Negara Brunei Darussalam: Karakteristik Dan Kekayaan Alamnya

Negara Brunei Darussalam termasuk salah satu negara maju yang berada di kawasan Asia Tenggara. Hal ini terbukti dari Indeks Pembangunan Manusia yang berada di urutan kedua setelah negara Singapura untuk kawasan Asia Tenggara, bahkan mempunyai produk domestik bruto per kapita terbesar di dunia untuk keseimbangan kemampuan berbelanja.

Bahkan majalah Forbes memposisikan negara Brunei Darussalam sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena mempunyai cadangan minyak bumi dan gas alam yang melimpah. Tidak hanya itu saja, negara ini tidak memberikan pajak kepada masyarakatnya bahkan untuk warga negara asing yang tinggal di Brunei Darussalam.

Karakteristik Negara Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara berdaulat yang terletak di Pulau Kalimantan bagian utara dengan sepanjang garis pantainya menghadap Laut Cina Selatan. Brunei Darussalam mempunyai ibu kota bernama Bandar Seri Begawan yang juga termasuk kota terbesar di negara tersebut.

Negara ini terbagi menjadi 2 bagian yang tidak saling terkait, sekitar 97% penduduknya tinggal di daratan sebelah barat (berukuran besar) dan sisanya berada di wilayah Temburong yang berada di sisi timur (dataran tinggi). Kedua wilayah tersebut dikelilingi oleh wilayah Serawak milik negara Malaysia.

Secara astronomis, Brunei Darussalam terletak di antara 4oLU – 5oLU dan berada di antara 114oBT – 115oBT. Jika dilihat secara geografis, negara Brunei Darussalam sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh wilayah Serawak, Malaysia dan hanya bagian utara saja yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Penduduk Negara Brunei Darussalam

Dengan luas wilayah 5.765 km persegi, jumlah penduduk Brunei Darussalam sebesar 442.400 jiwa pada tahun 2018. Sebagian besar penduduk yang berada di Brunei Darussalam berasal dari etnis Melayu, namun juga banyak ditemukan penduduk yang berasal dari keturunan Tiongkok (15%) bekerja di bidang perekonomian.

Bahkan ada juga komunitas ekspatriat dengan jumlah anggota yang tidak sedikit berasal dari Inggris dan Australia. Tidak heran jika banyak penduduk Brunei Darussalam yang fasih dalam berbahasa Inggris meskipun bahasa resmi yang digunakan yakni bahasa Melayu dan bahasa lainnya yakni bahasa Tionghoa.

Sama seperti negara Indonesia, mayoritas penduduk Brunei Darussalam beragama Islam dengan Sultan Brunei adalah kepala agama. Meskipun begitu ada pula agama-agama lain yang diakui oleh Brunei Darussalam yakni Buddha (Tionghoa), Kristen dan agama-agama tertentu yang terdapat pada komunitas kecil.

Sistem Ekonomi Negara Brunei Darussalam

Sistem ekonomi yang dianut oleh Brunei Darussalam yakni ekonomi liberal artinya seluruh perekonomian diatur oleh pemerintah serta kekayaan negara juga dikuasai oleh pihak kerajaan dan pihak asing (swasta). Seperti yang kita ketahui jika kekayaan Brunei Darussalam yang berupa minyak bumi dan gas alam memberikan peluang kepada pihak swasta untuk berinvestasi di negara tersebut.

Hal tersebut terlihat dari sebagian besar orang yang bekerja di bidang perekonomian berasal dari Republik Rakyat Tiongkok, sedangkan di sektor industri banyak dikuasai oleh orang Inggris.

Brunei Darussalam membebaskan biaya di berbagai layanan publik, seperti pendidikan, layanan kesehatan, subsidi beras dan perumahan kepada rakyatnya.

Bahkan untuk mencegah semakin ketergantungan kepada pihak swasta, pemerintah Brunei Darussalam melakukan pelatihan keterampilan tenaga buruh guna mengurangi pengangguran dan memperkuat sektor perbankan dan pariwisata.

Kekayaan Alam Negara Brunei Darussalam

Kenampakan alam Brunei Darussalam yakni sekitar 80% berupa hutan tropis dan 70% adalah hutan asli. Pemerintah Brunei sadar jika keberadaan hutan sangatlah penting, sehingga dibuatlah kebijakan untuk mengalokasikan sekitar 55% dari luas negara menjadi hutan lindung atau hutan cadangan.

Sumber daya alam utama yang menjadi andalan negara ini yakni minyak bumi dan gas alam di mana rata-rata jumlah yang dihasilkan setiap harinya sebanyak 20.000 barel. Brunei Darussalam memperoleh pendapatan negara terbesar berasal dari kegiatan ekspor minyak bumi dan gas ke sejumlah negara di dunia.

Fakta-Fakta Negara Brunei Darussalam

  • Negara yang menjunjung tinggi sopan santun

Brunei Darussalam menerapkan ajaran agama Islam disegala aspek, tidak heran jika negara ini sangat menjunjung tinggi nilai kesopanan. Salah satu aturan yang harus dipatuhi oleh setiap warganya yakni tidak boleh memperjual belikan minuman beralkohol dalam bentuk apapun secara bebas, jika terbukti melanggar akan dikenakan hukuman serius.

  • Pernah bergabung dengan Federasi Malaysia

Jika dilihat dari sejarah, Brunei Darussalam pernah dikuasi oleh Inggris pada abad ke-19. Hingga pada tahun 1984 negara ini berpisah dan menjadi negara merdeka dari Inggris.

  • Sultan Brunei Darussalam Yang Sangat Kaya Raya

Tidak perlu diragukan lagi kekayaan yang dimiliki oleh Sultan Brunei Hasanal Bolkiah. Selain istana yang amat megah, Sultan Brunei juga mempunyai banyak koleksi mobil-mobil mewah yang diperkirakan ada sekitar lima ribu mobil, bahkan terdapat pula koleksi mobil balap yang pernah menjuarai pertandian.

  • Istana Nurul Iman, Istana Termegah di dunia

Istana Nurul Iman dinobatkan sebagai istana termegah di dunia karena istana ini dilapisi oleh emas di beberapa bagian bangunannya. Istana ini juga dibuka untuk umum saat hari besar seperti Ramadhan dan Idul Fitri.

  • Bebas Macet

Meskipun kecil, Brunei Darussalam mempunyai jumlah penduduk sekitar 400 ribu jiwa, sehingga jalanan di negara ini sangatlah sepi dan tidak mungkin terjadi kemacetan. Selain bebas macet, negara ini juga bersih, aman, dan nyaman untuk ditempati.