Kenampakan Alam Brunei Darussalam Terlengkap

Kenampakan alam atau bisa disebut dengan bentang alam, merupakan salah satu hasil dari peristiwa atau tindakan yang dilakukan oleh alam itu sendiri. Bisa jadi berasal dari dalam bumi atau di luar permukaan bumi. Dan kenampakan alam di setiap wilayah akan berbeda – beda meskipun masih berada di daerah yang saling berdekatan. Seperti contoh kenampakan alam di pulau Jawa akan berbeda dengan kenampakan alam di pulau Sumatera. Dan itu juga berlaku di beberapa negara di seluruh dunia.

Salah satu negara yang berada di Asia Tenggara juga dikenal sebagai negara tetangga dari negara Indonesia. Negara ini juga berada di salah satu pulau terbesar di Indonesia yaitu pulau Kalimantan. Bersama dengan Indonesia dan negara – negara lain di kawasan Asia Tenggara, juga ikut bergabung di sebuah organisasi yaitu ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) pada tanggal 7 Januari 1984 dan menjadi anggota ke 6. Nagara ini bernama Brunei Darussalam. Penjalasan kali ini akan membahas kenampakan alam apa saja yang terdapat di Brunei Darussalam. Sebelumnya kita akan membahasa sedikit profil dari negara Brunei Darussalam terlebih dahulu.

Profil Singkat Brunei Darussalam

Dilihat dari posisi astronomisnya, negara Brunei Darussalam berada pada 4oLU – 5oLS dan antara 114oBT – 115oBT. Dan secara geografis di sebelah utara negara Brunei Darussalam terdapat Laut China Selatan sedangkan pada bagian timur, selatan dan barat berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia. Sedangkan untuk luas wilayahnya yaitu 5.765 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 438.159 jiwa pada tanggal 12 April 2019.

Mayoritas penduduk negara Brunei Darussalam beragama Islam yang mencapai 78,8% dan bahasa resmi atau nasionalnya yaitu bahasa Melayu sebab sebagian besar penduduknya merupakan suku Melayu (terdapat bangsa lain yaitu Tiongkok dan India) yang mencapai 65,7% pada tahun 2011. Di dalam sistem pemerintahannya, Brunei Darussalam menganut sistem pemerintahan monarki absolut yang artinya sistem pemerintahan di mana kepala pemerintahan dan kepala negara dipimpim oleh Raja atau Sultan. Kepala negara dan kepala pemerintahan Brunei Darussalam dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah yang juga menjadi Perdana Menteri dan juga Menteri Pertahanan. Sedangkan ibu kota negara Brunei Darussalam berada di Kota Bandar Sri Begawan.

Meskipun termasuk negara kecil, Brunei Darussalam dibagi menjadi 4 wilayah distrik. Keempat distrik tersebut yaitu Brunei – Muara dengan ibu kota di Bandar Sri Begawan, Belait beribu kota di Kuala Belait, Tutong dengan ibu kota Pekan Tutong dan yang terakhir Temburong beribu kota Pekan Bangar. Mata uang negara ini yaitu Dolar Brunei yang mempunyai nilai yang sama dengan Dolar Singapura dan Brunei juga termasuk ke dalam negara terkaya di dunia. Selain itu, di Brunei Darussalam warganya tidak dipungut oleh pajak penghasilan, terdapat pelayanan kesehatan gratis dan juga pendidikannya. Pendapatan utama negara ini berasal dari sektor industri terutama gas alam dan minyak bumi.

Kenampakan Alam Brunei Darussalam

Negara Brunei Darussalam yang tergolong negara kecil ini terletak di sebelah utara pulau Kalimantan atau tepatnya berada di sebelah utara negara Malaysia Timur. Ternyata negara ini terbagi menjadi 2 wilayah yaitu wilayah timur dan wilayah barat. Di sebelah wilayah timur berupa daerah yang bernama Temburong dengan kenampakan alam yaitu daratan perbukitan. Sedangkan di sebelah wilayah barat, yang meliputi daerah Tutong, Brunei, Belait, dan Muara memiliki kenampakan alam berupa dataran rendah dan terdapat wilayah berupa pantai yang terdapat rawa dan juga hutan bakau atau hutan mangrove. Pada wilayah barat juga semakin ke selatan ketinggiannya akan semakin meningkat dan tanah menjadi semakin berbukit – bukit. Sehingga tidak heran jika sebagian besar masyarakat negara Brunei Darussalam berada di wilayah barat.

Untuk kondisi iklim Brunei Darussalam sendiri yaitu tropis (karena terletak di garis khatulistiwa) dengan suhu serta kelembaban yang sangat tinggi, intensitas sinar matahari yang tinggi serta curah hujan hampir sepanjang tahun. Sama halnya seperti di Indonesia, Brunei Darussalam juga memiliki dua musim yaitu musim kemarau yang biasanya sangat panas dengan suhu 24o hingga 36oC, serta musim hujan yang hangat dan basah dengan suhu 20o sampai dengan 28oC. Saat musim hujan, memiliki curah hujan 3.040 mm per tahunnya, sedangkan pada wilayah pedalaman (perbukitan) mempunyai curah hujan bisa mencapai 4.000 mm per tahun.

Berdasarkan penjelasan di atas, sebagian besar daratan di Brunei termasuk ke dalam dataran rendah dengan pantai yang berawa serta terdapat daerah pedalaman yang berbukit – bukit. Meskipun demikian, Brunei Darussalam tidak memiliki gunung. Salah satu bukit tertinggi di negara ini yaitu Bukit Pagon yang memiliki ketinggian mencapai 1850 m. Tidak hanya itu saja, Brunei Darussalam juga mempunyai kenampakan alam daratan lagi berupa pantai. Pantai yang terkenal di Brunei Darussalam yaitu pantai Muara, pantai Meragang, pantai Serasa, pantai Tungku dan juga pantai Seri Kenangan.

Selain itu, kenampakan alam perairan di Brunei Darussalam berupa danau dan sungai. Salah satu danau yang terkenal di negara ini yaitu danau Kuala Balait. Sedangkan sungai – sungai yang membelah negara ini antara lain, sungai Batu Apol, sungai Tutong, sungai Belalong, sungai Temburong dan sungai terpanjangnya bernama sungai Belait.

Potensi Alam Di Brunei Darussalam

Sebagai negara terkaya di dunia, Brunei Darussalam memperoleh pendapatan negara yang berasal dari sektor pertambangan berupa minyak bumi dan juga gas alam. Terdapat industri utama di negara ini yaitu pengolahan minyak, konstruksi dan gas alam cair. Terdapat fakta menarik, setiap harinya Brunei Darussalam dapat menghasilkan minyak bumi sebanyak 180.000 berel. Sehingga pemerintah Brunei membangun sebuah monumen Billonth Barrel di pantai Seria sebagai tanda untuk memperingati satu milyar tong minyak yang telah diproduksi oleh Brunei Darussalam. Pendapatan negara yang diperoleh dari hasil pertambangan dan industri mencapai 71,9%. Selain dari sektor pertambangan, negara ini juga memiliki sumber pendapatan negara yang berasal dari sektor pertanian yaitu kelapa sawit, karet dan kelapa. Dari sektor pertanian ini mengasilkan pendapatan negara mencapai 0,9%. Saat ini Brunei Darussalam sedang berusaha meningkatkan sumber daya alamnya yang lain yaitu di bidang perdagangan, pariwisata dan juga perbankan.

Demikan penjelasan mengenai kenampakan alam di negara Brunei Darussalam. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi