Persebaran Stepa di Benua Eropa dan Jenisnya

Jika berbicara mengenai macam-macam keanekaragaman hayati yang ada di muka bumi maka kita bisa menyebutkan banyak sekali jenisnya. Setiap unsur yang membangun keanekaragaman hayati tersebut selalu memiliki ciri khusus dan pastinya keunikan-keunikan yang tak bisa kita temukan di lokasi lain. setiap komponen tersebut akan saling berinteraksi dan membuat sebuah hubungan timba balik yang sangat penting, dari hubungan tersebut kemudian munculnya berbagai macam ekosistem yang menarik.

Hal ini lah yang membuat banyaknya usaha untuk melestarikan berbagai keanekaragaman hayati yang ada di dunia. Ketika terjadi kerusakan pada salah satu bagian kecil saja. Maka efek yang akan muncul tidak hanya dirasakan secara lokal, namun secara langsung atau tidak akan dirasakan secara global. Hal tersebut akan menjadi parah ketika kerusakan unsur pembangun yang mengalami kerusakan dalam jumlah yang besar.

Setiap daerah di muka bumi ini memiliki lokasi dengan keunikannya sendiri. Keunikan tersebut akan berhubungan langsung terhadap jenis satwa, iklim dan juga tanaman yang ada pada daerah tersebut. Salah satu daerah yang cukup banyak memiliki jenis keanekaragaman hayati yang adalah Eropa.

Benua eropa merupakan sebuah benua yang bisa dikatakan cukup unik. Karakteristik benua eropa yang khas menyebabkannya memiliki beberapa jenis hutan di dunia. Selain itu benua eropa merupakan salah satu bagian dari lokasi persebaran bioma stepa di dunia.

stepaKali ini kita akan membahas mengenai  salah satu bagian dari bioma tersebut. Kita akan membahas mengenai persebaran stepa di Benua Eropa. Selain memiliki beberapa bioma taiga dan bioma hutan gugur, stepa yang ada dan berlokasi di benua Eropa ini juga memiliki ciri khasnya sendiri yang bisa dikatakan sangat berbeda dengan yang lain.

Sebelum kita membahas mengenai persebaran stepa di Benua Eropa. Tak ada salahnya kita sedikit banyak mengenal dan mengetahui mengenai stepa yang ada di benua eropa. Stepa yang terdapat di benua eropa ini merupakan sebuah stepa yang disebut juga sebagai stepa Eurasia. Penyebutan tersebut bukan tanpa alasan hal ini dikarenakan persebaran stepa tersebut tak hanya terbatas pada Benua Eropa saja. Namun, stepa tersebut juga menyebar dan memanjang hingga benua Asia. Stepa ini sendiri menghubungkan:

  • Eropa Timur
  • Asia Tengah
  • Tiongkok
  • Asia Selatan
  • Timur Tengah

Pada masa abad pertengahan stepa Eurasia ini sendiri memiliki sebuah peran penting. Peranan yang dimilikinya adalah sebagai salah satu jalur Sutra darat yang cukup terkenal. Maka tak mengherankan jika stepa Eurasia banyak dihuni oleh suku-suku nonmaden seperti  Xiongnu, Skithia, Kimmeria, Sarmatia, Kekaisaran Hun, Chorasmia, Transoxiana, Sogdiana, Xianbei, Mongol, dan Kekhanan Göktürk..

Persebaran stepa di Benua Eropa sendiri sebagian besar terdapat di bagian tengah benua Eropa. Beberapa negara Eropa yang memiliki stepa seperti:

  • Rumania
  • Moldova
  • Rusia
  • Ukraina

Stepa Eurasia ini sendiri memiliki beberapa bagian yang cukup penting. Beberapa bagian dari Stepa Eurasia ini adalah:

  1. Stepa Pontus-Kaspia

Stepa tersebut adalah salah satu bagian dari stepa Eurasian  yang terbentang mulai dari pesisir utara laut hitam hingga laut kaspia.

  1. Stepaka Kazakh

Sama seperti namanya bahwa stepa yang satu ini terletak di negara kazakhtan. Lokasi dari stepa yang satu terletan di sebelah timur Stepa Pontus-Kaspia.


  1. Stepa Pannonian

Stepa yang satu ini merupakan sebuah bagian dari stepa eurasia yang bisa dikatakan yang terbesar. Stepa yang satu ini terletak sebagian besar di daerah Hungaria.

Dari ketiga stepa yang ada, maka stepa Pontus-Kaspia merupakan salah satu stepa yang cukup penting keberadaannya. Berdasarkan beberapa teori yang ada, dari stepa inilah penutur bahas Proto-Indo-Eropa berasal. Selain itu dari suku inilah yang berhasil menjinakan kuda untuk pertama kali. Sehingga bisa dikatakan bahwa suku tersebut merupakan sebuah suku yang pertama kali mengenal kuda sebagai sebuah kendaraan. Kawasan stepa yang satu ini sempat dikuaasi oleh suku Kimmeri, Skithia, dan Sarmatia.

Ada banyak orang yang mungkin agak bingung untuk membedakan bioma stepa dengan bioma sabana. Hal tersebut dikarenakan kedua bioma tersebut banyak di dominasi oleh rerumputan. Namun pada dasarnya terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara keduanya. Pada bioma stepa kita masih bisa melihat adanya tegakan pohon di antara rerumputan yang ada. Namun, pada bioma stepa kita tidak akan menemukan adanya tegakan pohon di antara rerumputan yang ada. Kalaupun seandainya ada, maka jumlahnya tidak terlalu jauh.

Jika dihubungkan dengan dinamika perubahan atmosfer yang ada, maka iklim dan cuaca dari Stepa Eurasia ini, bisa dikatakan cukup unik dan menarik. Kawasan ini memiliki curah hujan sedang dengan hembusan angin yang cukup kencang. Serta suhu yang yang ada cinderung agak lebih hangat.

Itu tadi beberapa informasi mengenai persebaran stepa di benua eropa yang bisa kalian ketahui. Stepa yang ada di benua Eropa merupakan salah satu dari Stepa raksasa yang ada di bumi. Stepa tersebut juga memiliki berbagai daerah dengan karakteristik yang membedakan dengan ciri khas yang sangat menarik. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi