisi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Australia Selatan

Sektor industri manufaktur menjadi sektor yang paling diandalkan di Australia Selatan dalam pergerakan perekonomian, dengan menyumbang sekitar 11,7% dari produk negara bruto (GSP) negara bagian serta memainkan peran penting dalam kegiatan ekspor.

Industri manufaktur ini berasal dari berbagai bidang seperti otomotif, manufaktur komponen, farmasi, teknologi pertahanan dan sistem elektronik. Selebihnya Australia Selatan sangat bergantung juga pada kegiatan ekspor dari negara bagian lain di Australia.

Kegiatan industri dan ekspor utama Australia Selatan berupa gandum, anggur, dan wol. Tanah yang subuh dan cocok untu tanaman anggur, membuat Australia Selatan terkenal akan produksi anggurnya yang banyak ditemukan di kawasan Lembah Barossa, Lembah Clare, McLaren Vale, Coonawarra, Riverland, dan Perbukitan Adelaide.

Sumber daya alam lain yang dimiliki oleh Australia Selatan yakni adanya tambang uranium terbesar di dunia bernama Tambang Olympic Dam. Tambang ini berlokasi di dekat Roxby Downs di bagian utara Australia Selatan.

Besarnya cadangan uranium ini setara dengan sepertiga cadangan uranium dunia. Selain itu, Tambang Olympic Dam juga memiliki cadangan tembaga terbesar keempat di dunia dan cadangan emas terbesar di dunia.

Angin juga sangat dimanfaatkan dengan baik Australia Selatan sebagai sumber energi terbarukan. Hampir sebagian besar listrik di Australia Selatan bersumber dari tenaga angin yang kemudian disimpan dalam baterai lithium-ion. Konon baterai tersebut menjadi baterai lithium-ion terbesar di dunia.

Fakta Menarik Australia Selatan

  1. Danau Eyre yang berada di pedalaman Australia Selatan merupakan danau air asin terbesar di dunia.
  2. Kota Adelaide merupakan satu-satunya ibu kota di Australia yang tidak dihuni oleh narapida. Hampir sebagian besar penduduknya tidak memiliki riwayat kriminal. Tidak heran jika kota ini dianggap minim kejahatan jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Australia.
  3. Di Australia Selatan terdapat sebuah pertambangan opal terbesar di dunia bernama Tambang Coober Pedy.
  4. Sebenarnya sungai Murray yang mengalir di Australia Selatan, mengalir dan melewati dua negara lainnya yakni Victoria dan New South Wales.
  5. Jika ditotal keseluruhan batas negara bagian Australia Selatan mencapai 3.185 km.
fbWhatsappTwitterLinkedIn