Contoh Tumbuhan Hutan Hujan Tropis dan Persebarannya

Hutan adalah sebuah ekosistem besar yang memiliki banyak sekali jenis dan ragam. Setiap hutan memiliki ciri khas masing-masing yang bisa dikatakan sangat unik dan menarik. Ciri khas tersebut tidak akan bisa ditiru atau dijiplak untuk kemudian di tata ulang. Hal tersebutlah yang menyebabkan ekosistem dan keberadaan hutan menjadi salah satu point penting dalam masalah lingkungan. Jika kita berbicara mengenai jenis hutan di dunia, maka ada banyak sekali kriteria yang bisa kita temukan. Bisa dikatakan bahwa setiap benua dan negara memiliki jenis hutan yang hampir sama, namun dengan ekosistem dan karakteristik yang berbeda. Hutan sendiri merupakan salah satu jenis bioma yang sangat penting keberadaannya.

Pada dasarnya kita dapat membedakan jenis hutan berdasarkan beberapa kriteria yang ada. Biasanya pembeda ini didasarkan pada kondisi alam dari hutan tersebut. Terdapat beberapa jenis hutan yang ada di dunia seperti. Jenis-jenis hutan berdasarkan tinggi tempatnya, jenis-jenis hutan berdasarkan berdasarkan fungsinya, jenis-jenis hutan berdasarkan iklim, dan jenis-jenis hutan berdasarkan tempat tumbuhnya. Setiap hutan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Serta memiliki karakteristik yang tak dapat disamakan dengan hutan yang lain. Hutan selalu mengambil peranan penting dalam setiap proses kehidupan manusia. Banyak sekali pemanfaatan hutan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun, kali ini kita akan membahas salah satu ciri penting dari bioma hutan hujan tropis. Pembahasan mengenai contoh tumbuhan hutan hujan tropis. Tanaman merupakan salah satu hal yang menjadi ciri khusus sekaligus faktor terpenting dari keberadaan hutan tersebut. beberapa contoh tanaman tersebut seperti

1. Anggrek Hutan

Anggrek hitamContoh tumbuhan hutan hujan tropis yang banyak dan sering diketemukan adalah anggrek. Tumbuhan ini sering ditemukan baik di lantai hutan hutan maupun menempel pada batang-batang pohon. Ketinggian dari letak tumbuhnya sendiri sangat bervariasi, setiap ketinggian akan memiliki dampak dan efek yang berbeda terhadap kemungkinan tumbuhnya.

Sebagai salah satu tumbuhan saprofit yang ada di hutan hujan tropis, anggrek merupakan tanaman yang tersebar luas dan bisa kita temukan disetiap hutan hujan tropis. Setiap hutan hujan tropis yang tersebar di dunia akan selalu memiliki anggrek dengan ciri dan jenis yang berbeda satu sama lain. Meskipun, terdapat beberapa anggrek yang memiliki kesamaan satu sama lain.

2. Liana

LianaTumbuhan yang satu ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat khas dengan Hutan Hujan Tropis. Tumbuhan jenis liana ini pada dasarnya bukanlah sebuah pohon yang berbahaya bagi inangnya. Tumbuhan dari jenis ini biasanya hanya akan menggunakan tubuh inangnya atau pohon utama, sebagai media panjat.

Hal ini dikarenakan liana akan mengawali tumbuh dari lantai hutan. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa lantai hutan merupakan salah satu bagian hutan yang paling sedikit mendapatkan sinar matahari. Liana adalah salah satu jenis tumbuhan lantai hutan yang beradaptasi guna tumbuh.

3 Bunga Raflesia

Bunga RaflesiaSalah satu contoh tumbuhan hutan hujan tropis yang bisa kita temukan adalah bunga Raflesia. Bunga yang satu ini hampir bisa kita temukan di berbagai kawasan hutan hujan tropis. Sedangkan dalam persebaran flora di Indonesia, bunga ini banyak diketemukan di pulau sumatra.

Tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu jenis tumbuhan parasit pada akar. Bunga ini hanya akan tumbuh pada beberapa jenis pohon tertentu saja. Sedangkan masa mekarnya tidak terlalu lama.

4. Pohon Meranti

pohon merantiPohon yang satu ini merupakan salah satu jenis pohon yang umum kita temukan di hutan hujan tropis. Pohon jenis ini adalah salah satu jenis pohon yang dapat ditemukan secara luas. Selain itu pohon ini juga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Pada beberapa negara yang memiliki luasan hutan hujan tropis, akan menggunakan jenis pohon ini untuk berbagai macam keperluan.

Salah satunya adalah indonesia yang memiliki andil dalam hutan terlebat di dunia. Pohon Meranti sendiri merupakan salah satu jenis pohon yang banyak mendominasi hutan hujan tropika. Penyebaran dari pohon ini sendiri bisa kita temukan mulai dari Srilanka, India, hingga sampai di Filipina.  Persebaran pohon ini di Indonesia sendiri bisa kita temukan hampir di semua pulau yang ada di Indonesia.

5. Paku-pakuan

Paku-pakuanTumbuhan paku merupakan salah satu tumbuhan semak yang cukup banyak diketemukan di daerah hutan hujan tropis. Hal ini dikarenakan tumbuhan paku sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang menyenangi lingkungan lembab dan basah. Biasanya kita akan banyak menemukan tumbuhan ini di sekitar tegakan pohon, maupun di sepanjang aliran suangai yang ada di kawasan hutan.

Tumbuhan paku sendiri termasuk kedalam golongan tumbuhan terna yang banyak diketemukan di lantai hutan. Meskipun begitu terkadang tak karang juga kita menemukan tumbuhan ini berada di batang pohon lain.

Itu tadi beberapa contoh tumbuhan hutan hujan tropis yang bisa kita ketahui. ada banyak sekali ciri-ciri hutan hujan tropis yang bisa kita pelajari. Setiap hutan akan memiliki ciri khasnya sendiri yang membuat berbeda. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hutan