Negara Swedia: Karakteristik, Penduduk Dan Faktanya

Negara Swedia atau yang memiliki nama resmi Kerajaan Swedia merupakan sebuah negara nordik terletak di Skandinavia, Eropa Utara. Dengan luas wilayah sekitar 450.295 km persegi, negara Swedia menjadi negara terluas ketiga di kawasan Uni Eropa.

Menurut sejarah negara Swedia telah menjadi sebuah negara independen sejak Abad Pertengahan. Sekitar abad ke-17, Swedia mengembangkan kekuasannya untuk membentuk Kekaisaran Swedia dan telah menjadi salah satu kekaisaran terkuat utama di Eropa hingga awal abad ke-18.

Sejak kemiliteran Swedia bergabung dengan negara Norwegia di tahun 1814, negara ini berubah menjadi negara netral dengan menjaga kebijakan luar negerinya. Hingga akhirnya negera ini berpisah dengan Norwegia secara damai pada tahun 1905 dan menjadi batas Swedia saat ini.

Secara etimologi nama Swedia berasal dari bahasa Inggris Lama yakni Swēoþod yang memiliki arti orang dari Swedia. Ada juga yang berpendapat jika kata Swedia berasal dari kata Swihoniz yang artinya sendiri.

Karakteristik Negara Swedia

Negara Swedia berada di benua Eropa tepatnya di bagian utara dan jika dilihat secara astronomis negara ini berada di antara garis lintang 55o – 70o LU dan 11o – 25o BT. Selain itu, Swedia juga berbatasan dengan beberapa negara, antara lain:

  • Sisi timur laut berbatasan dengan: negara Finlandia.
  • Sisi timur berbatasan dengan: Laut Baltik dan Teluk Bothnia.
  • Sisi barat daya berbatasan dengan: Selat Skagerrak dan Selat Kattegat.
  • Sisi barat berbatasan dengan: negara Norwegia.

Karena berbatasan dengan Laut Baltik dan Teluk Bothnia, Swedia memiliki garis pantai yang panjang dan membentuk bagian timur dari Semenanjung Skandinavia. Tidak hanya itu saja, negara ini juga mempunyai batasan maritim dengan beberapa negara yakni:

Titik terendah Swedia terletak di Danau Hammarsjön yakni dengan tinggi 2,41 meter di bawah permukaan laut. Sedangan titik tertingginya berada di Kabnekaise di ketinggian 2.111 meter di atas permukaan laut.

Hampir sekitar 15% wilayah negara Swedia berada di lingkaran Arktik, namun iklim negara ini termasuk sedang. Dalam satu tahun, negara ini mengalami pergantian musim sebanyak 4 musim berbeda dengan suhu udara termasuk ringan sepanjang tahun.

Negara ini terbagi menjadi 3 jenis iklim yakni iklim laut di bagian selatan, iklim lembab pada bagian tengah, dan iklim sub arktik yang berada di bagian utara. Meskipun demikian dibandingkan dengan negara lain yang berada di lintang yang sama, Swedia termasuk negara yang memiliki kondisi lebih hangat dan lebih kering.

Suhu udara di Swedia sangat dipengaruhi oleh daratan Skandinavia. Ketika musim dingin tiba khusus untuk wilayah bagian tengah hingga selatan, suhu rata-rata mencapai -4 sampai dengan 2 derajat celcius. Sedangkan saat musim panas dapat mencapai rata-rata 20 hingga 25 derajat celcius.

Untuk curah hujan rata-rata negara ini antara 500 dan 800 mm per tahunnya, tergolong lebih kering jika dibandingkan dengan curah hujan global. Sedangkan untuk kawasan bagian barat daya mempunyai curah hujan yang amat tinggi yakni 1.000 hingga 1.200 mm per tahun.

Penduduk Negara Swedia

Jumlah populasi penduduk negara Swedia berkisar 10 juta jiwa dan paling banyak menghuni bagian selatan Swedia. Sebagian besar penduduknya tinggal di kawasan urban atau perkotaan terutama di kawasan ibu kota Stockholm dan kota terbesar lainnya yaitu Gothenburg dan Malmö.

Tidak ada data resmi mengenai etnik yang tinggal di Swedia. Namun berdasarkan data statistik Swedia di tahun 2012 ada sekitar 20,1% atau sekitar 1.921.000 penduduk Swedia yang mempunyai latar belakang negara asing dengan kata lain dilahirkan di luar negeri atau lahir di Swedia namun dengan orang tua yang lahir di luar negeri.

Sebagian besar penduduk Swedia berasal dari beberapa negara seperti Finlandia (2,38%), negara bekas Yugoslavia (2,06%), negara Irak (1,74%), negara Polandia (0,91%), dan Iran (0,84%).

Secara resmi bahasa Swedia merupakan bahasa yang berlaku di Swedia sejak 1 Juli 2009 dan termasuk kelompok bahasa Jermanik Utara dan mirip dengan bahasa Norwegia dan bahasa Denmark. Terdapat beberapa bahasa minoritas yang juga diakui di negara ini antara lain:

  • Bahasa Finlandia Swedia
  • Bahasa Meänkieli
  • Bahasa Sami
  • Bahasa Romawi
  • Bahasa Yiddish

Meskipunn begitu sebagian besar penduduk yang lahir setelah Perang Dunia II dapat memahami dan berbicara bahasa Inggris sebab digunakan dalam hubungan perdagangan, perjalanan ke luar negeri, serta pengaruh musik dan film Amerika Serikat.

Sebelum abad ke-11 penduduk Swedia mempunyai kepercayaan Norse dengan menyembah Dewa Æsir. Selanjutnya terjadi kristenisasi pada abad ke-11 hingga akhirnya terjadi Reformasi Protestan di tahun 1530-an dan menghapus Gereja Katolik Roma menjadikan Lutheranisme sebagai agam resmi Swedia di tahun 1593.

Seiring berjalannya waktu, agama di Swedia terus mengalami perubahan sampai survei terakhir menunjukkan bahwa sekitar 85% penduduk Swedia tidak percaya Tuhan, 23% percaya adanya Tuhan, 53% percaya terhadap roh atau kekuatan spritual, sedangkan 23% tidak percaya adanya Tuhan, roh atau kekuatan spiritual lainnya.

Perekonomian Dan Sumber Daya Alam Negara Swedia

Jika dilihat dari PDB (Pendapatan Domestik Bruto) negara Swedia termasuk negara terkaya ketujuh di dunia dengan standar hidup penduduknya yang tinggi. Sumber daya alam andalan negara ini berasal dari kayu dan besi yang juga menjadi basis sumber daya ekonomi terutama dalam perdagangan luar negeri.

Sektor industri khususnya teknik yang memegang peranan penting dalam kegiatan ekspor selain sektor telekomunikasi, otomotif, dan farmasi. Banyak perusahaan besar mendominasi Swedia seperti IKEA, Atlas Copco, Hannes & Mauritz, Volvo dan lain sebagainya.

Untuk mata uang Swedia menggunakan mata uang sendiri yakni Krona Swedia (SEK). Hal ini disebabkan penduduk Swedia menolak menggunakan Euro dalam sebuah referendum. Perkembangan perdagangan memegang peran penting dan telah bekerja sama dengan Amerika Serikat, Jerman, Norwegia, Inggris, Denmark dan Finlandia.

Fakta Menarik Negara Swedia

  1. Meskipun saat ini menjadi salah satu negara terkaya di dunia, namun Swedia pernah menjadi negara termiskin di Eropa pada abad ke-19.
  2. Swedia terkenal akan kemajuan teknologinya. Bahkan negara ini telah menemukan berbagai macam penemuan seperti bluetooth, GPS, Spotify, Skype, hingga pendeteksi HIV.
  3. Negara Swedia sangat menjunjung tinggi kesetaraan gender.
  4. Salah satu makanan unik Swedia yakni Surstömming atau ikan basi yang memiliki aroma sangat menyengat.
  5. Swedia adalah negara pengimpor sampah terbesar di dunia. Sampah-sampah tersebut berasal dari Italia, Inggris, dan Norwegia.
fbWhatsappTwitterLinkedIn