15 Jenis Hutan di Dunia, Ciri-Ciri dan Persebarannya

Hutan adalah suatu wilayah yang terdiri dari sekumpulan vegetasi tumbuhan yang didominasi oleh pepohonan dan tanaman lainnya yang membentang cukup luas pada suatu areal sehingga menciptakan iklim tertentu (khas) yang berbeda dengan areal di sekitarnya. Hutan merupakan paru-paru dunia yang memiliki peran penting. Hutan cukup berpengaruh dalam menyokong kehidupan di bumi ini. Banyak manfaat hutan baik dari segi ekologis dan ekonomis yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup.

Jenis hutan di dunia digolongkan menjadi beberapa macam berdasarkan :

1. Jenis Pohonnya

  • Hutan Homogen

Hutan  ini hanya ditumbuhi satu jenis pohon/tumbuhan utama saja. Biasanya merupakan hutan buatan ditujukan untuk keperluan tertentu seperti penghijauan, reboisasi serta keperluan industri. Contohnya hutan pinus, hutan jati, hutan akasia, hutan cemara, hutan kayu putih, hutan bambu, dan lain-lain.

  • Hutan Heterogen

Hutan heterogen memiliki arti kebalikannya, yaitu hutan yang memiliki beragam jenis pohon/tumbuhan misalnya hutan rimba, hutan lindung, dan hutan suaka alam. Umumnya berada di daerah tropis dengan curah hujan tinggi seperti di kawasan Asia Tenggara, Australia Timur Laut, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Afrika. Di Indonesia banyak terdapat di Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Irian Jaya.

2. Tujuan dan Fungsinya

  • Hutan Wisata adalah hutan yang dibina dan dipelihara untuk kepentingan pariwisata.
  • Hutan Produksi adalah hutan yang dimanfaatkan hasil kayu maupun non kayu untuk keperluan industri.
  • Hutan Suaka Alam adalah hutan yang memiliki sifat khas yang bertujuan untuk melindungi keanekaragaman hayati (alam) baik flora, fauna maupun ekosistemnya.
  • Hutan Lindung adalah hutan yang berfungsi untuk menjaga kelestarian tanah dan tata air wilayah.

3. Proses Terjadinya

  • Hutan alamiah (asli) adalah hutan yang proses terbentuknya secara alami, tidak ada campur tangan manusia. Contoh hutan rimba.
  • Hutan buatan adalah hutan yang proses terbentuknya terdapat campur tangan manusia dengan tujuan tertentu. Contoh beberapa hutan homogeny.

4. Iklim

  • Hutan hujan tropis : memiliki curah hujan tinggi.
  • Hutan hujan iklim sedang : hutan raksasa yang banyak ditemukan di sepanjang Pantai Pasifik Amerika Utara dan California hingga ke Negara bagian Washington serta di wilayah Australia (hutan dengan pohon tertinggi di dunia).
  • Hutan musim tropik : beriklim basah tetapi mempunyai musim kemarau yang panjang terdapat di kawasan India dan Asia Tenggara.
  • Hutan pegunungan tropik : mirip dengan hutan hujan iklim sedang tetapi struktur/karakteristiknya berbeda.
  • Hutan gugur iklim sedang : dapat ditemukan di wilayah Eropa, Amerika Serikat, Amerika Tengah, Chile, dan Asia Timur.
  • Taiga : tumbuhan jenis conifer, taiga terbesar di dunia terdapat di wilayah Asia, Eropa, dan Amerika Utara.
  • Hutan Sabana : padang rumput tropis diselingi pohon-pohon besar umumnya merupakan peralihan antara hutan dan padang rumput terdapat di Australia dan Brasilia.
  • Hutan lumut : terdapat di daerah ketinggian 2500 m terdapat pohon-pohon kerdil yang ditumbuhi lumut dan kerak.
  • Gurun : daratan yang tidak ada tumbuhan kecuali beberapa jenis kaktus

5. Sifat Tanahnya

Menurut sifat tanahnya dibedakan menjadi tiga yaitu hutan rawa (gambut, air tawar, dan bakau), hutan pantai dan hutan pegunungan.

6. Tujuannya

  • Hutan Konversi
  • Hutan Lindung
  • Hutan Produksi terbatas dan Produksi tetap
  • Hutan konservasi dan Taman Nasional

Persebaran Hutan di Dunia

Persebaran hutan di seluruh dunia beraneka macam dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perubahan iklim, tinggi rendah permukaan tanah, dan sifat tanah setempat. Wilayah dengan curah hujan yang tinggi/rendah akan berpengaruh terhadap jenis hutan. Begitu juga dengan perbedaan suhu antara dataran tinggi dan dataran rendah. Ada banyak negara di dunia yang memiliki hutan yang lebat dan luas. Berikut adalah penggolongan hutan di seluruh dunia secara garis besar :

1. Hutan Daun Jarum Daerah Boreal/Taiga (Borealconifer Forest)

Berada di sebelah utara dari 60oC LU seperti Rusia dan kanada, mempunyai suhu bulanan rata-rata -20oC ­­– 10oC (musim dingin yang panjang dalam satu tahun), curah hujan 400 -750 mm / tahun. Jenis pohon Pinus, Picea, Larix, dan Abies

2. Hutan Daun Jarum Daerah Dingin dan Daerah Sedang

Suhu bulanan rata-rata -10οC – 20oC dan curah hujan dalam satu tahun antara 150 mm – 1.000 mm. Terdapat di Amerika Utara, Selatan, Eropa, Asia Tenggara, dan Afrika dengan jenis pohon : Pinus, Picea, Larix, Abies, Agathis, Podocarpus, Araucaria, dan Taxodium.

3. Hutan Campuran Daerah Dingin (Temperate Mixed Forest)

Suhu bulanan rata-rata -5oC – 18oC, curah hujan  250 mm – 100 mm er tahun. Jenis pohon : daun jarun (Conifer) seperti Pinus, Picea, Larix, Agathis, Podocarpus, Araucaria; dan pohon daun lebar (broad leaves) seperti Salix, Castanea, Eucalyptus, dan Liriodendron  terdapat di Australia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, dan Selatan

4. Hutan Daerah Sedang (Sub-Tropical Evergreen Forest)

Suhu bulanan rata-rata 10oC -20oC, curah hujan 250 mm- 100 mm per tahun. Terdapat di Asia (China Selatan, Jepang Selatan, Pegunungan Himalaya di bawah 150m di atas permukaan laut, Australia Utara, New Zealand dan Amerika (Flrida, Chilli, Brazilia Tenggara dan Pegunungan Andes ketinggian mencapai 1.500 m di atas permukaan laut).

5. Hutan Hujan Tropis (Tropical Rain Forest)

Tersebar di wilayah sekitar equator, suhu bulanan rata-rata 20oC – 50oC dengan suhu terdingin di atas 18oC, curah hujan tinggi sepanjang tahun (2.000mm – 5.000mm), tingkat kelembapan tinggi. Hutan heterogen dengan jenis Swietinia, Mora, Cedrella, Ocotea, Virolla (Amerika); Terminalia, Khaya, Triplochiton, Anchomea (Afrika); Dipterocarpus (Asia Tenggara).  Hutan hujan tropis terdapat di Asia Tengara (Indonesia, Filipina, dan Malaysia), Afrika (Lembah Congo, Zaire, Nigeria, Kenya), Amerika Tengah, Amerika Selatan (Lembah Amazone). Hutan Hujan tropis terbesar yaitu Daintree, Australia; Ecuador’s Cloud Forest; The Amazon Rain Forest; Alaska’s Rainforest; Sapo National Park, Liberia.

6. Hutan Basah Gugur Daun Daerah Tropis (Tropical Moist Deciduous Forest)

Suhu bulanan rata-rata 22oC – 27oC, curah hujan antara 1.250 mm – 2.000 mm per tahun, eriode kering antara 4-6 bulan.  Jenis pohon: hutan muson (jati, Shorea), bamboo, Terminalia, Khaya dan Swetenia terdapat di daerah Asia Tenggara, Amerika dan Afrika.

7. Hutan Kering Gugur Daun Daerah Tropis (Tropical Deciduous)

Suhu bulanan rata-rata 21oC – 32oC, curah hujan  < 1.250 mm per tahun, periode bulan kering 6 – 11 bulan. Terdapat di Afrika, Asia, Amerika, dan Australia. Jenis pohon: Khaya dan Anogeisus (Sudan); Jati (Asia); Swetenia (New Mexico, Brazilia Tengah, Argentina); dan Eucaplytus (Australia).

8. Hutan Sabana (Savanna Woodland)

Suhu bulanan rata-rata -15oC – 25oC, curah huan  90 mm – 1.500 mm per tahun, periode bulan kering antara 4 – 5 bulan. Jenis tanaman relatif kebal pada tingkat kelempaban dan kadar curah hujan rendah. Vegetasi terdiri atas padang rumput yang diselingi oleh pohon-pohon tinggi/perdu. Terdapat di Eropa, Australia, Afrika, Asia Tenggara, Amerika Selatan dan Utara.

9. Hutan Belukar dan Berduri (Thorm and Scrul Forest)

Curah hujan kurang dari 1.000 mm per tahun, periode bulan kering lebih dari 6 bulan per satu tahun, sebagian besar vegetasi tersebar dengan daun kecil dan berduri serta lapisan bawah yang rendah.Terdapat di Asia dan Amerika Selatan dengan jenis tanaman Cactus, Leguminoseae, Bombax, dan Euphorbiasae.

Demikian penjelasan jenis hutan di dunia dan persebarannya. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kelestarian hutan di Indonesia.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hutan