Negara Israel: Karakteristik – Penduduk – Faktanya

Negara Israel yang berada di kawasan Asia Barat merupakan satu – satunya negara Yahudi terbesar di dunia. Lokasinya sangat strategis yakni berada di dekat Laut Merah atau Laut Mediterania yang merupakan salah satu perairan tersibuk di dunia, menghubungkan benua Eropa, benua Afrika dan Asia.

Negara Israel terbentuk berawal dari konsep Tanah Israel,yakni konsep pusat Yudaisme dari zaman kuno hingga akhirnya pada tahun 1947,Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyetujui Pembagian Palestina menjadi 2bagian yakni negara Yahudi dan negara Arab. Pada 14 Mei 1948, negera Israelmemproklamirkan kemerdekaannya yang tentunya dikecam oleh negara-negara Arablainnya hingga timbullah perang hingga sampai saat ini.

Karakteristik Negara Israel

Negara Israel merupakan sebuah negara demokrasi yang lokasinyadikelilingi oleh

Selain itu, negara ini juga dikelilingi oleh dua wilayahOtoritas Nasional Palestina yakni Jalus Gaza dan Tepi Barat. Luas wilayahnegera Isreal sendiri memiliki 2 versi, yakni 22.072 km persegi (meliputiDataran Tinggi Golan dan Yerussalem Timur) menurut hukum Israel, sedangkan jikaberdasarkan wilayah yang dikontrol oleh Israel yakni seluas 27.799 km persegimeliputi wilayah Palestina di Tepi Barat.

Meskipun luas wilayahnya tidak terlalu besar, kondisi alam Israel cukup beragam mulai dari gurun pasir Negev di bagian selatan hingga barisan pegunungan Galilea serta Dataran Tinggi Golan di sisi utara. Pada bagian timur pegunungan tengah terdapat Lembah Yordan yang menjadi bagian dari Great Rift Valley dengan panjang 6.500 km.

Di Lembah Yordan juga mengalir Sungai Yordan yang berasaldari Gunung Hermon kemudian ke Lembah Hulah dan Laut Galilea hingga akhirnyabermuara di Laut Mati. Ada salah satu ciri khas yang hanya dimiliki oleh Israelyakni makhtesh berada di Semenanjung Sinai. Makhtesh merupakan sebuah kawahyang terbentuk akibat adanya proses erosi, sedangkan makhtesh terbesar di duniaberada di Kawah Ramon berukuran 40 X 8 km.

Suhu udara di Israel cukup bervariasi, terutama saat musimdingin tiba di mana wilayah pegunungan akan berangin dingin dan terkadang turunsalju, Yerussalem menjadi kota yang akan dituruni salju satu tahun sekali. Untukkota-kota di pesisir seperti Tel Aviv dan Haifa memiliki iklim Mediteraniabersuhu sejuk, hujan saat musim dingin, dan akan sangat panas ketika musimpanas tiba.

Penduduk Negara Israel

Diperkirakan jumlah pendudu di Israel ada sekitar 9 jutajiwa, dengan jumlah etnik terbesar yakni Yahudi. Meskipun begitu, negara inijuga memiliki beberapa kelompok etnik lain seperti etnik Arab dengankewarganegaraan Israel dan sisanya merupakan etnik lain.

Negara Israel menggunakan dua bahasa resmi yakni bahasaIbrani dan bahasa Arab. Bahasa Ibrani merupakan bahasa yang paling seringdituturkan oleh masyarakat Israel, sedangkan bahasa Arab banyak dipakai olehkelompok Arab minoritas serta Yahudi yang berasal dari tanah Arab.

Meskipun begitu, banyak pula penduduk Israel yang dapatberkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sebab negara ini juga didatangi olehimigran Yahudi dari berbagai negara. Bakan negara bahasa Rusia dan bahasa Amharjuga digunakan untuk komunikasi secara luas oleh imigran Yahudi yang berasaldari Uni Soviet dan Ethiopia.

Meskipun Israel mayoritas penduduknya beragama Yahudi, namundi negara ini juga terdapat agama-agama lain seperti Islam, Kristen, Duze sertasebagian kecil Hindu dan Buddha. Kota Yerusalem menjadi kota terpenting bagiumat Yahudi, Kristen dan Islam sebab di kota ini terdapat bangunan pentingyakni Bait Allah dan Tembok Ratapan, Masjid Al-Aqsa, dan Gereja Makam Kudus.

Kekayaan Alam Dan Ekonomi Negara Israel

Di kawasan Asia Barat, Israel terkenal sebagai negaratermaju dalam pembangunan ekonomi dan industrinya. Tidak heran jika negara inimenempati urutan ke-3 menurut Indeks Kemudahan Berbisnis Bank Dunia dan jugaLaporan Daya Saing Global Ekonomi Dunia.

Besarnya PDB negara Israel di tahun 2019 saja mencapai US$353.645 milyar dengan jumlah pendapatan per kapita yakni US$39.106 berdasarkanKeseimbangan Kemampuan Berbelanja. Bahkan Israel pernah diundang untukbergabung dalam Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) ditahun 2007, untuk meningkatkan kerja sama antara negara serta menjunjungprinsip demokrasi dan ekonomi pasar bebas.

Sumber daya alam yang dimiliki Israel sangat terbatas,sehingga membuat negara ini melakukan pembangunan secara intensif di bidangagrikultur dan industri selama puluhan tahun, hingga akhirnya negara ini dapatbeswasembada pangan, kecuali untuk serealia dan daging sapi. Komoditas eksporutama negara ini yakni obat-obatan, buah-buahan, sayur mayur, peranti lunak,bahan kimia, intan dan teknologi militer.

Negara Israel menjadi negara nomor 1 di dunia dalammelakukan konservasi air dan penggunaan energi panas bumi. Sektor pariwisatajuga menjadi andalan negara ini, terutama wisata religi. Meskipun begitupermasalahan keamanan menjadi hambatan berkembangnya pariwisata di Israel.

Fakta Menarik Negara Israel

  1. Konflik peperangan yang belum berakhir hingga saat ini membuat seluruh remaja berusia 18 tahun harus mengikuti wajib militer. Wajib militer diikuti oleh semua remaja termasuk remaja wanita, sebab setiap warga negara Israel memiliki kewajiban yang sama yakni membela negara.
  2. Hari Sabtu adalah hari dilarang merokok bagi masyarakat Israel, terutama di kawasan pusat keagamaan atau di depan orang-orang Yahudi Ortodoks. Jika ada yang melanggar akan ada hukuman yang menanti.
  3. Paspor Israel adalah paspor terlarang di dunia. Orang yang memiliki paspor Israel memiliki stempel yang dapat membuat pemiliknya tidak dapat masuk ke negara-negara tertentu seperti Irak, Brunei Darussalam, Libya, Sudan, Iran, Somalia, Lebanon, Suriah, Pakistan dan Yaman.
  4. Albert Eintein pernah ditawari untuk menjadi pemimpin Israel, namun dia menolaknya.
  5. Mata uang Israel yakni Shekel mempunyai huruf braile untuk membantu para tuna netra.
fbWhatsappTwitterLinkedIn