5 Contoh Hutan Konservasi di Indonesia Beserta Fungsinya

Jika kita membicarakan mengenai masalah lingkungan dan masalah alam, maka pembahasan kita tak akan pernah lepas dari yang namanya hutan. Hal tersebut dikarenakan hutan memang mengambil peranan penting pada masalah lingkungan. Bayak sekali fungsi hutan yang sangat mempengaruhi keberlangsungan dari setiap ekosistem yang ada. Ada banyak sekali jenis hutan di dunia yang bisa kita sebutkan. Setiap hutan tersebut selalu memiliki ciri khas sendiri, dan hal tersebut yang harus dijaga. Ketika ada bagian hutan yang mengalami kerusakan, maka efek yang dirasakan akan langsung terasa oleh setiap bagian hutan yang lain. Maka tak mengherankan jika setiap hutan disebut memiliki iklim mikro mereka sendiri. iklim mikro yang mampu mempengaruhi dinamika perubahan atmosfer.

Hutan sendiri merupakan sebuah faktor yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Banyak sekali bentuk pemanfaatan hutan oleh manusia yang bisa kita temukan. Namun, sayangnya pada beberapa hal, pemanfaatan tersebut dilakukan dalam cara yang kurang tepat. Hal inilah yang menimbulkan banyak sekali kerusakan hutan. Dengan manfaat hutan yang begitu besar dan sangat penting, maka kita harus teliti dan harus bijaksana dalam cara menjaga keseimbangan ekosistem dari hutan. Jika kerusakan dan pemanfaatan yang keliru tetap dilanjutkan, maka kerusakan yang ada akan semakin besar. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi pola hidup manusia baik secara langsung maupun tidak.

Kali ini, kita tak akan membahas mengenai beberapa hal tentang kerusakan hutan. Namun, kita akan membahas tentang beberapa contoh hutan konservasi di Indonesia. Beberapa jenis hutan dengan tujuan dan fungsi tertentu. Beberapa hutan tersebut adalah

1. Cagar Alam

Contoh hutan konservasi di Indonesia yang pertama adalah cagar alam. Kawasan yang satu ini merupakan salah satu bagian dari KSA atau Kawasan Suaka Alam. Pada dasarnya kawasan KSA berfungsi untuk mengawetkan dan menjaga kelestarian potensi keanekaragaman hayati di dalamnya. Pengertian cagar alam sendiri adalah kawasan yang memiliki keunikan pada satwa, tumbuhan dan serta ekosistemnya, sehingga untuk menjaga keberlangsungannya diperlukan penjagaan secara khusus. Kawasan cagar alam sendiri merupakan salah satu kawasan yang memiliki peraturan cukup ketat, kawasan ini biasanya sangat dijaga kelestarian dan kondisinya. Jika berbicara mengenai kawasan Cagar alam yang ada di Indonesia maka , ada beberapa kawasan yang cukup terkenal seperti kawasan Cagar Alam Sibolangit, Cagar Alam Gunung Kratau. Setiap kawasan Cagar alam pasti memiliki tumbuhan atau hewan yang unik dan dalam kondisi yang perlu dilakukan usaha pencegahan kepunahan.

2. Suaka Marga Satwa

Jenis hutan yang satu ini merupakan salah satu cara melestarikan flora dan fauna yang hampir punah dan terancam. Pada dasarnya Suaka Marga Satwa adalah sebuah kawasan hutan yang memang digunakan untuk membina atau melestarikan satwa-satwa tertentu. Ada banyak sekali kawasan suaka marga satwa yang bisa kita temukan di Indonesia. Penetapan suatu kawasan menjadi sebuah Suaka Marga Satwa akan dipengaruhi oleh jenis keanekaragaman satwa yang ada di lokasi tersebut dan kondisi dari satwa serat ekosistem pendukungnya.

3. Taman Nasional

Contoh hutan konservasi di Indonesia yang selanjutnya adalah Taman Nasional. Kawasan yang satu ini merupakan sebuah kawasan yang masuk kedalam golongan KPH atau Kawasan Pelestarian Hutan. Pada kawasan ini biasanya masih bisa dilakukan pemanfaatan hutan secara lestari dan seimbang. Pengertian taman nasional sendiri adalah Sebuah kawasan yang memiliki ekosistem asli yang ,asih terawat dengan baik, serta biasanya akan dikelola dengan sistem zonasi-zonasi untuk memilah kawasan. Taman Nasional sendiri biasanya selain berfungsi sebagai hutan konservasi juga berfungsi sebagai hutan wisata dan hutan budaya. Beberapa Taman Nasional yang bisa kita ketahui, seperti Taman Nasional Baluran, kemudian Taman Nasional Sebangau.

4. Taman Hutan Raya

Taman hutan raya atau bisa disingkat sebagai tahura ini merupakan sebuah kawasan yang sering juga dijadikan sebagai kawasan wisata. Salah satu Taman Hutan Raya yang cukup terkenal adalah Tahura Ir Juanda yang ada di kawasan Bandung.  Pengertian taman hutan Raya sendiri adalah sebuah kawasan yang ditujukan untuk pelestarian tumbuhan dan satwa baik secara alami maupun buatan. Selain menjadi kawasan pelestarian, kawasan ini juga berfungsi sebagai lokasi wisata, budidaya, budaya, dan serta pendidikan.

5. Taman Wisata Alam

Pengertian taman wisata alam sendiri sudah dapat kita temukan dari penyebutannya. Kawasan hutan konservasi yang satu ini memang digunakan untuk lebih bertujuan dalam bidang wisata dan kebudayaan. Namun, fungsi aslinya untuk tetap menjaga kelestarian dan upaya konservasi tetap tidak ditinggalkan begitu saja. Penjagaan kelestarian ekosistem menjadi salah satu hal penting yang sangat diperhatikan bagi kawasan ini.

Itu tadi beberapa hal yang berhubungan dengan contoh hutan konservasi di Indonesia. setiap kawasan konservasi akan memiliki watak dan ciri khas masing-masing. Namun, salah satu hal yang sama dari semua kawasan tersebut adalah usahanya untuk tetap menjaga keberlangsungan satwa, tumbuhan dan juga ekosistemnya secara alami dan buatan. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hutan