Negara Palestina: Karakteristik – Kekayaan Alam – Faktanya

Konflik yang berkepanjangan masih dialami oleh NegaraPalestina, tidak heran jika saat ini status politiknya masih diperdebatkan. Negarayang beribu kota di Yerusalem Timur, terbagi menjadi 2 entitas politik yakni WilayahPenduduk Israel dan Otoritas Nasional Palestina.

Karakteristik Negara Palestina

Negara Palestina merupakan sebuah negara yang berada di antara sungai Yordan tepatnya di bagian ujung bagian barat Benua Asia. Bentuk wilayahnya memanjang mulai dari bagian selatan Laut Mati untuk sisi utara hingga ke Teluk Aqabah sisi selatannya.

Secara astronomis, negara Palestina berada di antara garis 15oLT– 34o LT dan memanjang antara 30o – 29o dan 15o– 33oLU. Sedangkan batasan wilayah Palestina yakni:

Kondisi alam Palestina cukup beragam, mulai dari wilayahpesisir yang berada bagian barat dengan kota pentinya yakni Gaza, Aka dan Yafa.Serta wilayah pegunungan yang terdiri atas beberapa bukit dan gunung kecildengan titik tertinggi tidak lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut.

Secara keseluruhan iklim di Palestina sama meskipun memilikiketinggian tempat yang berbeda sekalipun. Suhu udara saat musim panas terkadangtidak lebih dari 32 derajat celcius bahkan ketika musim dingin rata-rata suhuudara mencapai 10 derajat celcius.

Curah hujan tertinggi terjadi saat musim dingin terutamapada bulan Desember hingga Februari. Sumber daya air yang paling banyakdimanfaatkan oleh masyarakat Palestina berasal dari embun, terutama musim panasberlangsung.

Para petani anggur memanfaatkan embun tersebut untuk mengairitanaman anggur. Embun tersebut berasal dari uap air Laut Tengah yang menguapkemudian terbawa angin hingga ke daratan dan turun di sekitar Gunung Hermon.

Penduduk Negara Palestina

Penduduk Palestina sebagian besar merupakan keturunan bangsa Arab dengan jumlah populasinya mencapai sekitar 10 juta jiwa. Saat terjadi perang, lebih dari setengah penduduk Palestina mengungsi ke sejumlah negara tetangga seperti Yordania, Libanon, Arab Saudi dan beberapa negara di luar kawasan Timur Tengah.

Meskipun sebagian besar penduduk Palestina adalah orangArab, namun beberapa tempat ditemukan bangsa lain seperti bangsa Mesir Kuno,Kanaan, Bani Israel, Assyiria, Babilonia, Romawi dan lain sebagainya.

Untuk komunikasi sehari-hari, penduduk Palestina menggunakanbahasa Arab dengan agama terbesarnya yakni agama Islam. Islam yang dianutberaliran Sunni sedangkan agama lainnya yakni Kristen.

Kekayaan Alam Negara Palestina

Palestina memiliki flora yang sangat beragam mulai daripepohonan, semak hingga beberapa tanaman lainnya dan diperkirakan terdapat adasekitar lebih dari 2.000 jenis tanaman di Palestina. Keragaman flora tersebutdiakibatkan adanya perbedaan ketinggian tempat, iklim, dan jenis tanah.

Tanaman yang banyak tumbuh di Palestina sebagian besarberupa tanaman palem, pohon ek, cemara, pohon willow dan pohon tamariska. Selainitu, beberapa tanaman juga telah dibudidayakan seperti zaitun, anggur, ara,gandum, barli, dan sekoi, bawang merah, kapas, rami dan lain sebagainya.

Sedangkan hewan yang masih bisa ditemukan di Palestina yaknibabi hutan, serigala, anjing hutan, kelinci, kucing liar dan rubah. Beberapa pendudukjuga melakukan berternak hewan seperti domba, kambing, kuda, sapi, unta dankeledai.

Selain itu, Palestina juga memiliki kekayaan alam lainnyaberupa bijih besi dan tembaga. Bahkan di kawasan Lembah Yordan, tanahdimanfaatkan untuk industri batu bata dan tembikar.

Ekonomi Negara Palestina

Perang yang terus terjadi selama beberapa tahun ini membuat perekonomian negara Palestina memburuk. Bahkan menurut laporan UN Conference on Trade and Development, perekonomian Palestina hanya tumbuh tidak lebih dari 1 persen per tahun.

Hal ini diperparah dengan jumlah pengangguran yang meningkathingga lebih dari 50 persen, terutama di Kota Gaza. Tentunya hal tersebutberdampak pada kemiskinan yang melonjak hingga 29 persen, bahkan di Gazakemiskinan mencapai 53 persen.

Dana bantuan dari beberapa negara juga berkurang dan semakinbertambah parah setelah Israel melakukan pelarangan barang impor ke Gaza karenadianggap sebagai bentuk bantuan militer. Bahkan penduduk Israel juga mencegahpenduduk Palestina untuk mengolah sumber minyak bumi dan gas alam yang terdapatdi jalur Gaza dan Tepi Barat.

Fakta Menarik Negara Palestina

  1. Negara Palestina pernah berganti nama lebih dari10 kali. Beberapa nama tersebut yakni Palestina Syiria, Levant Selatan, SyiriaSelatan, Zion dan lain sebagainya.
  2. Palestina merupakan tempat lahirnya agamaterbesar di dunia yakni Kristen dan Yahudi.
  3. Kota Yerusalem menjadi kota yang diperebutkanoleh bangsa Israel dan Palestina, sebab kedua bangsa tersebut sama-samamengklaim sebagai ibu kota.
  4. Palestina memiliki hammam atau tempat pemandianair panas dan sauna berusia lebih dari 1000 tahun.
  5. Terdapat kota-kota tua yang menjadi ciri khasPalestina. Kota tua tersebut antara lain Kota Dheir Ghassana dan Kota Tua Akkayang masih dihuni oleh beberapa masyarakat Palestina.
fbWhatsappTwitterLinkedIn