3 Contoh Hutan Buatan Beserta Fungsi dan Penjelasannya

Hutan adalah salah satu jenis kawasan yang memiliki banyak sekali manfaat. Ada banyak sekali pemanfaatan hutan oleh manusia guna mempermudah dan mendukung kehidupan mereka. Pada dasarnya keberadaan hutan tak dapat dipisahkan dan tak dapat dijauhkan dari kehidupan manusia itu sendiri.

Banyak sekali manfaat hutan yang bisa didapatkan dan dirasakan baik secara langsung maupun tak langsung. Salah satu manfaat hutan yang bisa dirasakan secara langsung adalah dinamika perubahan atmosfer. Bukan sebuah hal yang aneh jika atmosfer sendiri juga dipengaruhi oleh pola dan kehidupan dari hutan itu sendiri. karena itu lah banyak sekali proses perlindungan terhadap ekosistem hutan yang harus diperhatikan dan harus dijaga dengan baik.

Ada banyak sekali jenis hutan di dunia yang bisa kita sebutkan. Namun, pada dasarnya setidaknya kita bisa membagi menjadi dua golongan yang utama. Terdapat dua golongan hutan yang ada yaitu hutan alami yang memang terbentuk dan tumbuh dengan ekosistem alami mereka. Namun ada juga hutan buatan, yang merupakan salah satu jenis hutan buatan manusia.

Hutan jenis ini merupakan salah satu jenis hutan yang sengaja di buat oleh manusia. Tujuan dari pembuatan hutan ini sendiri sangat beragam dan semua itu tergantung dari si pembuat tersebut. Meskipun begitu hutan jenis ini tetap memenehi fungsinya sebagai salah satu bagian dari pemenuhan siklus kebutuhan manusia.

Kali ini kita akan lebih membahas mengenai hutan buatan. Lebih tepatnya kita akan membahas mengenai beberapa contoh hutan buatan yang bisa kita ketahui. Terdapat beberapa jenis hutan buatan yang bisa kita temui. Beberapa contoh dari hutan buatan itu sendiri adalah

1. Hutan kota

Hutan kotaHutan kota adalah salah satu dari beberapa contoh hutan buatan yang bisa kita temui. Hutan yang satu ini bisanya terletak di dalam pusat kota maupun pada pinggiran kota. Fungsi dai hutan kota ini sendiri selain sebagai lokasi wisata, juga merupakan sebuah kawasan konservasi. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa hutan kota termasuk dalam kawasan terbuka hijau, yang oleh pemerintah indonesia telah diatur kedalam undang-undang yang ada. Setiap kota seharusnya memiliki setidaknya 30% ruang terbuka hijau pada setia daerahnya. Tentang peraturan ini dapat kita temukan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2002 Tentang Hutan Kota.

Keberadaan dari hutan kota maka sedikit banyak akan dapat mengurangi tingkat polusi dalam kota. Selain dapat mengurangi tingkat polusi dan sangat berpotensi sebagai destinasi wisata. Hutan kota juga sangat bermanfaat dalam mengurangi efek buruk yang dapat ditimbulkan oleh anomali cuaca yang tak tentu. Selama ini kita banyak mengenal beberapa jenis hutan kota yang ada di Indonesia. Salah satu hutan kota yang cukup terkenal adalah Kebun Raya Bogor yang terletak di Daerah Bogor, Jawa Barat.

2. Hutan Tanaman Industri

Hutan Tanaman IndustriPada dasarnya potensi sumber daya alam hutan sangat lah besar. Namun, semua itu tergantung dari bagaimana cara pemanfaatan dan pengelolaan yang tepat guna. Banyak sekali pemanfaatan hutan yang bisa kita temukan. Selain itu adanya hutan buatan juga menambah deretan dari fungsi dan manfaat hutan yang bisa di dapatkan. Salah satu contoh hutan buatan yang ada adalah Hutan Tanaman Industri. Hutan jenis ini dapat dimasukkan kedalam jenis hutan produksi yang cukup penting. Hutan Tanaman industri sendiri biasanya lebih banyak ditanaman oleh pihak swasta.

Biasanya jenis hutan tanaman industri sendiri termasuk kedalam golongan hutan homogen. Hal tersebut dikarenakan sangat minimnya jenis tumbuhan yang ditanam. Pada hutan ini, tananaman yang banyak di temukan adalah jenis tanaman tahunan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Kita akan banyak menemukan hutan jenis ini di Pulau Sumatra, Kalimantan dan beberapa daerah Papua.

3. Hutan Rakyat

Hutan RakyatHutan rakyat adalah salah satu contoh hutan buatan yang berikutnya. Hutan ini adalah hutan yang dibangun dan dikelola oleh rakyat secara swadaya. Biasanya hutan jenis ini akan tumbuh dan ditanam diatas lahan tanah milik maupun tanah adat. Hutan rakyat bisa digolongkan sebagai hutan heterogen, jenis tanaman yang ada lebih banyak dan bervariasi. Fungsi dari hutan ini sendiri sangat beragam, ada yang akan berfungsi sebagai hutan produksi dan ada juga yang akhirnya berubah menjadi sebagai hutan wisata. Namun, beberapa dari hutan rakyat yang ada kebanyakan menjadi sebuah hutan produksi yang digunakan untuk menopang perekonomian masyarakat sekitar.

Hutan rakyat sendiri dapat dibagi menjadi beberapa golongan utama seperti Hutan Milik, Hutan adat dan hutan Kemasyarakatan. Setiap jenis hutan tersebut memiliki fungsi dan cirinya masing-masing . Namun, persamaan yang dimilikinya adalah tetap digunakan untuk kesejahteraan dari masyarakat sendiri.

Itu tadi beberapa contoh hutan buatan yang bisa kita temukan. Hutan buatan memiliki fungsi yang sangat bergantung pada siapa yang menanamnya. Namun, meskipun begitu jenis hutan yang satu ini tetap memiliki sisi manfaat ekologi yang bisa dipertahankan. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hutan